USB dan Anak-anak

Ini adalah USB *yaiyalaaah, lau kata ini pempek?*.

Jpeg

Jpeg

Biasanya apa sih yang orang simpan di dalam USB? Kalau orang kantoran pasti materi kerjaan, dan juga buat nyimpen-nyimpen dokumen pribadi yang gak jauh-jauh dari foto.

Kalo saya apa? Khusus beli USB, 8 Giga begini buat apa? FYI: saya bukan orang yang suka bawa kerjaan ke rumah. Bukan sok idealis, tapi….percuma. Kagak bakal bisa kerja direcokin sama dua krucils yang aktif dan senantiasa akan berusaha keras supaya emaknya hanya mau main sama mereka. Gak kebayang kalo coba-coba bawa kerjaan ke rumah. Kelar sudah.

USB ini isinya full sama film-film kesukaan anak-anak yang saya donlot dan copy dari YouTube. Untuk kebutuhan anak-anak nonton di rumah. Alhamdulilahnya tv di rumah bisa dipakein USB.

Kebetulan saya gak pasang tv kabel di rumah, jadi ya nontonnya cuma tv swasta nasional aja. Nah udah pada tau sendiri kan muatan tv swasta nasional kite udah kayak apaan tau? Sinetron dan entertainment geje 90%. Edukasi 10%. Salah satu yang saya anggap edukasi adalah film-film kartun di beberapa tv swasta. Karena jam tayangnya cuma seiprit banget dibanding sinetronan, jadi biar anak tetap bisa nonton kartun, saya akalin dengan cara copy dari YouTube dan simpan di USB ini.

Kartunnya macam-macam. Karena USB ini hanya berkapasitas 8 Giga, jadi yang sudah ada kadang dihapus dan ganti sama kartun kesukaan mereka yang baru. Gonta ganti aja, sesuai selera mereka. Misalnya nih, waktu lagi pada suka sama Paddle Pop, akhirnya dicopy-inlah banyak film-film Paddle Pop sampe USB hampir penuh. Begitu ganti selera pengen Lego, saya bikin kesepakatan dulu sama mereka: ini yakin udah pada bosan sama Paddle Pop? Kalo bosen ibu hapus ya, karena tempatnya gak cukup kalo harus nambahin sama kartun Lego. Biasanya ga nunggu 5 menit, langsung krucils jawab iya.

Jpeg

Jpeg

Kadang gak melulu film kartun superhero atau sejenisnya. Khusus Alun yang penggemar Heavy Equipment misalnya, saya buatin satu folder khusus yang isinya video-video seputar alat berat, baik yang real video kayak misalnya proyek MRT Jakarta, maupun yang bentuknya animasi kartun.

Atau kayak sekarang ini, saya carikan kartun/animasi edukasi yang jalan ceritanya misalnya: bisa menyisir rambut sendiri, bisa mengoles selai di roti sendiri tanpa bantuan ibu, atau jangan jajan sembarangan di sekolah. Harapannya mereka sedikit banyak paham dan nanti bisa langusng dipraktikkan dalam keseharian.

USB ini akhirnya benar-benar menjadi teman setia anak-anak. Bahkan di saat lagi bosan nonton beberapa kartun di tv yang memang suka re-run, mereka memilih nonton kartun di USB yang juga udah diputar berulang-ulang. Emaknya bisa ngerjain yang lain deh, kayak masak, beberes dan lain-lain.

Pengennya sih ke depannya upgrade USB lagi yang kapasitasnya lebih besar, biar yang dicopy juga bisa lebih beragam. Mudah-mudahan nanti ada rezeki. Amiiin….
Have a barokah Jumuah everyone 🙂
signature

Advertisements

4 thoughts on “USB dan Anak-anak

    • imeldasutarno says:

      halo mbak, makasih udah mampir dan baca. Iya, abis acara tv geje hampir semua ya, jadi diakalin deh pake donlotan YouTube. Kalau beberapa tahun lalu mungkin masih beli CD (bajakan) dan play di rumah. Skr lebih ringkes pake USB ya. Eiya job desk mba Herva di kantor mirip aku loh *eaaaa sok nyama-nyamain*. Bolehlah nanti aku berguru padamu yang sudah lebih suhu di bidang per HRD an *hihi…anaknya suka nyari kesempitan dalam kesempatan euy*

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s