Bebas Debu dengan Produk Vacuum Nomor Satu

[SPONSORED POST]
Yang namanya jadi working mom, soal membersihkan rumah terkadang menjadi pe-er tersendiri. Walau sehari-hari dibantu Asisten Rumah Tangga, tapi ART memang hanya saya tugaskan untuk membersihkan yang keliatan di mata saja, seperti menyapu lantai dan melap debu di beberapa tempat sepeti lemari, meja, dan rak buku. Karena fokus utama ART ini sebenarnya mengasuh anak saya, bukan beres-beres rumah.

Nah, bukan tidak mungkin masih banyak spot-spot yang tidak dibersihkan sehari-hari. Misalnya saja debu di sudut-sudut ruangan yang tertutup rak atau lemari, ventilasi udara/kawat nyamuk, debu di atas kasur, dan juga sofa. Duh sejujurnya ini mengganggu sekali loh, ibu-ibu. Karena namanya kotoran sudah tentu membuat risih jika tidak dibersihkan ya. Mau membersihkan secara manual dengan peralatan sederhana seperti pemukul kasur yang terbuat dari rotan dan juga sapu nampaknya sedikit sudah untuk dilakukan. Pemukul kasur gak efektif karena begitu dipukul debu malah beterbangan ke mana-mana, walah malah bikin batuk dan bersin-bersin dong. Begitu pula sapu manual, sulit nampaknya buat membersihkan sudut ruangan. Kalau sudah begini, malah misuh-misuh sendiri, bukannya hepi-hepi ya.

sapu-ijuk
Lalu bagaimana ya biar rumah kita bersih kinclong dengan melakukan langkah-langkah yang praktis saja?

Di tengah kegalauan saya, alhamdulilah saya diundang oleh The Urban Mama untuk menghadiri #TUMLuncheon, dengan acara utama talkshow yang bertema “Clean House Happy Family”, dan didukung oleh Electrolux Indonesia. Wah dari temanya saja, nampaknya cocok nih buat saya. Dan sayapun hadir pada acara ini.
Bertempat di The Hook Cafe n Resto pada tanggal 29 Oktober 2016, talkshow ini menghadirkan 2 orang narasumber.

Yang pertama adalah mbak Diana Pratiwi atau yang akrab dipanggil mbak Montje. Beliau adalah salah satu penulis TUM Expert, ibu satu anak, interior designer, juga sebagai dosen di LA SALLE College. Beliau ini juga punya Guest House di rumahnya di Bandung loh. Wow, seabrek ya aktivitasnya.

Jpeg

Mbak Montje

Dari beliau, kami peserta talkshow  mendapat knowledge bahwa membersihkan rumah itu mesti progresif loh. Artinya dalam melakukan pembersihan ada peningkatan dari alat-alat yang dipergunakan. Jaman dulu mungkin kita butuhnya cuma sapu dan kain lap serta kain pel saja. Nah sekarang, sudah gak jaman cuma pake sapu aja. Pakai vacuum cleaner misalnya, terutama untuk bisa membersihkan semua kotoran termasuk yang di sudut dan yang sulit dijangkau. Mbak Montje ini guest housenya bersih banget loh, padahal gak pake bantuan ART. Every detail benar-benar diperhatikan, sampai debu menempel di atas TV pun wajib dibersihkan, demi kenyamanan para pengunjung yang menginap. Beliau hanya membersihkan sendiri dibantu house cleaning service yang dipanggil setiap minggu atau setiap sebulan sekali. Guest house beliau mendapatkan 5 stars review dari para customernya loh! Keren kan? iiih jadi bikin saya iri deh….
Balik lagi ke vacuum cleaner, menurut beliau 5 items terpenting yang perlu divacuum adalah: kamar tidur termasuk memvacuum kasur, sofa ruang tamu, decoration display, ruang bermain anak/karpet, dan terakhir rak/lemari.

Jpeg

Peserta yang antusias, dipandu moderator Mbak Rahmi

Narasumber kedua adalah mbak Marsha Tungka, Product Manager of Small Appliances dari  PT Electrolux Indonesia.

Jpeg

Marsha Tungka (kiri) dan Mbak Montje (kanan)

Mbak Marsha yang cantik ini, menjelaskan bahwa selama ini mindset masyarakat tentang vacuum adalah: cuma bisa dipakai di karpet, susah dipakai, dan susah dibersihkan. Padahal semua itu tidak benar.
Electrolux memiliki beraneka ragam jenis vacuum cleaner yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi dan kebutuhan. Mulai dari vacuum yang dipakai di area kering seperti lantai, kasur dan dinding, gorden, sampai vacuum untuk area basah seperti untuk memvacuum halaman rumah kita. Wah area basah? Asli loh saya baru tau kalau ternyata ada jenis vacuum yang seperti ini!
Selama 100 tahun ini Electrolux telah berinovasi untuk menciptakan aneka ragam vacuum cleaner yang menyesuaikan dengan kebutuhan para konsumen.

