Penumpang yang Kena Suspend

Sehari-hari saya pengguna ojek online. Pergi dan pulang kantor. Karena hitungan ongkosnya sama kalau saya gonta ganti naik angkot seperti yang dulu (sebelum ojek online happening) saya lakukan. Daripada turun naik angkot, enakan ngojek. Mulai dari depan pintu rumah, sampe depan pintu kantor udah enak bin nyaman, gak pake ngetem dan berdesak-desakan.

Selama pemakaian sehari-hari, gak pernah nemu masalah yang berarti. Kalo soal driver yang terpaksa kita cancel karena kejauhan lokasinya dari tempat kita, pernahlah satu dua kali mengalami ini. Soal driver ngebut dan kemudian kita submit laporan jelek ke pihak providernya juga udah sering. Tapi so far, aplikasinya jalan terus alias gak ada gangguan berarti.

Sampai suatu hari, terjadilah sesuatu. Ojek online yang saya tumpangi tiba-tiba mogok di daerah Pasar Gembrong Jakarta Timur. Dengan mengucapkan mohon maaf, abangnya bilang kalo saya silakan order lagi dan saya gak perlu bayar apapun ke dia sebab memang itu murni kesalahan dari pihak si abang. Setelah abang klik selesai dan akhirnya saya bisa order kembali, mulailah jari-jari ini bermain di atas hape, ngorder ojek lagi.
Ada yang ambil. Jauhnya aujubile, di jalan Bypass DI Panjaitan, yang perlu sekitar 8-10 menit untuk tiba di tempat saya berdiri. Ebuseett…..kapan nyampe kantornya saya kalo gini? Saya cancel. Oder lagi….dapat lagi dengan posisi di Bypass namun beda driver. Saya terpaksa cancel lagi. Order sekai lagi……yang ambil lagi-lagi driver di DI Panjaitan, dan namanya beda sama yang dua pertama.
Total 3x saya order dan cancel. Salah saya? Rasanya bukan ya, sebab memang jauh sekali mereka dari titik saya berada. Dan nyambi cancel saya juga mensubmit alasannya yaitu driver is too far away.
Singkat cerita saya melanjutkan perjalanan ke kantor menggunakan ojek pangkalan saja.

Besoknya pas mau berangkat kantor saya coba order lagi. Heran. Kok estimasi biayanya gak keluar-keluar? Saya nekad klik “booking” walau estimasi harganya gak tau berapa. Tau apa yang keluar? Sebuah kotak warning bahwa account saya disuspend. Eng ing eeeeeeeng…….
Saya menelepon CS ojek online itu, dan setelah mbak-mbaknya ngecek, ternyata ditemukan unsur penggandaan account atas nama saya. Hah? Kok bisa? Saya ditanya sama si mbak, dan saya jujur menjawab hanya punya satu account, dan hanya mendownload aplikasi di satu hape yang saya punya. Kok bisa ya?
Akhirnya saya diminta mengisi formulir yang bernama Formulir Naik Banding. Waduh….kok ogut berasa di “alam-hukum-dan-kehakiman-semacam-pengadilan” ya?

warning

“surat cinta” Naik Banding

Setelah mengisi formulir dan terkirim, saya tinggallah menunggu. Entah berapa lama lagi akun saya bisa lepas dari suspend itu. Selama ini yang sering saya dengar kasusnya adalah suspend terhadap account driver. Tapi kali ini yang terjadi sebaliknya.

Sembari menunggu kapan account sembuh kembali, saya coba searching di Twitter, siapa tau ada orang yang punya pengalaman sama. Eh ternyata ada! Setidaknya ada dua orang yang saya ajak ngobrol di Twitter soal suspend ini.

Yang mas-mas (ah lupa namanya siapa. Gak sopan banget ya eikeh, cuma butuh pengalaman doi aja tapi ga mudeng sapa namanya) itu pake provider ojek online yang karya anak bangsa, dan kena suspend juga. Gara-garanya dia udah order, driver gak gerak-gerak dan akhirnya dia cancel. Begitu dia order ulang, si driver yang sama lagi yang ngambil. Kan kesel ya? Sama si mas-mas dicancel lagi. Order ketiga kali, eh kena lagi si “driver gak gerak” ini! Begitu aja sampe 5x. Akibatnya justru account si mas disuspend.

Nah kalo another person yang saya ajak ngobrol di Twitter, mbak Sulistya namanya, dia bingung apa kesalahan dia tau-tau accountnya kena suspend, dan dia ga mau pikir panjang kali lebar, langsung saranin saya untuk pindah ke provider lain aja. Sudah sebulan lebih katanya dia gak dapat feedback dari provider yang bersangkutan dan dia udah males banget ngurusinnya.

