Ketika Tumpeng Kerucut Sudah Terlalu Mainstream

Ulang tahun Lintang tanggal 28 Januari 2016. Jauh-jauh hari sebelum ulang tahunnya, saya sudah mikir-mikir mau bikin apa ya untuk dia nanti? Kalo nasi kuning tumpeng sih udah waktu tahun lalu. Tumpeng kerucut plus lauk pauk yang sudah pasti mainstream.


Waktu ulang tahun kakaknya tahun 2015, dia dibelikan kue bercorak tokoh kartun kesukaannya yaitu Boiboboy dan dirayakan sama teman-teman sekelasnya. Nah adiknya juga mesti yang agak spesial dong ya.

Pilihan jatuh pada bentuk Hello Kitty. Di toko online banyak yang menjual cetakan berbentuk Hello Kitty. Akhirnya 3 minggu sebelum hari H, saya beli. Sebenarnya ini loyang kue, yang akhirnya saya alihfungsikan untuk mencetak nasi kuning tumpengnya.
Pas hari H, nasi kuning pun tampil berbentuk kepala Hello Kitty. Sebagai aksesorisnya:

Mata: menggunakan ujung-ujung timun Jepang. Satu buah timun bisa dipakai untuk dua buah mata. Potong seperti mengiris timun pada umumnya, letakkan pada bagian mata.

Hidung: sama seperti mata, menggunakan ujung timun Jepang.

Kumis: menggunakan kulit timun Jepang. Dipotong persegi panjang kecil-kecil, dengan menggunakan gunting biasa.

Pita: awalnya saya gak kepikiran mau bikin pita dari apa. I’m not so crafty and Bento mama seperti emak-emak hebat yang suka ngebento super keren nan njelimet itu. Awalnya, malam hari sebelum ulang tahun, akhirnya saya minta suami membuat gambar pita. saya warnai pakai spidol kemudian digunting dan ditempel di karton bekas kardus susu agar lebih keras. Rencananya pita kertas itulah yang akan dipakai sebagai pita si Hello Kitty. Pas pagi harinya, entah bagaimana, tiba-tiba terlintas ide kenapa gak pakai daun selada aja untuk pitanya, dan tengahnya dihias potongan wortel. Walaupun hasilnya gak perfect n keren, tapi ya lumayanlah.

Jpeg

Nona kecil yang berulang tahun pun dibangunkan pagi hari. Pas ditunjukkin tumpeng nasi kuning Hello Kitty, dia senang sekali, Pakai topi ulang tahun dan tiup lilin dibantu kakaknya. Karena niup sendiri lilinnya gak mati-mati.

senyum

tiup lilin

Dan karena curious, habis tiup lilin wortelnya digadoin :).

gado wortel

Sebenarnya banyak lauk pelengkap tumpeng ini, tapi tentu sengaja tidak difoto. Agar si Hello Kitty tetap tampil sendiri, cantik dan stand out.

Selamat ulang tahun Lintang. Semoga panjang umur, sehat dan selalu menjadi kebanggaan bapak dan ibu ya.

artikel yang sudah diedit, dimuat di http://theurbanmama.com/articles/tumpeng-hello-kitty.html tanggal 28 Februari 2016

Advertisements

6 thoughts on “Ketika Tumpeng Kerucut Sudah Terlalu Mainstream

    • imeldasutarno says:

      halo mbak, thanks udah BW lagi ke blog nan sederhana ini ya hihihih. Makasih ya ucapan dan doanya untuk Lintang. Juga untuk tumpengnya. Yuk yuk bikin bentuk2 karakter kartun lain pake cetakan2 kekinian *tsaaahhh….bahasanya kekinian euy*

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s