Waduk Sermo

10562734_10153466430068794_4623756051117772818_o

Jika pulang kampung ke Wates, Kulonprogo, kami sering berkunjung ke waduk ini. Waduk Sermo adalah waduk yang terletak di Desa Hargowilis

Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Waduk ini luasnya kurang lebih 157 ha. Letaknya bisa dibilang “bersambung” dengan destinasi wisata Kalibiru.  Jika kita naik ke Kalibiru, maka kita dapat dengan leluasa memandang ke Sermo.

Sermo dikelilingi oleh bukit Menoreh dan pepohonan atau bisa disebut hutan. Sehingga udaranya sejuk dan juga asri dengan pemandangan nan hijau.
Sebagai sebuah objek wisata, waduk ini juga memiliki fasilitas di antaranya naik perahu mesin mengelilingi waduk. Setiap kali kami ke sini kami tidak mencoba naik perahu. bukan apa-apa, anak-anak masih terlalu kecil sementara waduk ini dalam loh. Ngeri juga sih rasanya. Jadi setiap kesini ya hanya menikmati pemandangan dari atas waduk saja. Atau berkeliling memutari jalanan sekitar waduk yang berkelok kelok naik turun. Selain itu di sekitar waduk juga tersedia penginapan bagi para wisatawan. Untuk warung-warung makanan juga ada walaupun kondisinya sangat standar/seadanya.

Banyak orang datang ke waduk untuk sekedar menikmati pemandangan dan juga mancing. Harga karcis masuknya tergolong sangat murah yaitu Rp3.000 saja, dan itupun kalau ada petugas loh. Semakin sore nampaknya petugas jaga juga semakin gak ada alias bisa bebas masuk gratis. 🙂
Kendaraan umum menuju waduk bisa dibilang tidak ada. Jadi, benar-benar mengandalkan kendaraan pribadi kita deh.

Nah pas libur Lebaran tahun 2015 ini, kami mencoba untuk turun ke waduk. Caranya dengan mendatangi tempat terendah atau “bibir pantai”nya waduk tersebut. Tak lupa,….foto-foto juga dong ya.

11779967_10153466430048794_532494203199301570_o11807135_10153466429963794_1697833016133569367_o

Last but not least….salam metal dari ibu dan Lintang dari Waduk sermo. Yeeaaahhh…..

11011715_10153462483498794_2677424225058823535_o

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s