Rabuk yang Gak bikin Mabuk

Bulan puasa selalu punya korelasi erat dengan makanan praktis binti kering-keringan. Iyalah cuuuy, mata masih ngantuk berats disuruh mikirin masak pas waktu sahur? Nehi nehi deh……cari praktisnya aja mendingan.

Kalau di rumah, sudah terbiasa sahur itu identik sama makanan cepat saji. Bukan fast food modelan KFC, Hokben dan sejenisnya ya maksudnya. Tapi misalnya rendang warung Padang. Cepat saji kan? Tinggal bawa uang goban ke warung Padang terdekat, dapet deh beberapa potong rendang nikmeh untuk sahur. Nah maksud cepat sajinya tuh kayak gitu.
Selain model rendang gitu, biasanya yang ada di meja gak jauh-jauh dari sambel goreng teri kacang, atau orek tempe. Makanan model-model gini kan sekali masak bisa tahan lama ye…jadi gak perlu puyeng tiap hari mikirin masak memasak buat sahur. Kalo mau super sehat bersayur-sayur, paling bikin bening bayam yang cepet. Atau tumis kangkung.

Nah mumpung masih bulan Ramadhan, saya mau bagi-bagi zakat resep makanan kering-keringan yang bisa jadi alternatif untuk lauk makan sahur.  Resep ini turun temurun dari nenek ke ibu saya, dan sekarang ke anaknya yang cantik rupawan ini. Kalo nama yang diberikan dari nenek: Ikan Rabuk. Padahal aslinya ini ikan suwir rica-rica, plek ketiplek mirip sama ikan suwir rica yang ada di setiap restoran Manado.
Entah kenapa dinamain rabuk….mungkin karena penampilannya persis kayak serpihan-serpihan pupuk/rabuk ya?

Ya sudahlah, ayo masuk dapaur. Kelamaan prolog bisa berakibat pembaca kabur mameeen…..

BAHAN-BAHAN:

  1. 1-2 Ikan tongkol atau kembung basah ukuran sedang. Sebenarnya bisa menggunakan ikan jenis lainnya, namun selama ini kembung dan tongkol yang the best rasanya. Usahakan ikan laut ya. Pernah coba pakai ikan lele/ikan sungai, rasanya malah bikin eneg. Nah kalau mau lebih praktis bisa juga menggunakan ikan tongkol cuek yang suka dijual di keranjang-keranjang itu.
    ikancuelayang

    gambar dari sini

     

  2. Minyak yang cukup banyak untuk menggoreng. Siapkan setengah liter atau lebih ya.


BUMBU HALUS

  1. 20-25 cabe merah keriting
  2. 1-2 buah cabe rawit gendut. Optional saja. Jika tidak ingin pedas, tidak usah dipakai.
  3. 4 siung bawang merah ukuran yang cukup besar.
  4. 1 sendok teh garam
  5. Ulek semua bumbu, atau jika ingin praktis blender semua bumbu dengan menggunakan minyak goreng jangan menggunakan air.

CARA MEMASAK

  1. Goreng ikan setengah matang. Atau jika menggunakan ikan tongkol cue keranjang, bisa juga dikukus.
  2. Taruh bumbu halus ke dalam cobek besar.
  3. Ikan dipisahkan dari tulangnya dengan bantuan garpu.

    Jpeg

    Jpeg

  4. Ulek ikan agar tersuwir-suwir dan tercampur dengan bumbu halus tadi. Aduk agar lebih merata.
    Jpeg

    Jpeg

    Jpeg

    Jpeg

  5. Panaskan wajan yang telah diberi minyak. FYI: untuk proses pemasakan ikan ini memang membutuhkan minyak yang agak banyak.
  6. Masukkan ikan yang sudah tercampur bumbu ke dalam minyak. Gunakan api kecil.
    Jpeg

    Jpeg

    Jpeg

    Jpeg

  7. Selama proses memasak, aduk terus hingga matang/kering. Jangan meninggalkan ikan seperti kalau kita goreng tempe ya. Harus terus diaduk, karena kalau tidak, maka ikan tidak akan masak merata/gosong sebagian.
  8. Jika di tengah proses penggorengan minyak terlihat habis sementara ikan belum mengering, tambahkan lagi minyak gorengnya.
  9. Setelah selesai, siap dinikmati bersama lalap timun atau tumis kangkung. Dimakan sebagai lauk bersama sop ayam juga enak loh. Cobain deh.
    Jpeg

    Jpeg

    Ikan rabuk ini bisa tahan 4-5 hari tanpa bolak balik dipanasin kalo mau dimakan. Selamat mencoba ya 🙂
    signature

Advertisements

4 thoughts on “Rabuk yang Gak bikin Mabuk

  1. ekadeffa says:

    Yang pernah saya makan rabuk kering kyk abon. . Awet sampai berhari-hari. Gimana ya mb itu caranya bisa kering kayak abon???

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s