Buat yang Masih Amatir (kayak saya)

Sebagai newbie abis di dunia perblog-an Indonesia, yang saya tau cuma menulis apapun yang ingin saya tulis a.k.a curhat. Tentunya dengan pakem-pakem kesopanan dan berusaha memposting yang positif-positif aja ya.

Masalah ikutan lomba-lomba giveaway, saya masih hijau. Masih jauh kakaaaa……banyakan enggak ngertinya ketimbang ngertinya hehe. Usia blog ini sudah 5 bulanan. Tulisannya sudah cukup banyak, dan memang kebanyakan dibaca sama saya sendiri alias emang gak ada fans yang komen *fans??Masih tetapkah berhasrat ingin jadi artezz yang punya jutaan fans?”

Nah, hari ini saya BW ke beberapa blog secara random. Sampailah di blog ini . Sang penulis emang oke punya. Dan sering menang lomba. Terakhir menang lomba blog yang diselenggarakan salah satu perusahaan gadget ternama. Juara 1. Pas ngintip kayak apa sih tulisannya? Waduh waduh…..bukan hanya informasi teksnya super banyak dan komplit, tapi juga didukung dengan ilustrasi gambar yang ciamik poll. Maklum, si penulis juga adalah seorang desainer grafis. Sampai ada orang yang berkomentar :”Waaah ini ilustrasinya langsung aja dijadiin brosurnya (nama perusahaan gandget itu), gak perlu bikin brosur baru lagi”.

Pantaslah ia menang lomba. Dan seketika saya pun merasa down, gak mood dan rasanya hilang sudah semangat ngeblog. Bukan karena pengaruh PMS loh ya. Ketika kita melihat blog orang lain jauh melesat lebih keren dibanding kita punya, seketika rasa rendah diri itu muncul. Minder abis, dan langsung nyanyi “da aku mah apa atuuuuuh?” *salim Cita Chitata dulu*. Siapa yang sering punya perasaaan seperti ini, ngacung?

Ahaaa…saya ikutan ngacung, yang tinggi pake banget. Wajar gak sih begitu? Ya wajarlah. Manusiawi. Kodratnya emang susah kalo ngeliat orang lain lebih. Lebih baik, lebih jago, lebih kaya, lebih pintar, lebih berat badan *eits yang terakhir kelepasan kayaknya nulisnya. Jangan yaaaa….semoga langsing selalu badan ini #harapanhampa”

Makanya ada peribahasa dalam Bahasa Inggris :”the grass is always greener on the other side”. Rumput tetangga selalu keliatan lebih ijo dibanding rumput halaman sendiri.

the grass

Terus apa? Blognya mau ditutup? Nyerah? Atau sebaliknya, malah semakin obsessed untuk mengalahkan rival-rival dalam dunia per blog-an? Pilih yang mana? Hmmm….sebentar. Tarik nafas dulu……..

seruput teh manis tawar dulu………..

sama ngemil pisang goreng kipas dulu……………..

dan juga roti bakar keju…………

serta tak lupa indomi goreng *relax yang berlebihan*.

Coba sekarang liatnya dibalik deh. Kalo tadi ke atas, sekarang ke bawah. Gak semua orang loh punya bakat nulis kayak kita gini. Even bikin tulisan amatiran macam saya ini. Gak percaya? Kemarin tiba-tiba ada bbm masuk ke saya, dari teman sekelas waktu SMA *bbm?Hare geneee? Whatsapp apa kabarnyaaa….!”
Teman saya bilang gini: “wah keren lo Mel, punya blog. Kalo gue mah gak bakatlah. Not in my blood“. Maksudnya hobi dan bakat nulis itu bukan dia banget gitu kalo pake Bahasa Indonesia mah. Trus saya merendah dengan bilang kalau tulisan saya masih amatiran. Dia balik lagi berkata : Raditya Dika juga dulunya kan blogger biasa. Semua yang besar kan mulainya dari yang kecil dulu, Mel”.

Saya sempet freeze beberapa detik sebelum akhirnya tiba-tiba bangga. Yah walaupun hanya satu, tapi ternyata punya fans *tetep usaha banget jadi artis* . Terus ada pula yang komen di postingan lucu-lucuan saya di blog ini. Mbak itu bilang kalau tulisan saya bagus, cukup menghibur, dan dia senang membacanya. Aaaaaakkk……jadi pengen terbang ke rumahnya Johny Depp gak siiiih jadinya? *lagi-lagi harapan hampa*

Jadi, mari teruslah menulis. Berjuang dari nol, insya Allah kalo memang rezeki kita gak ke mana. Kalo pun banyak sekali blogger super duper terkenal langganan memang lomba dan sudah menjadi public figure, yakinkan diri sendiri, bahwa mereka pun mulainya dari nol kok. Bukan yang baru posting satu kali terus tetiba langsung menang lomba dan ngetop abis seantero jagad. Gak ada yang instan. Back to cerita soal mbak blogger yang desainer grafis tadi, daripada sibuk menjadi down dan minder, mendingan energinya dikelola untuk membuat blognya menjadi inspirasi kita. Inspirasi untuk mencari topik menulis, inspirasi untuk membuat tulisan-tulisan yang selama ini kita rasa kurang bagus, menjadi lebih bagus lagi. Kalau masih susah juga dan tetap minderan……tetaplah ingat bahwa gak semua orang bisa menulis. Seperti kata teman saya ” not in my blood”.

Semoga menginspirasi 🙂

7 thoughts on “Buat yang Masih Amatir (kayak saya)

  1. Langit Amaravati says:

    Hahahah. Saya ngeblog mulai 7 tahun lalu, belajar nulis sejak 20 tahun lalu, belajar desain sejak 3 tahun lalu. Semuanya autodidak. Pencapaian hari ini sudah melalui proses yang sangat panjang, itu yang selalu dilupakan orang-orang. Semangat belajar lagi yuk, jangan minder dong. 😀

    Like

    • imeldasutarno says:

      aaaaakk…mbak Langit merespon dakuuuh. Ihiy salting-salting srigala nih saya jadinya. Trims berat untuk insightnya ya mbak:) Enggak minder kok sekarang…karena sering-sering liat ke bawah bukan ke atas seperti yang saya tulis di dalam artikel ini. Sekali lagi makasih banyak udah mampir ya mbak 🙂

      Like

  2. iammrsred says:

    Makjlebbb baca ini. Sama banget lagi ngerasain ini. Kalo diumpamain rumah, kita bakal hepi kalo bisa customize n ngisi rumah sama hal yang kita suka, jadi kita betah n nyaman tinggalnya. Syukur kalo tamu yang mampir ikutan seneng hehehe.

    Dan…rumah kecil n sederhana bisa tetap hangat, kan 🙂

    Semangat nulis terus ya, Mbak. Semoga aku bisa ikut pede ikutan lomba atau giveaway kaya Mbak nanti! #pasangiketkepala #alaalabentengtakeshi

    Like

    • imeldasutarno says:

      aaah mbak, saya jadi terharu tulisan saya bisa jadi makjleb di dirimuh. Terima kasih yaaa…. Bener apa yang mbak bilang: isi rumah dengan yang kita suka. Saya pun prinsipnya sama mbak. Mengenai lomba, aaaah jadi tengsing. Baru satu kali ikutan dan kalah kok mbak, hehe…Semangat terus yaaa…

      Like

Leave a Reply

