Yang Absurd, Lucu, dan Serem

absurd, lucu, serem

Beberapa kejadian absurd, kocak, serem, nyampur di postingan gado-gado ini. Tapi semua kejadian nyata yang saya alami, dan tidak hanya di tahun ini saja kejadiannya.

1. Ada suara tembakan di depan kantor. Bukan, kantor saya bukan di daerah Sarinah yang waktu itu ramai sama teroris dan bom bunuh dirinya. Kantor saya di wilayah pemukiman penduduk di bilangan Jakarta Selatan. Bentuknya pun rumah yang disulap jadi kantor. Saya ingat waktu itu lagi hamil gedenya Lintang. Pas sore-sore lagi kerja tiba-tiba dari arah kejauhan dan semakin dekat terdengar orang berteriak-teriak macam kesetanan. Teriakannya agak kurang jelas, antara teriak “maling” atau apa gitu saya lupa. dan ada motor meraung dikebut udah kayak balapan apa tau. Ending-nya: terdengar tembakan. Suaranya mirip petasan namun lebih kencang bunyinya. Saya langsung ke belakang memberitahu teman-teman lain kalo ada tembak-tembakan di depan (posisi meja saya kebetulan lebih dekat ke arah pintu utama kantor *situ resepsionis seus?*). Anak-anak kantor pada berhamburan ke depan termasuk pak bos. Dan benarlah……memang ada maling motor yang dikejar oleh polisi (katanya polisi tapi gak berseragam. Mungkin intel). Untungnya si maling ketangkap. Kantor saya punya CCTV dan ndilalah itu kejadian kerekam semua di CCTV, walaupun angle-nya agak dari atas. Sempat rame heboh di depan kantor sampai si maling digelandang ke kantor polisi. Setelah itu, semua karyawan mengadakan nobar. Nobar hasil rekaman CCTV maksudnya. Terlihat si maling yang di atas motor, dikejar dan dipepet para intel itu, diserempet sampai akhirnya motor maling jatuh, dan intel mengeluarkan tembakan ke atas untuk peringatan. Persis kayak di film-film action. Kemudian ada adegan si maling sempat kena bogem warga yang kebetulan nonton dekat situ. Serem juga ya, sore-sore disuguhi kejadian kayak gini di kantor.

2. Ada Kaca Benggala di Alfamart. Saya sedang belanja di Alfamart dekat rumah. Di toko terdengar suara musik yang mungkin maksudnya untuk mengiringi para pengunjung belanja. Kemudian pas lagi antri di kasir, tiba-tiba terdengarlah lagu Kaca Benggala. What? Maksudnya? FYI: Kaca Benggala ini sinetron yang pernah diputar di TPI (sekarang MNC TV) dan merupakan sinetron kolosal sama seperti Saur Sepuh dan sejenisnya. Ini lagunya kalo yang belum tau.


Tapi sekali lagi…………..maksudnya apa ya muter lagu beginian untuk mengiringi kita belanja?

3. Masih sama seperti kejadian kedua, kali ini di Superindo. Pengunjung disuguhi lantunan lagu-lagunya alm.Pance Pondaag dong. Pas saya cerita ke teman kantor, dia santai bilang: yah nampaknya superindo tau banget usia pengunjungnya mbak, makanya diputerin lagu itu. Saya kemudian melirik ia dengan tajam, setajam…………….silet! Iya iyaaaa ngaku deeeeh saya emang udah tua tapi tetap manis manja grup.

4. Ada wanita bugil tanpa sehelai benang pun mandi di laut Ancol. Ini kejadiannya waktu saya masih pacaran sama pak suami, terus pas 17an kita jalan-jalan ke ancol sambil nonton Festival Asmat. Kejadiannya siang hari. Pemandangannya jauh sih dari tempat saya dan pak suami berdiri, tapi asli jelas walau kecil keliatannya. Di dalam laut yang dangkal ada seorang perempuan mandi, tanpa sehelai benang pun, sementara di bibir pantai ada beberapa cowok nonton. Perasaan saya gak karu-karuan. Antara bingung, malu sendiri, dan terus berusaha menebak apakah orang itu sudah gila, apakah ini nyata apa mimpi ya? Sampai pada suatu kesimpulan: bisa jadi si cewek itu lagi menjalankan ritual bersih diri atau apa gitu….seperti yang dulu pernah dilakukan almarhum Avi (model transgender yang ngetop di video klip Naif “Posesif”) saat ia keluar dari penjara (tapi gak sampai bugil juga). Saking penasarannya, saya terus melihat si cewek bugil itu, sampai akhirnya dia mengakhiri mandinya, dan dengan santainya kembali ke bibir pantai, mengambil bajunya dan berlalu entah ke mana. Cowok-cowok yang menonton juga gak bereaksi mendekatinya.

