Jawilan Blogger: Serunya Nulis based on Pertanyaan

Kemarin saya baca postingan mbak Ety Abdoel soal jawilan blogger. Sebagai newbie amatiran binti geje begini, boleh ya ikut-ikutan meramaikan tradisi penjawilan ini 🙂 Sungkem dulu sama mbak Ety.

Nah berikut pertanyaan-pertanyaan di jawilan itu:

1. Siapakah nama guru SD yang pertama kali teringat? Dan apa cerita asik tentang beliau?
Pak Bachtiar. Dia guru Matematika waktu saya pindahan SD, dari SD di daerah Kalimantan Barat ke Bogor. Kenapa dia yang keingetan? Karena saya yang bego matematika ini, jadi bisa berkat penjelasan beliau. Orangnya jauh dari killer. Entah kenapa, dijelasin mengenai pembagian, KPK dll, langsung mudeng kalau sama beliau. Orangnya selalu pake kemeja lengan pendek, rapi, kacamata dan rambutnya klimis belah pinggir. Sebagai murid baru di SD itu, saya merasa senang dan gak stress belajar matematika. Waktu beliau dimutasi entah ke SD mana, sekolah mengadakan perpisahan khusus, dan anak-anak perempuan termasuk saya nangis udah mirip sinetron-sinetron gitu. Saking gak mau pisah dari beliau banget. Karena waktu itu di mindset juga kebayang-bayang, duh nanti penggantinya bakal seramah dan sejelas beliau gak ya ngajarinnya?

2. Siapakah nama teman SMP yang teringat pertama kali dan apa cerita asik tentangnya?
Juni Setiorini. Dia adalah teman sebangku saya yang pertama waktu kita baru masuk SMP. Anaknya jago main volley walau posturnya pendek, dan juga jago main gitar. Untuk ukuran anak SMP, seorang cewek main gitar tuh udah wuah banget buat saya. Kami berteman akrab selama di SMP. Sempat hilang kontak pas masing-masing sudah SMA dan kuliah karena jaman dulu gak ada internet apalagi pesbuk. Sekarang hidupnya prihatin: ibu bekerja di sebuah pabrik manufaktur, dengan gaji yang pas-pasan dan harus menopang keuangan keluarga sendiri karena suaminya tiba-tiba tahun lalu kena stroke. Anaknya dua orang, perempuan semua dan masih sekolah dengan biaya yang tidak sedikit. Dengan kondisi keprihatinan, dia tetap semangat dan selalu percaya Tuhan pasti menolong dia even di detik-detik terakhir dia butuh uang misalnya. Uang untuk bayaran anak sekolah, uang untuk kontrol suami ke dokter dan beli obatnya, uang untuk beli beras sehari-hari. Gak ada hari libur buat Juni. Senin-Jumat berjibaku kerja kantoran, urus rumah juga, urus anak-suami. Sabtu-Minggu jualan kecil-kecilan di depan rumah aneka makanan dan kue basah untuk nambah-nambah finansial keluarga. Dari jaman kenal di SMP sampai detik ini, ibadahnya kuat. Gak pernah putus ke gereja, ikutan sekolah minggu, kebaktian, sesibuk apapun dia. Saya gak tau kalo saya ada di posisi dia mungkin saya udah nyerah, bendera putih atau mungkin yang ekstrem bunuh diri sekalian kali ya? Tapi saya sangat salut sama Juni….dia tetap kuat karena selalu percaya Tuhan akan selalu menolongnya.

3. Apakah kuliner di luar kotamu yang teringat pertama kali, di mana lokasinya dan  apa keistimewaannya?
Paket nasi putih ikan laut di Lesehan Bukit Indah. Itu di Pacitan-Jawa Timur. Istimewa menurut saya karena nasi+ikan laut layur+sambel disajikannya dengan urap sayur dan mie goreng. Perpaduannya unik ya? Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini ya.

4. Pernah baca koran edisi cetak sebulan terakhir ini? Kalau pernah apa nama korannya dan bacanya di mana?
Pernah….Kompas. Beli di tukang koran pas hari Sabtu. Bacanya di rumah dan gak pernah bisa sampai tuntas karena krucils dengan sigap akan menyeret emaknya untuk main bersama mereka ketimbang membaca. Duh Gusti…how i miss baca koran atau buku *nangis sambil nutup mulut pake tangan, kayak adegan sinetron.

5. Jika kamu sempatkan meletakkan gadgetmu, kemudian melihat sekeliling di tempat umum, apakah kamu melihat keberagaman (manusia) yang ada? Apapun jawabannya , maka apakah yang ada dibenak mu melihat hal ini?
Yes! Beragam manusia, beragam style berpakaian. Dari yang biasa-biasa aja, sampe yang bikin bengong dan bikin kita mikir yang enggak-enggak, hahahaha….ketauan banget orangnya demen rumpi yee makanya begitu ngeliat yang gak beres dikit cepet bener reaksinya. Kadang kalo liat ada perempuan pake baju kebuka punggung di mall misalnya suka mikir: itu apa enggak masuk angin ya pakaiannya kayak gitu? Trus suka mikir gimana kalo saya yang ada di posisinya dia? Apakah saya bisa sebetah itu atau enggak?
Ah sudahlah….gejala-gejala rumpi udah mulai keliatan kalo diterusin ini mah……

6.Apakah angkutan umum terakhir yang kamu naiki, Asik ga sih perjalanan mu?
Terakhir naik angkot ke supermarket dekat rumah. Yang pasti gak seberapa asik, karena angkot yang seliweran dekat rumah saya mah terkenal berebutan penumpang. Karena jumlah mereka lebih banyak dari jumlah penumpang, seringnya main kebut-kebutan dan salip-salipan. Makanya itu juga yang bikin males naik angkot jaman sekarang. Mending naik ojek online hehe….

7. Apakah pagi ini kamu sempat melihat matahari terbit? Kenapa?
Semenjak anak saya SD, sudah pasti setiap pagi, walaupun enggak ngeliat langsung di teras luar gitu ya. Kenapa? Karena saya selalu bangun jam 04.45 WIB (kecuali Sabtu-Minggu) untuk siapin anak ke sekolah. Tadi pagi sudah pasti masih dapet matahari tersebut dong ya 🙂

Nah itulah 7 pertanyaan jawilan blogger yang kudu dijawab. Asik juga nulis kayak ginian. kalian berminat jugakah?
signature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s