Saat ini Electolux memiliki 10 jenis vacuum cleaner yang kategorinya terbagi menjadi 4 tipe, yaitu  Canister Bagged (dengan kantong debu), Canister Bagless (tanpa kantong debu), Wet n Dry (bisa dipakai indoor maupun outdoor), dan tipe Stick.
Dijelaskan pula bagian-bagian terpenting dari sebuah vacuum yaitu:
Nozzle. Ini adalah bagian yang berfungsi untuk mengisap debu.
Tube (pipa) dan Hose (selang).
– Filter: ini adalah bagian untuk memisahkan partikel debu dengan aliran udara. Yang juga perlu diperhatikan adalah saringan HEPA-nya yang harus baik, yang membuat debu tidak keluar lagi dari vacuum.
– Motor. Merupakan komponen utama. Nah vacuum Electrolux ada loh yang memiliki suara dengan tingkat kebisingan sangat rendah, sehingga sangat cocok buat keluarga yang masih memiliki anak bayi.

Nah inilah gambar dari beberapa jenis vacuum cleaner Electrolux tersebut

rsz_electrolux10003

Canister tuh yang kayak gini. Ini yang jenis mobile. Mudah disimpan, gampang dipindah ke mana-mana

 

rsz_electrolux10004

Ini yang kebisingannya rendah. Cocok untuk yang punya bayi

 

rsz_electrolux10006

Yang kanan bisa untuk membersihkan area basah loh!

rsz_electrolux10007

Tipe Stick. Cocok untuk apartemen ataupun rumah kecil

Khusus vacuum yang rendah suara kebisingannya, filter HEPA yang digunakan tidak hanya bisa menangkap partikel debu yang sangat kecil dan partikel pemicu alergi, tapi juga membantu membersihkan pembuangan udara hingga 99%. Jadi buat yang sensitif dan alergi debu, akan merasa lebih nyaman. Vacuum cleaner Electrolux sudah mendapat sertifikat dari Jerman sebagai vacuum yang bisa mengisap hingga 99,9% debu, dan hanya 0,01% debu yang lolos. Wow bayangin betapa bersihnya kalau kita memvacuum dengan vacuum Electrolux ya? Gak cuma itu, di Indonesia sendiri, semua rangkaian vacuum cleaner Electrolux telah mendapatkan  TOP BRAND AWARDS setiap tahun, mulai 2010-2015.

Kemudian mbak Marsha juga memberi beberapa tips memilih vacuum cleaner yang tepat, di antaranya:

1. Pilih sesuai tempat tinggal kita. Kalau kita tinggal di apartemen atau rumah yang cenderung kecil bisa pakai tipe Stick, sedangkan rumah yang besar bisa pakai tipe Canister.

2. Pilih metode membersihkan rumah. Kalau mau bersiiiih banget, bisa pakai tipe Canister. Kalau mau bersihin rumah sukanya cepet-cepetan bisa pakai tipe Stick.

3. Identifikasi rutinitas kebersihan Anda. Kalau mau setiap hari memvacuum maka gunakan tipe Stick yang praktis. Kalau sekali seminggu bisa pakai tipe Canister.

4. Pilih bentuk pengisap debu Anda. Mau pakai yang bagged atau yang bagless.

5. Identifikasi tipe lantai rumah Anda. Misalnya kalau lantai rumahnya dari marmer/keras, pakailah tipe Canister.

6. Identifikasi gaya hidup Anda. Misalnya kalau punya bayi di rumah, gunakan tipe yang suaranya rendah kebisingan.

Setelah itu ada sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias. Hampir seluruh peserta pada semangat bertanya loh. Beberapa pertanyaannya :

1. Semua vacuum cleaner Elextrolux ini wattnya berapa besar?
Jawab: berkisar antara 400-1.600 watt

2. Satu kantong debu, bisa dipakai berapa kali penyedotan?
Jawab: vacuum Electrolux memiliki indikator loh di kantong debunya. Jadi kalau sekiranya sudah mendekati penuh, ada indikator berupa lampu yang menyala.

3.  Kalau kebutuhan di rumah kita kompleks, punya bayi, punya hewan peliharaan, ada halaman yang mesti dibersihkan, nah bagusnya pakai tipe apa?
Jawab: memakai tipe Canister yang paling tepat menjawab semua kebutuhan.

4. Filter vacuum apakah sebaiknya dicuci setelah beberapa kali digunakan?
Jawab: sebaiknya jika sudah penuh, diganti saja jangan dicuci. Karena based on experience konsumen, mencuci filter dan memakainya kembali bisa memperlambat kerja motor.

5. Garansinya berapa lama?
Jawab: Garansi produk Electrolux adalah 1 tahun, sementara life spend produk sendiri rata-rata di atas 5 tahun.

6. Aftersales servicenya gimana?
Jawab: bisa ke websitenya yaitu www.electrolux.co.id, melalui telepon toll free ke 0804-111-9999, melalui email di customercare@electrolux.co.id, dan juga bisa via Whatsapp loh di nomor 081280888863. Tuh mudah banget kan channel komunikasi buat para konsumen?

Setelah mengikuti talkshow ini, saya  jadi lebih pede dan udah gak galau lagi. Membersihkan rumah sampai debu di sudut-sudut pun bisa tetap dilakukan dengan nyaman dan gak usah takut lagi sama bersin akibat kena debu yang beterbangan pas kita ngebersihin pakai alat-alat manual. Langsung berencana beli vacuum cleaner Electrolux yang Ultra Silencer Green deh (karena rumah saya tipe middle/sedang dan pengennya pas lagi pakai vacuum gak berisik hihi…).
Biar bagaimanapun, rumah yang bersih bakal bikin penghuninya nyaman dan betah. Aktivitas apapun yang dilakukan dalam rumah entah bermain, belajar, atau sekedar nonton TV bareng-bareng di sofa, tetap menyenangkan.
Clean house means happy family 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s