Ya abis mau gimana lagi….?

Jadi orang Indonesia identik sama jajanan kaki lima ya? Sebenarnya jajanan jenis ini mah di negara-negara lain juga ada. Cuma saya mau fokusin tulisan ke negara sendiri a.k.a Indonesia.

Kayaknya gak ada deh orang di Indonesia ini yang gak demen sama jajanan kaki lima. You name it: bakso, siomay, gorengan, mi ayam, cilok, kue rangi, es cendol, kue putu, bakwan malang, dan aneka penganan lainnya. Duh nyebutin itu nama-nama makanan satu-satu saya mendadak ngeces.

Kemarin (dan hari ini) entah kenapa saya ngidam makan mi ayam abang-abang. Sepuluh ribu gembira. Sekarang sepuluh ribuan harganya. Kalo di resto, 1 mangkok bisa Rp20,000 an.

image-2

gambar dari sini

Dulu jaman saya kelas 4 SD, mi ayam abang-abang harganya cuma Rp150 aja. FYI jaman SD dulu, hampir setiap istirahat saya selalu makan mi ayam abang-abang ini loh. iiih serem ya….makannya itu melulu.

Jajanan pasar itu identik dengan murah, enak dan ……gak sehat. Hehehe….yang terakhir suka bikin nunduk malu. Itulah manusia. Udah tau ya enggak sehat, tapi ya malah makin digemari. Gimana bisa dibilang sehat?

Pake bumbu penyedap. Namanya aja bumbu penyedap, sudah pasti tercipta dari tulang rusukmuĀ untuk membuat si makanan semakin sedap. Jadi yang mengonsumsi nagih. Padahal bumbu penyedap, kalo keseringan dikonsumsi tidak baik untuk kesehatan ya. Bisa bikin penyakit kanker, tumor, dan serentetan penyakit serem-serem lainnya.
Sementara makanan sehat samasekali gak pakai bumbu dan lain-lain, sehingga rasanya memang gak senikmat dan gak segurih yang gak sehat. Bahkan kadang cenderung tawar ya. Gak ada challenge-nya hehe…..

Bahan tambahannya juga gak jelas asal usulnya. Makan bakso atau mi ayam, pasti pakai tambahan saos. Katanya saos sambel, katanya saos tomat. Yakin bikinnya dari 100 persen cabe rawit segar? Baca dulu beritanya di sini ya. Gimana? Udah mulai kaget dan histeris setelah tau apa bahan pembuat saos itu?

Proses mengolahnya kadang jauh dari bersih dan higienis. Makanya harganya juga bisa murah meriah. Es cincau ijo abang-abang, apa iya esnya dibuat dari air matang 100%? Yang dagang mie bakso, apa iya sawinya yakin dicuci bersih sampai hilang ulat dan debunya sebelum kita santap?

Tempat menyimpan si makanan juga ga higienis. Gerobak abang mi ayam terkadang terlihat lusuh bin dekil, panci yang dipakai abang siomay sepeda keliling kadang udah ada karat-karatnya.

Jpeg

Mie ayam abang-abang

Ndilalah, udah tau yaaa itu jauh dari sehat dan higienis, udah tau akan sangat berisiko terhadap kesehatan diri sendiri, ya kita malah cuek dan malah nagih. Kalo gak makan jajanan kaki lima kayaknya kurang berasa Indonesia gitu.
Makanya saya super salutlah sama orang-orang yang bisa bergaya hidup sehat, jauh dari gorengan dan aneka jajanan, hidup dengan gaya food combining, diet mayo, raw food, etc dll dsb dkk. Karena hingga detik ini saya masih belum bisa seperti mereka.

Yah abis rasanya enak sih….mau gimana lagi?. Ck…ck…ck….manusiaaa oh manusia….
signature

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Ya abis mau gimana lagi….?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s