Jadi, sekarang ini saya sementara pindah dulu ke provider ojek online tetangga. Dan lesson learnednya: downloadlah aplikasi beraneka ojek online di hape kita. Jadi pas yang satu trouble, masih punya back up yang lain. Itu pun kalo kita emang ojek mania garis keras ya. Karena sebenarnya masih ada alternatif transportasi lain yaitu angkot.

Ada yang pernah punya pengalaman yang sama dengan saya? Sharing di sini yok 🙂
signature

28 thoughts on “Penumpang yang Kena Suspend

  1. Sonya says:

    wahhh bisa di-suspend dan berujung rempong gitu ya ternyata dgn ojek online. anyway, salam kenal mbak imelda 🙂 makasih udh mampir ke blog saya dan komentar di posting soal KOPI. sekedar info aja sih, akun instagram itu bukan syarat wajib kok. saya juga gak pake instagram sampe saat ini. klo tertarik gabung KOPI cukup setor nomer hp biar diinvite ke WhatsApp group aja. nomernya bisa di-email ke aku: ria.sonya@gmail,com
    have a nice day!

    Like

    • imeldasutarno says:

      halo mbak sonya salam kenal juga ya. Makasih udah mampir dan baca. Iya, bisa rempong juga mbak urusan perojekan ini. Makanya aku nulis buat dishare dan sapa tau bisa jadi referensian para penumpang ojek lain untuk lebih hati-hati. Btw tertarik juga gabung KOPI. Etapi kalo warga super baru/newbie kayak saya gpp ya kalo kebanyakan nanya di grup terutama soal mekanisme dan aturan main KOPI? Aku email nomorku ya mbak ke kamu. Makasiiiih… 🙂

      Like

  2. ratusya says:

    Trus sekarang udah ga ke suspend kah?
    Aku sering dicancel sama driver gocar, mungkin karena lagi promo 50% udah di accept eh cancel sepihak!!!
    Adalagi yang alesannya gps sistem rusak, kenyataannya dia masih di jalan tol dan berkali2 nelpon saya untuk cancel. Lahh? Orang dia yg cancel kok sy yg dipaksa2 cancel order.

    Aku sekarang punya semua provider ojek online di hp. Hahahaha.
    Yang ga pernah nolak sih uber,mbak. Cobain deh

    Like

    • imeldasutarno says:

      halo mbak, makasih udah mampir dan baca ya. Sekarang ya masih ke suspend. Lambretta kayanya suspendnya nih. Pasrah aja aku hehe. Aku mau coba uber juga deh mbak walopun pake sistem argo (maklum org Indonesia, kalo udah sistem argo wajahnya nunduk terus….nunduk merhatiin gerakan argo yang membumbung tinggi kalo kena macet wahahaha)

      Like

      • ratusya says:

        Bikin aku baru aja mbak. Atau install semua aplikasi online, jadi kalo satu ga bs, coba yg lain. Hihihi

        Like

      • imeldasutarno says:

        makasih udah mampir dan baca ya mabk. Iya tadinya kepikiran bikin akun baru cuma males euy ngelola aneka ragam alamat email baru gitu. Punya satu aja udah rempong hihi….

        Like

  3. tia putri says:

    aku dong download semua aplikasi ojek online. siapa kasih penawaran paling baik itu yang diambil *maap bukan customer loyal* *nyari ojek udah kayak orang procurement*

    hihii

    Like

    • imeldasutarno says:

      ahahahah mbak tia, iya bener banget. Kasi bocoran dong selain G*jek dan Gr*abbike, ojek online apa lagi yang ada aplikasinya? Aku pernah sih donlot Ladyjek, tapi gak puas baik dari segi aplikasi dan lemotnya peta mereka. Dan pas nyoba pake sekali, aku kapok sama si ladyjek karena drivernya asik2 isi bensin muter2 dan membiarkan aku cengok menunggu 20 menit di rumah. Trus pernah donlot blujek juga cuma gak pernah nyoba pake karena mahal. Apa ya yang sebaiknya didonlot lagi mbak? *lhah malah minta tolong ini anaknya?*

      Like

    • imeldasutarno says:

      Halo mbak Dewi, makasih udah mampir dan baca ya. Masih disuspend mbak, entah sampe kapan. Kalo udah lama dan ga ada feedback blas dari mereka, dengan terpaksa saya akan uninstall apps nya di hape saya dan pindah ke lain hati, hehe.

      Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Halo Mas Rangga salam kenal. Cinta ke mana mas? *haduh masih aja tentang film hits ituh?* Makasih udah mampir dan baca ya. Iya saya pun akhirnya begitu dan skr fix naik ojek online karya anak bangsa, heueuueehehehehe…..

