3 Hal Yang Dilakukan Setelah Kerokan

keep-calm-and-start-kerokan

Gambar dari sini

Kerokan. Wah itu mah saya banget. Aktivitas ini diyakini banyak orang di Indonesia dapat mengusir masuk angin. Saya kalo masuk angin, biar kata udah minum Reject Wind (you know what i mean mbak Santi), atau minum Panadol untuk mengusir si sakit kepala, tetep aja badan berasa belum maksimal kalo belum dikerok.

Begitu udahan…wuidiiiih…rasanya badan enteng dan enak kembali. Kadang saya mikir ah ini cuma sugesti aja kali ya, karena udah kebiasaan, jadi kalo pas masuk angin dan gak dikerok, ada yang kurang komplit gitu rasanya.

Di tengah pro dan kontra soal kerokan, ternyata ada loh ilmuwan Indonesia yang menjadikan pembahasan soal kerokan ini sebagai bahan disertasi doktoralnya. Sekarang sudah jadi profesor. Dia adalah Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes. Beliau adalah Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta. Soal kenapa kerokan membuat badan menjadi nyaman nanti silakan baca di sini ya, supaya postingan ini enggak kepanjangan :). Kalo udah profesor kedokteran yang bahas begini, nampaknya semakin gak ragu ya untuk berkerokan ria *cari pembenaran abis*.

Nah biasanya, setelah kita kerokan, kita pasti mencari cara gimana supaya efek nyaman kerokan ini tetap bisa long lasting. Yah gak sampai berhari-hari sih, minimal sampai setengah hari ke depan lah *gimana sih ini bahasanya?*. Ini beberapa hal yang dapat kita lakukan setelah kerokan:

1. Minum yang hangat.

tea

Gambar dari sini

Bisa teh panas, jeruk panas, kopi, atau apapun yang panas-panas. Setelah dikerok dan minyak yang digunakan biasanya menghasilkan juga efek panas, minum yang hangat atau panas bisa menambah kenyamanan. Keringat keluar semua, dan rasanya badan yang semula masuk angin jadi sembuh paripurna *tsaaah apeeu…?*

2. Mandi dengan air hangat 2 jam setelah kerokan.

shower-1027904_1280

gambar dari sini

Memang sudah jamak bahwa setelah kerokan kita gak boleh langsung mandi ya apalagi pakai air dingin, karena badan akan “kaget” akibat perubahan suhu dari panas ke dingin. Mau mandi pakai air dingin silakan tapi tunggu dulu agak lama ya. Namun, coba gunakan air hangat deh, ini juga membantu menambah kenyamanan di badan loh.

3. Rileks atau berbaring.

lying

gambar dari sini

Supaya badannya diisitirahatkan. Tidur juga lebih baik. Pas bangun, rasain deh, pasti badan jauh lebih bugar.

Nah itu tiga hal yang bisa dilakukan setelah kita kerokan. Ada yang menambahkan? Monggo ya…. 🙂
signature

Advertisements

One thought on “3 Hal Yang Dilakukan Setelah Kerokan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s