Rekreasi Murah Meriah di Pulomas

Kalau sedang tanggal tua, mau mengajak anak liburan piknik atau sekedar refreshing pasti berpikir-pikir dahulu. Maklum, tanggal tua identik dengan semakin menipisnya kantong.

Untuk para mama yang tinggal di wilayah Jakarta Timur, mungkin tempat berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif arena rekreasi anak yang murah meriah. Ya, tempatnya di lapangan parkir area Pacuan Kuda Pulomas.

Tempat ini terletak di samping Lapangan Pacuan Kuda Pulomas, Jalan Pulo Mas Jaya No. 1 A Kelurahan Kayu Putih Jakarta Timur. Setiap hari Sabtu dan Minggu, lapangan parkirnya sedikit berubah fungsi. Apa saja yang bisa ditemui di sana?

1. Naik kuda untuk anak

Kudanya berukuran agak kecil, sesuai dengan ukuran tubuh anak-anak usia 4-12 tahun. Para guidekuda ini menawarkan kuda-kuda tunggangannya kepada pengunjung dengan tarif Rp10,000 untuk satu kali keliling lapangan parkir. Satu putaran tidak sampai satu kilometer. Ketika anak sudah berada di atasnya, kudapun berjalan dituntun guide masing-masing. Jadi jangan takut kalau kuda tiba-tiba gelisah. Urban mama-papa pun dapat mengawasi saat anak-anak naik kuda.


2. Naik delman.

Para abang kusir delman menawarkan jasa naik delman dengan tarif Rp25,000 untuk satu kali rute memutari lapangan parkir. Keluar dari gerbang lapangan parkir, belok kiri ke arah jalan raya, terus menyusuri jalan memutar sampai depan jalan masuk apartemen Pulomas, dan kembali lagi masuk ke lapangan parkir. Worth the price untuk jarak tempuhnya.

3. Naik mobil aki

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Naik mobil-mobilan bertenaga aki. Untuk 10 menit cukup membayar Rp10,000. Bentuknya bukan hanya mobil, tapi ada pula bentuk motor. Namun sayangnya mobil-mobilan ini kebanyakan sudah terlihat cukup usang dan kurang terawat. Mungkin karena heavy using, setiap hari disewakan sehingga mudah dan terlihat usang.


Setiap kali main ke Pacuan Kuda Pulomas ini, saya menyarankan sore hari seperti yang selama ini selalu kami lakukan. Karena matahari tidak terik dan langit akan semakin redup di sore hari menuju waktu magrib. Anak-anak bebas dari kepanasan. Jangan khawatir jika lapar dan haus, di luar parkiran banyak tukang makanan dan minuman berjejer menjual jajanan, namun urban mama-papa boleh juga menyiapkan bekal sendiri untuk anak-anak.

Mudah-mudahan tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif para mama mengajak anak berekreasi di Jakarta dengan biaya yang sangat terjangkau.

Tulisan ini sudah dimuat di http://theurbanmama.com/articles/rekreasi-murah-meriah-di-pulomas.html#comment-41631 tanggal 13 Desember 2015.

Advertisements

One thought on “Rekreasi Murah Meriah di Pulomas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s