3 Momen Nasionalisme

Jpeg

Jpeg

Kalo liat gambar di atas, apa yang ada dalam pikiran kita? Hanya sebuah bendera yang sedang berkibar di udara? Lalu apa perasaan yang terlintas dalam benak kita, dalam hati kita?

Let’s say: Patriotisme. Bangga. Nasionalisme. Biasanya tiga kata itu ya?
Sama, saya juga. Kalau melihat bendera merah putih berkibar, tiba-tiba rasa nasionalisme timbul kembali. Apa saja sih momen yang biasanya bikin nasionalisme kita bangkit lagi? Kalau saya ada tiga:

  1. Ketika menonton atlet Indonesia berlaga di ajang olahraga internasional. Mulai dari SEA GAMES, ASIAN GAMES, Olimpiade, dan serangkaian lomba kayak misalnya pertandingan sepakbola piala AFF, balap F1, dan lain sebagainya. Wuiiih kalo liat itu bendera, plus wajah-wajah atlet kita di TV, duh bukan main bangganya. Gue Indonesia banget rasanya, walaupun bukan saya yang bertanding. Nothing can beat us as an Indonesian lah pokoknya. Walopun di negara ini masih banyak kekurangannya, masih pada demo sana sini, rusuh, bakar-bakaran, karena kecewa sama negara, tapi kalo udah liat atlet kita lomba di ajang internasional, asliii…..lupaaa semua sama yang berbau kesusahan dan kesedihan, jon!
    olimpiade-taufik-hidayat

    Taufik Hidayat sepertinya menangis saat Indonesia Raya berkumandang di Athena. Gambar dari sini

    Rasa nasionalisme itu makin bertambah-tambah dengan momen kayak misalnya acara nonton bareng. Ngasih semangat dengan teriak-teriak bareng, gak peduli kita gak saling kenal dalam nobar itu, yang penting mendukung Indonesia. Even pada akhirnya atlet kita kalah dalam laga tersebut, gak masalah.

  2. Upacara 17 Agustus.
    d7a332411e14769f300879cf8b1d4da6_XL

    gambar dari sini

    Baik di sekolahan maupun nonton upacara 17an di istana negara, selalu deh tiba-tiba rasa nasionalisme membuncah di dada *eeyaelaaaah bahase lu dah macam sastra apaan tau dah*. Terharu dan bangga liat para paskibra ngibarin bendera pusaka, dan acara itu dihadiri puluhan diplomat asing dan dubes dari berbagai negara. Kadang kalau nonton di tv, pengen ikutan berdiri dan menghormat juga ke sang saka merah putih loh.  Ini acara gue! Indonesia! Pengen ya rasanya teriak gitu sambil mengepalkan tangan. 🙂

  3. Ulang tahun TNI. Tiap kali liat ada acara semacam ulang tahun TNI AU atau angkatan lain, terus liat para pembela negara itu baris atau show off kekuatan alat-alat utama sistem pertahanan, wow rasanya Indonesia bangeettt! Rasanya pengen pake ikat kepala merah putih euy, terus ikutan berdiri gagah berani di atas tank yang lagi jalan padahal bukan ABRI saya mah haha.
    sejumlah-prajurit-kopassus-mengikuti-defile-di-upacara-hut-ke-69-_141024125443-969

    gambar dari sini

    Sudahlah para prajurit-prajurit yang baris itu, terutama yang masih muda, gagah tegap dan (banyak yang) kece badai, ditambah pula profesi mereka yang harus berani mati demi negara, uuuuhhh rasanya gimanaaaaa gitu….. *eemm, mbak-mbak ini kan lagi ngomongin nasionalisme ya, bukan soal paras rupawan cowok-cowok sixpack itu. Please focus mbaknya*

Nah itulah tiga momen di mana rasa nasionalisme saya bisa bangkit sanjaya dan tergugah. Masih sangat sedikit yang saya perbuat untuk negeri menjaga dan membanggakan negeri ini. Ngeblog aja abal-abal begini, begimane ceritanye bikin bangga negara, mpok? Semoga ke depannya saya dan kita semua bisa lebih baik dalam menghargai dan berbuat yang positif (sekaligus membanggakan) bagi negara kita, Indonesia.

Merdeka!

Oya, kalau kamu, apa momen nasionalismenya? Share di sini yuks 🙂
signature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s