      Like

  4. afriyanaanzira says:

    Selamat malam Mbak Imelda. Salam kenal aku Ira mbak. Aku punya pengalaman yg sama kaya mbak imelda. Akun salah satu aplikasi ojek onlineku kena suspend mbak. dari seminggu yg lalu sampai sekarang belum pulih akunku. Aku mau tanya mbak imelda akunnya sudah pulihkah? berapa lama kena suspendnya mbak?
    tolong kabari aku ke alamat email ini ya mbak : afriyana.anzira@gmail.com
    terima kasih mbak

    Liked by 1 person

  5. Woro says:

    Salam kenal Mbak Imelda, aku Woro.
    Akhirnya saya menemukan blog ttg pengalaman kena suspend.
    Saya sekarang lagi kena suspend di salah satu app ojek online, Mbak.
    Kalau boleh saya ingin tanya2 ttg “kelanjutan & prosesnya berapa lama”
    Tolong kabarin saya melalui email ini ya Mbak. Makasih sebelumnya.
    Email: worelouch@yahoo.com

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      hai fenny…ok nanti insya Allah aku buat postingannya ya. Sekarang sampe akhir April agak gak memungkinkan karena kerjaan di kantor lagi overload hihihi…terima kasih sudah concern untuk hal ini 🙂

      Like

  6. Meli Aprodita says:

    Nasib kita sama.
    akun saya baru kena suspen. katanya ada aktivitas yang mencurigakan.
    seingat saya kemarin saya pesen grab car ke ciputat buat keluarga, dan saya pesen grab nebeng karna msh ada urusan. saya pikir keluarga saya sudah sampai makanya bisa pesen grab nebeng tapi ternyata belum, saya juga tidak tau kenapa saya bisa pesan grab nebeng. mungkin karna itu.
    Saya juga tidak masalah gak diaktifin lagi, cuma ada grap pay nya, lumayan lagi.

    Liked by 1 person

  7. Wanto says:

    Saya rekomendasikan uber and gojek..krn aplikasi yg satu itu emang rese…saya sebagai penumpang juga kecewa..masa account penumpanv dibekukan..gara gara ganto hp trus account saya pindahkan ke hp lain..

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      mas Wanto terima kasih sdh mampir dan baca ya 🙂 Iya, di hp saya ada tiga2nya, jadi kalo satu bermasalah, masih punya back up yg lain. Pengennya juga ngapus Grab dari hp, cuma apa daya sesekali tetep masih butuh mas, walau hati ini sudah kuciwa hehe

      Like

  8. adi says:

    Mba Imel, setidaknya Mba memberikan konfirmasi cancel kepada driver lewat grabchat dengan alasan posisi driver jauh. kasian Mba driver kena cancel dari penumpang meski 3 kali itu bisa ga dapet bonus Mba. Sama-sama cari uang jadi sama-sama respect aja.

    Like

  9. awan says:

    Saya baru aja kena suspend.
    gara gara,saya meng cancel bookingan saya sebanyak 3 ×.
    saya pesan mobil xenia,avanza,atau innova….tapi yang menerima bookingan saya,malah agya,karimun,dn mobil mobil kecil yang lainnya.

    Terpaksa..karena tidak sesuai pesanan,maka saya cancel…
    sekarang…saya baru aja kena suspend….
    apakah saya salah,kalau saya meng cancel pesanan/booking yang tidak sesuai permintaan??

    Kenapa saya pesan Xenia,avanza,atau innova..?
    Karena saya memiliki anak 3 orang,beserta istri dan saya 2 orang.
    maka total jadi 5 orang,masa saya harus naik agya dan harus saling pangku ??

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo mas awan. Eh bener ya mas manggilnya? Btw sekarang memang sudah sangat jarang taxi online yang menggunakan avanza ataupun xenia. Dari ngobrol sama drivernya mereka memang sengaja memilih mobil2 yang cuma four seat begitu, karena kalo seven seats kayak avanza, ngangkutnya banyak mereka hanya dapat pemasukan yg tidak sebanding.

      Like

  10. Andre says:

    Saya juga kena penumpang yang di suspend, saya tanya call center grab.id khusus penumpang dan jawaban nya dikarenakan saya sering men cancel driver, saya tanya di twitter grab, admin bilang saya memakai banyak akun di 1 device, apakah itu ilegal?? Setau saya tidak, soalnya ada temen saya yg handphone nya mati tp di akun grab nya ada grabpay nya yg pasti lebih murah dan akhirnya saya logout dr aplikasi dan login kembali dengan memakai akun teman saya yg ada grabpay nya. Nah intinya saya ga tau klo sudah kirim naik banding kapan ada konfirmasi kejelasan nya kalo bisa aktif kembali akun saya di aplikasi device saya sendiri, ada yg tau kira kira brp lama proses setelah naik banding sampai bisa digunakan lagi akun nya. Terima kasih

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      setelah naik banding kayaknya lupain aja deh mas. DAn lebih baik mendaftar dengan no hp baru. Karena saya juga nunggu kejelasan naik banding tapi yah gitu deh, ga jelas juntrungannya. Akhirnya ganti nomor, alhamdulilah bisa lagi. Semoga membantu ya

      Like

Leave a Reply

