Tips Piknik di Pantai Klayar

Mau posting apa ya hari ini? Hmmm….kasih tips aja deh. Tips kalo mau jalan-jalan ke Pantai Klayar di Pacitan itu. Karena sudah punya pengalaman ke sana, boleh dong ya mbak cantik unyu ini berbagi tips untuk khalayak masyarakat sekalian? Yuk monggo :

  1. Jangan pernah main air apalagi berenang. Termasuk selfie-selfie di tempat yang sudah jelas-jelas dilarang. Kebiasaan orang kita ya, makin dilarang, malah makin tertantang. Mau nantangin ombak di Klayar? Sok mangga kalo pengen kayak di berita ini mah. Pantai ini kan ombaknya ganas n gede, jadi plis atuh gunakan logika sederhana aja bahwa dengan kondisi kayak gitu ya jangan coba-coba untuk melanggar aturan. Khusus banget buat yang bawa anak, extra ketat diawasi ya guys.

    drowning-hands

    gambar dari sini

  2. Kalau pengen makan seafood enak bukan di sini tempatnya. Dan kalau masih ngebet ngiler….mendingan cari lokasi pantai di lain daerah aja. Di Klayar memang tidak ada yang menjual aneka hidangan seafood. Hampir semua warung makan malah menyajikan menu seperti mie instant, nasi rames atau bakso/mie ayam.

    no_seafood_sign

    gambar dari sini

  3. Sebelum berangkat ke Klayar, cek ricek lagi aneka perlengkapan kamu termasuk peralatan mandi. Kenapa? Karena di Klayar kita gak bakal ketemu Alfamart/Indomart. Satu-satunya pasar terdekat dari pantai adalah Pasar Kalak yang jam bukanya juga terbatas (menjelang sore juga pedagang udah siap-siap tutup). Ini kejadian banget sama saya pas main ke Klayar kemarin. Untung di kedai makan dekat penginapan, ibu-ibu penjualnya masih ada stok sabun mandi+sikat gigi+sampo+odol. Udah gak mandang merk apa lagi waktu itu, langsung cuss beli ama si ibu.
  4. Masih nyambung sama nomor tiga, warung makan di area ini kebanyakan tutup cepat alias gak sampai malam banget. Jadi sebisa mungkin isi perut alias makan malamlah secepatnya ketika maghrib menjelang malam. Supaya gak ribet nantinya kelaparan. Sisanya kalo masih kelaperan juga kan bisa nyemal nyemil snack aja.
  5. Kalau mau menikmati dan berharap bisa ada keriaan sampai menjelang pagi macam di pantai-pantai di Bali atau Pangandaran, bukan di sini tempatnya. Listrik gak disediain sama Pemda untuk para pedagang di bibir pantai. Akibatnya, maghrib menjelang, aktivitas di sepanjang pantai pun selesai. Gelap gulita. Bukannya keriaan, yang ada malah suasana horor diiringi gemuruh debur ombak nan ganas yang terdengar sampe ke penginapan.

    cfls-poor-light-penetration1

    gambar dari sini

  6. Kalo pas dapat parkiran di atas, bukan dekat bibir pantai, siap-siap ngos-ngosan pas jalan naik kembali ke parkiran. Karena area pantai ini lumayan menukik ke bawah dari jalan utama. Tapi tenang…banyak ojek gocengan yang siap mengantar kalian naik ke atas, jadi gak perlu kehabisan nafas dan tenaga. Nah ini jalan yang cukup menukik itu:
    tempat-wisata-di-pacitan

    gambar dari sini

    7. Kalo milih penginapan, ga usah yang pake fasilitas TV Kabel. Pan kite mao maen di pantai, bukan mantengin acara tipi yak? Rada rugi aja kalo kita kudu bayar penginapan rada mahal hanya gegara tu penginapan ada fasilitas TV kabelnya, yang jelas-jelas kita gak perlu apalagi untuk liburan short time ke pantai. Eits tips ini sih menurut saya berlaku untuk semua pantai, enggak cuma Klayar aja.

    8. Yang paling penting untuk kelancaran komunikesyen….pastikan provider yang kalian pakai adalah Telkomsel. Karena cuma itu yang ada sinyal di Klayar. Sisanya wassalamualaikum warahmatulahi wabarokatuh. Eits ini bukan tulisan sponsorship atau apalah apalah ya, cuma menceritakan tips based on reality di lapangan loh. Aduh, kalo saya beneran jadi buzzernya Telkomsel mah akika bukan cuma nulis Klayar doangan kali, tapi liburan ke Maldives atau Honolulu *minta dilempar petasan banget orangnya.
    Thanks to mbak Nia yang sudah mengingatkan soal sinyal ini, sehingga wajib buat saya mengupdate tulisan ini. Soal sinyal Telkomsel pun baru-baru ini aja menjangkau Klayar. Di sisi kanan kiri jalan sepanjang Klayar kita bisa temui beberapa spanduk yang inti teksnya menjelaskan bahwa sekarang Telkomsel udah sampe sini loh sinyalnya.

     

    Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan seputar mengunjungi pantai Klayar. Mudah-mudahan bermanfaat ya.
    signature

20 thoughts on “Tips Piknik di Pantai Klayar

    • imeldasutarno says:

      mbak nia, iyaaaaa eikeh lupa soal yg satu ini. Langsung aku update tulisannya di point 8 dan thanks to you banget ya mbak untuk tambahannya :). Haaa? gak sekalian ditempel ke antena parabola aja tu hape biar sinyalnya lebih kuat maksimal? Wahahahaaha……

      Like

  1. Hello its me, Wabbit says:

    belom baca udah senewen liat gambar orang kelelep :’)) penginapannya tuh yang rumah rumah deket bibir pantai yang ada di foto terakhir bukan? kok di pantai gak bisa makan seafood 😦 belom dateng udah kecewa :))) (pendatang banyak mau)

    Like

    • imeldasutarno says:

      halo mba tasha…jumpa lagi dengan meisyi kembali *lagunya lawas. Ahahaha jangan senewen atuh, intinya mah gak usah neko2 sok berani nantang ombak. Ikutin aturan aja di Klayar, insya Allah aman.Penginapannya iya ada di sekitaran jalan menuju bibir pantai spt foto terakhir (itu foto orang juga mbak, kalo foto penginapan yg kupake kemarin fotonya ada di artikel Ngebolang ke Pantai Klayar). Soal seafood iyah saya pun kecewah pemirsah, tapi apa daya……. Makasih udah baca ya mbak

      Like

    • imeldasutarno says:

      keren banget bebatuannya itu loh mbak. Makanya banyak orang pergi ke sana padahal gak bisa berenang samasekali di sini. Mudah-mudahan suatu saat mbak bisa liburan ke sana ya. Salam kenal mbak, terima kasih sudah mampir dan baca 🙂

      Like

    • imeldasutarno says:

      halo bloggergunung…makasih udah mampir dan baca. Ada kok tiket masuknya. Sepuluh ribu rupiah per orang. Bisa baca selengkapnya di postingan saya berjudul Ngebolang ke Pantai Klayar. Salam kenal ya 🙂

      Like

Leave a comment