Tips Nonton HUT TNI AU di bandara

Tulisan ini  masih ada korelasinya dengan postingan yang lalu.

Siapa yang senang menonton event HUT TNI AU ? Tentunya hampir setiap orang senang ya, apalagi melihat aneka ragam pesawat dan aneka alat tempur milik TNI AU dipamerkan di depan mata. Anak-anak pun terutama sekali anak laki-laki sudah pasti senang.

Setiap tahun, TNI AU selalu mengadakan event ulang tahun dengan beragam atraksi/show off alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang canggih dan keren. Kita bisa melihat defile pasukan, terjun payung, show off alat tempur darat, simulasi penanganan terorisme, simulasi pertempuran udara, dan atraksi aerobatik dari pesawat-pesawat TNI AU. Event yang selalu gratis dan terbuka untuk umum ini, selalu disambut dengan antusias tinggi oleh masyarakat. Tiap tanggal 9 April, masyarakat selalu berbondong-bondong datang ke Lanud Halim Perdanakusumah hanya untuk menyaksikan upacara dan atraksi TNI AU.  Nah jika kita ingin membawa anak-anak ke sini, berikut beberapa tips agar sukses mengikuti acara ini sampai selesai:

1. Pastikan anak kita memang berani/tidak takut pada suara yang memekakkan telinga. Mengapa ini sangat penting dan menjadi urutan pertama? Karena pada acara seperti ini, jet-jet tempur AU yaitu Sukhoi dan T-50i akan selalu tampil beratraksi di udara. Kecepatan jet tempur adalah sekitar 2 Mach (2,500 km/jam). Ketika jet terbang rendah, suaranya buat beberapa orang mungkin sangat menyeramkan, keras dan memekakkan telinga.

580154_10150727966133794_513764304_n

Bayangkan suaranya ketika jet tempur terbang serendah ini

Kemudian ditambah lagi ketika simulasi pertempuran udara, juga akan ada ledakan bom yang walaupun jauh lokasinya dari penonton namun bagi yang tidak terbiasa, akan cenderung kaget dan ketakutan.
Ketika kami nonton HUT TNI AU ke-70 beberapa waktu lalu, terbukti banyak anak kecil yang menangis ketakutan setelah ledakan bom tersebut.

anak nangis

gambar dari sini

2. Karena bandara adalah ruangan yang sangat terbuka tanpa pelindung, dan event berlangsung pagi menjelang siang yang terik, maka wajib untuk:

a. menggunakan: sunblock, topi atau payung, dan sepatu tertutup yang nyaman dipakai. Kalau mau ditambah menggunakan kacamata hitam juga lebih bagus. Saat berfoto tidak apa sesekali buka topi, namun setelahnya sebaiknya langsung pakai kembali. Untuk baju, usahakan yang nyaman seperti t-shirt warna cerah dan celana bahan.

20160411_000948[1]

Hindari menggunakan baju-baju yang terlalu tertutup. Seperti kemarin kami lihat ada beberapa orangtua yang terlalu menjiwai event ini sehingga anaknya didandani  dengan pakaian penerbang seperti ini. Wow sudah terbayang betapa kepanasannya dia selama menonton acara.

pakaian penerbang

gambar dari sini

b. membawa air minum yang cukup, karena terik matahari bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Datang pagi. Sudah rahasia umum, jalanan seputar event berlangsung selalu penuh dengan kendaraan, baik kendaraan para perwira AU peserta upacara maupun pengunjung. Macet panjang selalu terjadi. Jika tidak ingin ketinggalan moment, maka usahakan datang pagi, sekitar jam 07.00 WIB.

4. Sebaiknya menggunakan sepeda motor. Bila terpaksa harus membawa mobil, maka siapkan diri untuk bermacet panjang ria ketika acara bubar.

5. Jika memang berniat mengabadikan atraksi pesawat di udara, bawa kamera yang proper. Jika punya kamera SLR akan jauh lebih baik. Karena momen atraksi pesawat nun jauh di udara, apabila hanya menggunakan kamera yang fiturnya biasa, mungkin akan terlihat seperti foto di bawah ini (hanya saya ambil dengan kamera handphone).

Jpeg

Jpeg

6. Selalu patuhi aba-aba petugas. Ini bukan acara awam, tapi milik militer. Sudah tentu kita sebagai masyarakat biasa wajib mematuhi aturan protokoler yang berlaku. Jika petugas meminta kita menjauh dari satu  titik lokasi misalnya, itu demi keamanan para penonton juga. Seperti misalnya saat kemarin kami nonton, petugas menghalau beberapa penonton yang makin merangsek maju mendekati bibir landasan pesawat. Karena di area tersebut akan dijadikan jalan bagi kendaraan tempur yang selesai mendemokan simulasi penanganan teroris. Demikian pula ketika kami sedang asyik melihat-lihat dan foto-foto di sekitar jet tempur Golden Eagle, petugas segera mensterilkan lokasi karena setelah acara HUT selesai, jet tempur pun harus kembali bergerak pindah ke hanggarnya.

Nah itulah beberapa tips untuk suskes menonton HUT TNI AU. Semoga bermanfaat. Oya, ada yang punya hobi yang sama dengan saya? Yuk sharing di sini 🙂
signature

 

Advertisements

2 thoughts on “Tips Nonton HUT TNI AU di bandara

    • imeldasutarno says:

      Ah mbak monika juga sama, rajin nulisnya. Ini udah beberapa hari loh aku absen karena sok kerja banget gitu di kantornya *aslinya maen Pesbuk* ahahaha. ODOP99 itu program komunitas atau gimana mbak? Ora mudeng aku hehe. Makasih udah mampir dan baca ya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s