Menginap di Ndalem Katong

Trip lebaran tahun ini diisi dengan rute: Jakarta-Wates. Wates-Pacitan. Pacitan-Ponorogo. Balik lagi ke Wates 2 hari, trus lanjut Wates-Ngrambe. Beres Ngrambe baru balik ke aslinya kehidupan sesungguhnya a.k.a Jakarta. Hehehehe…..

Alhamdulilah tahun  ini banyak kesempatan untuk ngebolang. Semua dilalui pakai jalan darat. Khusus kali ini ingin membahas di Ponorogo. Perjalanan dari Pacitan ke Ponorogo, mata ini benar-benar dimanjakan hanya dengan pemandangan alam berupa deretan perbukitan hijau, hutan, dan sungai. Sayang saya gak sempat foto-foto, berhubung krucils udah pada tidur di dalam mobil. Jadi kalopun pak suami mau motoin saya *tetep harus ada saya dong ya di frame foto* kasian ninggalin anak-anak tidur begitu sendirian.

Sesampainya di Ponorogo kami keliling dulu ke beberapa rumah teman pak suami. Memang sejak awal niatan pak suami adalah melakukan napak tilas ke kota tempat ia lahir dan tumbuh dewasa hingga SMA. Karena tiba di Ponorogonya juga sudah siang menjelang sore, setelah wara wiri ke beberapa rumah teman pak suami, kami kemalaman. Pak suami bilang bisa saja kita menginap di rumah temannya, tapi demi keleluasaan dan kebebasan, maka kami memilih penginapan saja.
Dari salah satu teman, pak suami direferensikan ke sebuah guest house. Namanya Ndalem Katong.

Jpeg

Jpeg

Guest house ini lokasinya di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Batoro Katong nomor 34. Terlihat sempit dari luar. Namun begitu masuk ke dalam, melalui sebuah pintu yang muat untuk ukuran satu mobil………….wow…….luaaaaas!  Bagian dalamnya ternyata luas. Saking luasnya, kita bisa parkir mobil di depan kamar tempat kita menginap.

Jpeg

Sampe bisa parkir mobil di depan kamar penginapan

Guest house ini memiliki beberapa tipe kamar mulai dari standar hingga VIP. Karena kami hanya butuh menginap semalam dan memang gak nyari fasilitas mewah, kami memilih standar room saja. Dalam standar room tersedia dua buah bed, kamar mandi (tanpa air panas), meja rias, air mineral, AC, TV kabel, plus pagi dapat sarapan. Ndalem Katong ini di design se Indonesia mungkin. Jangan bayangkan ornamen-ornamen Western modern minimalis di sini. Yang ada sebaliknya. Sprei tiap kamar sengaja berbatik ria. Dalam kamar mandi bak air adalah semacam gentong gerabah. Tentu ada shower, namun si gerabah ini menjadi ciri khas Indonesia dalam kamar mandi di Ndalem Katong.

Jpeg

bed dan seprai  motif batiknya

Jpeg

Gentong gerabah sebagai bak penampung air di kamar mandi

 

Jpeg

Kursi kayu di tiap teras kamar

Jpeg

sulur-sulur akar menambah kekhasan gust house ini

Jpeg

Jpeg

Ditambah adanya lampu petromaks jaman dulu yang menjadi semacam hiasan di depan kamar untuk kelas VIP. Kursi dan meja di teras depan masing-masing kamar adalah kursi kayu khas Indonesia.

Jpeg

Lampu petromaks di depan kamar VIP

 

Jpeg

di lorong kamar VIP, numpang mejeng doang 🙂

Jpeg

Jpeg

Untuk kamar standar yang kami inapi, harga per malamnya adalah Rp250,000. Untuk VIP Room mencapai sekitar Rp400,000. Jika ingin minum soft drink juga tersedia dan harganya gak mahal kok.
Jpeg

Daftar harga minuman yang bisa dipesan
Sarapan yang tersedia adalah nasi+ayam goreng lengkap dengan sambel dan lalap. Atau pilihan kedua adalah nasi pecel khas Ponorogo.

Jika berkunjung ke Ponorogo lagi nampaknya kami ingin kembali menginap di sini. Seperti slogannya di website “Senyaman di Rumah Sendiri”, guest house ini recommended bagi kita-kita yang suka sama suasana yang asri dan tradisional. Pelayanan para petugasnya pun ramah. dan yang paling penting, harganya enggak mahal kok :). Lengkapnya bisa liat di websitenya ya http://www.ndalemkatong.com/

*artikel ini dimuat di http://theurbanmama.com/articles/menginap-di-ndalem-katong-ponorogo.html

signature

Advertisements

2 thoughts on “Menginap di Ndalem Katong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s