5. Tragedi helm ojek online. Tadi malam saya naik ojek online pulang ke rumah. Saya memang gak suka pakai headcap yang disediakan barengan masker gratis dari driver. Dan yang terjadi semalam: helm penumpangnya nampaknya bekas dipakai penumpang lain dan bau minyak nyong nyong super menyengat. Saya gak ngerti nama minyak itu apa, tapi saya selalu menyebutnya mintak nyong nyong. Yang biasanya dipake cowok-cowok gitu dan baunya norak menyengat. OK kembali ke ojek tadi, akhirnya sayapun sepanjang perjalanan memakai si helm bau menyengat itu. Sampai rumah, baunya masih nempel abis. Saya malam itu terpaksa keramas. Keramas satu kali, kemudian bilas, kok baunya masih nyengat? Saya keramas lagi. Total 2x. Dan baunya enggak hilang dong. Kebetulan bukan tukang make up dan beauty items collector, jadilah enggak tau gimana cara ngilangin si bau di kepala ini. Akhirnya udah putus asa, terpaksa pake ini, satu-satunya benda berbau harum di rumah yang mungkin bisa jadi senjata pamungkas

Jpeg

Padahal ini bukan minyak rambut ya. karena udah putus asa, saya semprot-semprotin aja eau de toilette ini ke rambut, dengan setengah bertanya-tanya dalam hati: nanti rambut akika rusak gak ya disemprot produk yang bukan untuk rambut begini? Kemudian, keesokan harinya, si bau ternyata masih ada dong samar-samar. Duh ampuuun…… Terpaksa mandi pagi keramas lagi, dan sesudah keramas semprot eau de toilette lagi. Akhirnya di kantor menjelang makan siang, bau itu total menghilang dari peredaran.
Duh jadi pengen bikin postingan tips aman naik ojek online nih jadinya.

6. Naro handphone di beras.
ART saya handphonenya Nokia yang mirip begini (saya juga kurang hafal sama tipenya)

Nokia_C2-03

gambar dari sini

Suatu hari hp nya jatuh. Akhirnya touchscreen-nya tidak berfungsi, begitu pula salah satu tombolnya. Karena bingung, dia sms anaknya di kampung. Anaknya sudah kelas 3 SMA. Si anak memberi suggestion: coba taro hp mama di tempat beras. Diperam.
Si nyokap ndilalah iya iya aja. Pagi-pagi ia letakkan hp separo rusak itu di tempat beras kami. Satu jam kemudian………..taraaaaa….touchscreen dan tombolnya berfungsi kembali.  Sebetulnya beras memang sudah terkenal berfungsi untuk menyelamatkan hp yang tercemplung air. Pengen jelasin panjang lebar tapi mungkin lebih baik baca terpisah di sini, biar gak bosan ya. Nah ternyata hp ART yang cuma jatuh tanpa kena air sedikitpun….juga bisa bener gara-gara beras. Penjelasannya gimana? Entah, saya juga enggak ngerti. Absurd emang. Tapi ya sutralah, yang penting hp dia udah bener lagi dan saya gak kesulitan berkomunikasi dengannya.

7. Yang penting statusnya nikah.
Jadi ART saya punya teman, sama-sama ART dan jarak rumahnya hanya 5 rumah dari rumah kami. Si temannya ini, sebut saja namanya Mawar, sudah kepala 4 tapi masih gadis. Susah nampaknya mencari jodoh. Dia sudah mencoba dan minta tolong ke semua teman-temannya, namun tak kunjung membuahkan hasil. Sementara keluarga dia di kampung halaman nun jauh di Sulawesi sana, semuanya as usual tanya-tanya terus: kapan nikah? Adik-adiknya pun semua sudah menikah. Tentu Mawar gelisah ya dengan kondisi dan status seperti ini? Suatu hari entah darimana dia berkenalan dengan seorang pria, katakan namanya Prapto. Mawar benar-benar berusaha agar Prapto gak pisah dari dia, dan benar-benar mau pacaran bahkan nikah dengannya. ART saya selidik punya selidik, Prapto berbohong pada Mawar dengan bilang bahwa ia masih perjaka. Padahal sudah beristri dan anak dua. Singkat cerita, karena keukeuhnya Mawar nyosor Prapto, dan Prapto macam tak berdaya, mereka tetap pacaran, dan ketauan si istri. Plus pake acara dilabrak sama si istri segala macam. Dengar dari ART saya, Mawar bikin statement: saya gak papa walopun dia sudah beristri dan saya dimadu. Bahkan misalnya saya hanya dinikahi gak sampai sebulan kemudian saya diceraikan dengan berbagai alasan oleh Prapto, saya pun gak papa. Asalkan secara status hukum, saya sudah pernah menikah, jadi di mata keluarga pun sudah berbeda rasa dan pandangan orang terhadap saya.
Absurd ya? Ada gitu orang yang rela sakit begitu, yang penting secara status dan dicatat hukum negara,  dia udah pernah menikah. Sampe kepikiran saya: sebegitu kuatnyakah tekanan dari pihak keluarga terhadap status, sehingga walaupun nantinya berstatus istri yang diceraikan pun dianggap jauh lebih bagus ketimbang melajang seumur hidup misalnya? Ck…ck….ck….

Nanti kalo ada tambahan saya update lagi ya.
signature

 

 

 

3 thoughts on “Yang Absurd, Lucu, dan Serem

  1. imeldasutarno says:

    Mbak makasih udah baca ya. Aku aja sampe skr msh keingetan yg mandi itu, padahal udah 9 thn yg lalu. Cowok2 yg ngeliatin juga ga berani ngapa2un. Mungkin takut juga kali ya, tau2 nanti itu cewek ternyata psiko n nyerang. Ah embuhlah…… nah yg naro di beras monggo dicoba. Kalo sukses nanti dibikin tulisan yaaa

    Like

Leave a Reply

