JJS Ke Hutan Mangrove Pasir Mendit

Akhirnya………………

Bisa nulis lagi. Curi-curi waktu lagi. Magabut (lagi)……hahahaha…..
Gileee…rasanya udah berabad-abad blog ini dianggurin. Mau mulai nulis riweuhnya masya Allah. Anak udah mulai kelas 1 SD, jadilah emak bapaknya semakin sedikit punya waktu luang. Karena kalo malam kudu dampingin anak belajar sepulang kantor, apalagi kalo mau ada ulangan. Yah itu nantilah saya ceritain di lain waktu.

Sekarang mau mulai cerita sisa libur Lebaran kemarin. *udah mao lebaran deui neng…ceritanya udah ampir basi*
Pulkam dan jelong-jelong di kampung. OK,…mmm….mulai dari yang mana dulu ya? Pasir Mendit aja deh ya….
Hey apa itu? Semacam jajanan pasarkah? *itu kue mendut mbaknya….* *ngeces dewe*

mendut2

Mendut yang bikin ngeces. Gambar dari sini

Pasir Mendit adalah nama sebuah dusun di daerah Pantai Congot Kulonprogo, Yogyakarta. Deketlah dari rumah almarhum eyang Alun dan Lintang, makanya kita akhirnya jjs ke sini aja di suatu sore. Kalau mau cari koordinatnya di Goole Maps, bisa ketik ” “hutan mangrove pasir mendit”. Masuknya ke arah pantai Congot, nanti ada plang penunjuk menuju kawasan wisata ini. Walau jalannya kecil, tapi mobil bisa masuk. Setelah parkir, kami yang kebetulan 2 dewasa dan 3 anak kecil hanya dibandrol Rp12,000 oleh petugas parkir. Itu sudah biaya parkir plus tiket masuk ya.

Jpeg

Jpeg

Daerah ini mendadak terkenal karena di sana ada hutan mangrove (yang oleh netizen foto-fotonya diupload ke sosmed), yang kemudian oleh Pemda setempat dikelola dan akhirnya menjadi tempat wisata. Mirip seperti hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk Jakarta. Berdasarkan sumber dari internet, objek wisata ini mulai terkenal di awal 2016.

Hutan mangrove ini berada di area yang sama dengan tambak udang milik warga. Jadi tak heran jika kita harus melewati beberapa kolam tambak udang milik warga untuk menuju ke hutan. Dan jika kita terus berjalan, maka akan sampai di pinggir pantai pasir Kadilangu.

Jpeg

Tambak udang warga

Jpeg

Jpeg

Wisata mangrove ini memang menyediakan keindahan untuk dipandang mata. Ada beberapa jembatan yang disediakan bagi pengunjung untuk menyeberangi kawasan hutan dan semuanya terbuat dari kayu. Hmm..untung waktu sore-sore kami ke sini pengunjung tidak terlalu banyak. Gak kebayang kalau banyak dan semua menumpuk mau selfie di jembatan, bisa-bisa roboh deh.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Dan objek ini kental sekali mengusung tema romantisme bagi para muda mudi baik yang pacaran maupun yang jomblo. Di mana-mana terpasang plang yang berisi tulisan yang gak jauh-jauh dari patah hati maupun sebaliknya yaitu semangat untuk para jomblo agar move on. Misalnya: Goa sama Lo, plesetan dari gue sama lo maksudnya. Kemudian misalnya: temukan jodohmu di sini, lupakan mantan-bahagia di sini. Di beberapa spot foto pun ada bentuk hati yang dirangkai dari bunga-bunga.

Tidak ada wahana permainan di sini. Tempat ini memang hanya untuk refreshing sembari menikmati hijaunya tanaman bakau. Kebanyakan muda mudi datang ke sini untuk berselfie ria karena memang tempatnya lumayan instagramable. Sayangnya, beberapa tempat yang selayaknya dijadikan tempat istirahat berupa saung…..hanya terdiri dari bambu-bambu yang disusun asal dan ditutupi plastik hitam sebagai atap atau terpal ala kadarnya. Penampakannya tidak terawat. Kurang sedap juga dipandang mata. Mudah-mudahan ke depannya Pemda Kabupaten Kulonprogo semakin merawat dan menghias kawasan ini menjadi lebih bagus dari segi sarana dan prasarananya.

Jpeg

Jpeg

 

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Oiya, kawasan ini tidak diperuntukkan sampai malam hari. Lebih baik ke sini pagi-pagi sekali atau sore. Jika siang, dijamin panas terik. Selamat berkunjung 🙂

*artikel dimuat di http://theurbanmama.com/articles/rekreasi-ke-hutang-mangrove-pasir-mendit.html#comment-44626 tanggal 27 Agustus 2016

signature

Advertisements

2 thoughts on “JJS Ke Hutan Mangrove Pasir Mendit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s