Matematika yang Ceria

Alun sebentar lagi mau masuk SD. Secara formal, TK-nya memang taat pada peraturan pemerintah, yaitu tidak mengajarkan calistung pada siswa-siswanya. Pengenalan pada calistung ada tetapi dilakukan benar-benar sepintas lalu dan selalu sambil bermain, bukan dijadikan mata pelajaran baku sehari-hari di sekolah.

Di rumah saya juga meneruskan apa yang sudah dilakukan pihak sekolah, dengan melakukan belajar calistung sambil bermain. Sebagai contoh, untuk belajar menulis, saya bebaskan dia untuk menulis apa yang dia inginkan. Saat ini sih sedang senang-senangnya sama tokoh robot dalam film dan game “Real Steel”. Jadi  jika Alun ingin menulis nama tokoh-tokoh robot idolanya, saya tulis di buku, nanti dia akan mencontoh di bawahnya. Tidak kaku seperti harus menulis “ini Budi, ini bapak Budi”. Yang terpenting dia jadi senang belajar menulis.

Untuk matematika, selain bermain tambah-tambahan menggunakan balok mainan, saya pun berusaha mencari buku yang bisa menunjang pelajaran tesebut. Ketika Alun bagi raport semester 1 kemarin, di halaman sekolahnya ada bazaar mainan dan buku. Saya tertarik pada salah satu buku yang colorfull sampulnya. Harganya  Rp25,000. Terbitan tahun 2012, tapi isinya sangat bermanfaat.

Jpeg

Kenapa? Karena walau judulnya “Matematika” ternyata buku setebal 64 halaman ini komplit. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah: membaca, menebalkan huruf/menulis, mewarnai, mengenal perbandingan, mengenal angka, penjumlahan dan pengurangan, mengenal bentuk, mengenal jam/waktu, dan latihan kecerdasan.

Jpeg

JpegJpeg
Latihan kecerdasan itu misalnya anak diminta membaca bahwa jumlah kapal ada 5, benar atau salah. Nah kemudian jika gambar kapalnya hanya ada 2 berarti anak melingkari kata SALAH. Kemudian di halaman lain anak diminta menyebutkan apakah semangka itu termasuk buah atau sayur? Kalau buah, beri kode B di bawah gambar semangka.

Satu lagi yang paling saya suka dari buku ini, semuanya full ilustrasi warna-warni. Ilustrasinya pun sangat beragam, mulai dari gambar buah dan sayur, alat-alat berkebun, alat musik, aneka hewan, peralatan melukis, peralatan rumah tangga dan dapur, dan alat transportasi. Anak jadi tidak bosan belajar menggunakan buku ini, karena biasanya di buku lain ilustrasinya hanya seputar bunga, buah dan hewan.

Jpeg
Alun makin semangat belajar berkat buku ini. Mudah-mudahan sampai nanti masuk kelas satu SD, kemampuan calistungnya semakin terasah dengan baik. Amiin……

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s