Susahnya tidak Ber-suudzon

Selama menjadi penumpang ojek online, kadang sering timbul penilaian-penilaian tersendiri dalam hati.

“Wah si abang kok tampangnya rebel gini ya? Mirip Iwan Fals jaman muda. Hmm…pasti deh ngebut nih cara bawa motornya”

atau

“Dih kok tampang si abang jutek semi cemberut gini? Wah kalo tipenya kagak ramah pasti gue dibawa kebut-kebutan di jalanan. ih jangan-jangan doi ada masalah ama istrinya di rumah? etc dll dsb dkk”

dan masih banyak lagi.

Padahal…penilaian-penilaian itu seringkali salah alias beda 360 derajat sama kenyataannya.

Tadi pagi saya dapat abang ojek online yang tampangnya mirip Iwan Fals masa muda.

gondrong

Kayak gini style si abang.Di balik helm ojeknya, saya masih bisa lihat tampang dan rambutnya. Gambar dari sini

Langsung serem gak pikiran kita kalo liat kayak gini? Serem dong ah. Selamat gak ya ekkeh sampe kantor kalo modelnya begini?
Daaaaan…..begitu motor mulai jalan, hingga akhirnya sampai di kantor, ya Allah……saya salah menilai. Si abang menuruti keinginan saya untuk gak ngebut. Cara bawa motornya safety banget, gak asal nyelip kalo dia rasa celah ga cukup di antara kemacetan Jakarta. Dan gak maen gas rem sembarangan ndut ndut-an gitu. Plus tiap lewat polisi tidur pasti pelan jalannya. Yah…saya udah suudzon berarti ya? Terus kalo udah gini, suka malu mau minta maaf ke orangnya langsung kalo kita udah salah menilai dia. Begitu turun, bayar, ucapin terima kasih, ngacirlah saya. Gak minta maaf, padahal rasa bersalah numpuk banget di dalam hati. Hiks hiks…..

Kebalikannya, saya sering dapat abang ojek ramah, bersih, senyum terus, eeeeh…ternyata di tengah perjalanan mesti diingetin 3x untuk gak ngebut. Belum lagi, begitu sampe di tempat tujuan, dengan tenangnya ia berkata: “bu, jangan lupa bintang limanya ya bu.” (maksudnya saya diminta untuk kasih rating bintang 5 alias Excellent).

*Haiyyaaa…..bintang lima dali Hong Kong? Lu main kebat kebut tidak pikil-pikil oe punya keselamatan sekalang lu tuntut nilai bagus? Haiyya….amsyong hooo…*Ā <– ini dalam hati doang sih ngomongnya. Di luaran sok senyum simpul sama si abang.

Don’t judge a book by it’s cover.

Jangan sering suudzon juga sama orang. Jalani dulu, baru menilai.

Duh, suudzon emang pe-er banget. Mana bulan puasa tinggal 3 hari lagi. Semoga di bulan penuh berkah itu, saya bisa setidaknya mengurangi suudzon dalam semua hal. Aslilah ini perkara paling susah, karena kadang memang terlintas begitu aja dan selalu dilakukan dalam hati. Semakin orang lain gak tau semakinlah suudzon dalam hati terkadang menggila. Kudu banyak istigfar sama piknik kayaknya nih saya, biar positive thinking terus sama beragam keadaan yang dihadapi.

Bismillah…….

Marhaban ya Ramadhan

Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya atas semua kata pikiran dan perilaku saya selama ini ya guys. Mari kita songsong bulan mulia ini dengan hati yang bersih.

ramadhan

gambar dari sini

 

Advertisements

5 thoughts on “Susahnya tidak Ber-suudzon

  1. astiitah.as says:

    emang susah kali yak, kalo nggak berburuk sangka ke orang karena tampilan luarnyaa, hehehe apalagi buruk sangka yg sering kejadian tuh yaa kalo mimik wajah orang aneh2 hahaha

    Like

    • imeldasutarno says:

      mbak makasih udah mampir dan baca ya. Iya suudzon mah emang penyakit hati yg paling susah diberantaslah mbak pokoknya hehe. Padahal udah ada peribahasa dont judge a book by its cover yeee tapi teteeeeeep aja….. ah manusia …..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s