Nasi Goreng Sehat a la Bertolli Extra Light Olive Oil

Alun suka sekali dengan nasi goreng. Baik untuk sarapan pagi, bekal sekolah maupun makan malam. Nasi gorengnya pun hanya nasi goreng kampung biasa, buatan ibunya. Bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, cabe keriting merah biar warnanya agak kemerahan, plus kecap dan garam. Tentunya harus ada telurnya. Terkadang saya sampai sering mengingatkan dia agar tidak tiap hari mengkonsumsi nasi goreng telur, karena kebanyakan makan telur juga tidak terlalu baik ya mamas.

Biasanya jika memasak nasi goreng, saya menggunakan minyak goreng biasa yang banyak dijual di pasaran. Suatu hari, saya membaca di sosmed mengenai merk Minyak Zaitun Bertolli (baca di sini), dan digunakan untuk menumis? Hmm…masa sih? Bukannya selama ini minyak zaitun lebih dikenal untuk dressing salad ya?

Jpeg

Berdasarkan apa yang saya baca, ternyata Minyak Zaitun Extra Light merek Bertolli ini memiliki titik asap yang tinggi yang membuatnya cocok untuk memasak pada suhu tinggi terutama untuk menumis (lihat juga videonya di sini dan webnya di sini). Sementara minyak yang dijual di pasar pada umumnya tidak lagi baik untuk dikonsumsi jika melebihi titik asap selama proses memasak. Titik asap minyak atau lemak adalah saat keluarnya asap ketika minyak atau lemak tersebut dipanaskan pada suhu tinggi.

Minyak merek Bertolli ini juga selain identik dengan negara Italia, juga identik dengan Antonio. Siapa dia? Jadi, Antonio ini sebenarnya hanya orang Italia biasa yang curious terhadap budaya terutama masakan khas Asia. Dia berkeliling ke Jakarta, Bangkok, Manila dan belajar masakan khas daerah setempat. Semua foto dan video masakan itu dipostingnya di Facebook, Instagram, dan Twitter pribadinya. Dia pun memperkenalkan memasak hidangan lokal Asia dengan menggunakan minyak zaitun sehingga hidangan-hidangan tersebut bercita rasa Italia. Dengan kata lain ia mempromosikan bahwa minyak zaitun juga bisa loh untuk tumisan.  Nama kampanyenya #ItalianGoesLocal (lihat di sini ya). Ia juga mendorong para pengikutnya untuk berbagi kepadanya versi dan rekomendasi hidangan lokal mereka sendiri yang ia perlu coba masak.
Selama perjalanannya, Antonio berteman dengan orang-orang lokal yang merupakan pemimpin opini kunci yang berpengaruh di pasar lokal mereka sendiri.
Nah karena aktivitasnya tersebut, pada tanggal 18 November 2015, Bertolli secara resmi mengumumkan penunjukan Antonio sebagai duta merek Bertolli pada halaman Facebook mereka.
Sejak saat itu, Antonio telah terlibat dalam kegiatan bersama Bertolli seperti yang ditampilkan dalam video kampanye merek resmi Bertolli, yang juga merupakan merek Minyak Zaitun No, 1 di dunia*
*Sumber : Euromonitor, nilai penjualan eceran

Saya pun akhirnya mencoba Minyak Zaitun Extra Light Bertolli. Kemudian mulai mempraktikkan resep nasi goreng menggunakan minyak ini.

Jpeg
Supaya lebih sehat, nasi gorengnya saya beri campuran sayur yang kebetulan tersedia di kulkas saja, yaitu wortel, jagung manis dan kol. Jagung manisnya saya pipil dan kukus dulu sebelum dicampurkan ke nasi goreng. Tak lupa saya tambahkan bakso.

P_20160117_171438_MT_1[2]
Setelah nasi goreng jadi, tak lupa saya tambahkan telur mata sapi. Terakhir, agar ada unsur kriuk-kriuknya, dan sebagai pengganti kerupuk, saya tambahkan kacang tanah goreng biasa. Baik telur maupun kacang saya coba goreng menggunakan Minyak Zaitun Extra Light Bertolli juga. Ternyata rasanya lebih nikmat loh. Tidak terlalu berlemak di lidah dan rasa asli bahan masakannya juga tidak berubah. Pas Alun makan dan saya tanya bagaimana rasa nasi gorengnya, dia bilang memang enak.

Jpeg

Minyak zaitun tidak hanya merupakan penyedap yang lezat, tetapi juga sehat. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh lebih banyak daripada mentega, margarin dan minyak lainnya. Asam lemak tak jenuh ini menggantikan lemak “jahat” dalam tubuh kita dan sebagai hasilnya mengurangi kadar kolesterol kita. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan alami yang melindungi sel-sel kita terhadap penuaan.

Jadi, dengan rasanya yang ringan dan halus, Minyak Zaitun Extra Light Bertolli adalah minyak zaitun yang sempurna untuk menggantikan minyak nabati dalam proses memasak bersuhu tinggi.
Yuk dicoba mamas. Dapat lezatnya, dapat sehatnya 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s