Numpang Minum Gratis

Sebagai orang kantoran, kita sudah pasti ikrib dengan yang namanya makan siang di luar ya. Bosen gitu loh kerja dalam kantor, masa makan siang juga kudu dalam kantor?

Kecuali kepepet banget sama deadline dan pengen nyambi maen Pesbuk ama Instageram, barulah kita tetep stuck di bangku kerja masing-masing ya. Off course sambil jari jemari lincah di laptop, ga lupa suapin nasi ke dalam mulut. Multitasking gitu.

Ngomong-ngomong soal makan siang, ya namanya pun makan siang di luar, pasti kudu siapin uang buat beli makan plus minumannya ya. Etapi ada loh, pernah suatu kali saya janjian makan siang sama teman sekolah yang kebetulan sama-sama kerja di Jakarta dan kita beda perusahaan (tapi jarak kantornya deketan), trus kita cuma makan di warung Padang biasa aja. Bukan makan mewah di mall atau resto ternama gitu. Pas sampe di warung, saya liat dia bawa tupperware bentuk gelas bertutup gitu. Trus sesudah kita pesan makanan masing-masing, pelayannya nanya: “mbak mau minum apa?” Saya spontan bilangΒ teh botol dingin. Karena cuaca pas siang itu panas banget, emang paling endang kalo minum teh dingin yes?

Nah pas si uda pelayan nanya ke temen saya, dia jawab: “saya minta es batu aja di gelas ya.” Dan setelah si uda datang dengan pesanan es batu itu, teman saya tinggal nuangin air putih yang dia bawa dari tupperware itu ke gelas berisi es. Jadilah air es.
Pas kita berdua udahan makan dan BS-BS (Bayar Sendiri-Bayar Sendiri), teman saya cuma disuruh mbayar makanannya aja. Si uda bingung mau ngehargain tu es batu berapaan.

Minum gratis.

Gak tau ya….apa saya aja atau masih banyak umat di luar sana yang mengalami perasaan yang sama ketika melihat itu terjadi di depan mata: ada rasa salting dan gak enak pas ngeliat reaksi muka pelayan warung pas ada pengunjung yang cuma minta es batu gratisan kayak gitu. Jauh di lubuk hatinya si pelayan mungkin ngarep banget supaya setiap pengunjung beli minuman juga, satu paket lah ama makanan. Bukannya makan doang trus minumnya nebeng gratisan model begitu.
Entah kenapa malah saya yang jadi kayak gak enak ati dan salting ama si pelayan, karena ngeliat kelakuan temen saya itu.

free-stuff

gambar dari couponchristine.com

Dan kejadian di atas berulang lagi ketika saya makan kedua kali dengan teman yang sama, di kedai yang berbeda. Tetep yeee kelasnya kedai atawa warung, kagak pernah nyentuh resto mahal *miskin detected.
Si teman sekali lagi hanya pesan es batu segelas karena ia sekali lagi bawa tupperware berisi air putih dari kantornya. Yang saya perhatiin, si teman ini gak canggung samasekali loh, santai aja minta es batu, dan menyisakan saya yang justru jadi salting ngeliat perilaku dia.

Ada yang pernah ngalamin begini? Kalo kalian jadi si empunya rumah makan, gimana rasanya ngadepin pengunjung seperti ini? Kita cerita di komen yuk πŸ™‚
signature

20 thoughts on “Numpang Minum Gratis

    • imeldasutarno says:

      halo mbak, makasih udah mampir dan baca. Sejujurnya sih iya ya mbak. Aku open discussion begini karena pengen denger pendapat temen-temen lain, siapa tau malah aku yg aneh gitu alias kebalikannya hehe.

      Like

  1. damarojat says:

    wah…parah juga ya. jangan sampe lah kita seperti itu. paling ga ya pesan minuman apa lah, es teh ya boleh, trus nambah es batu.

    kalo saya jadi pemilik warung? mmm…diapalin aja kali ya. lama-lama dikasih harga. πŸ˜€

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo mbak diah, makasih udah mampir ya. Nah itulah mbak, saya juga mikirnya gitu, pesen apa kek walau yang termurah sekalipun, untuk mengapresiasi yang punya warung ya. Wahaha gawat nih kalo pemilik warungnya kamu mbak, langsung diapalin ya model orang2 kayak gini hehehe….

      Like

  2. mrs muhandoko says:

    Akuuu akuuu akuuuu salah satu pelaku yg suka gitu. Hayolo ketauan ngomongin ekeh. Hahaha. *salim dulu sama kakak imelda*
    Kalo sore biasanya sambil nunggu dijemput, kdg aku maem dulu mbak. Dan biasanya bawa minum sendiri di botol minum. Tapi aku ga pernah minta es batu kok. Karena ga suka dingin emang. Jadi itungannya aku nebeng minum gratis gak sih? *sensi*
    Kalo ditanya alasannya kenapa bawa botol minum sendiri…..errrr
    1. Lebih hemat
    2. Lebih higienis πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo mbak nia…nah akupun juga selalu bawa air putih sendiri kalau pas boyong anak2 ke resto/tempat makan, tapi ya tetep mesen minuman. Air putih cuma back up kalo misalnya pesanan minuman kita lama datangnya sementara anak udah kehausan, crancky dll.

      Like

    • imeldasutarno says:

      hai mbaaak, makasih udah mampir dan baca ya. Yah begitulah, habit manusia beraneka ragam ya mbak. Mudah2an cuma saya aja nih yang ketemu sama yg beginian, gak usah ditambah-tambahin lagi, cukup satu orang si temen saya aja hehe

      Like

  3. herva yulyanti says:

    wkwkwk aku suka bawa tupperware yang diisi penuh tapi ga pernah minta es batu juga alesannya karena aku ga mau minum pake gelas di warung wkwkwk selain hemat tentunya menjaga bekas bibir orang sentuhan sama bibir aqyu yang imut *minta ditabokin*
    pokonya buat higienis dan hemat si mba

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      aiiih mbak herva mah ditabokin pake hadiah lomba blog terus pastinya. Pulang dari KL jangan lupa oleh2 berupa tulisan pengalaman di sana ya mbak. Btw sebenernya aku pengen banyak berguru soal ke HRD an pada dirimu loh *kedip-kedip ciamik

      Like

  4. justpipit says:

    Ah, hahahaha..kalo jadi pemilik warung, aku akan kejam nge charge es batu..
    Bisa dimengerti kalo memang yang pengen higienis, tapi kalo minta es batu doang mah atuh ga ada higienis2nya (emang tau es batunya dibikin dari air apa? lho malah nakut2in) tapi emang ga modal aja, heheh..

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      mestinya seluruh warteg di tanah air kudu nyontek warteg deket kantormu mbak. Iya bener kita kudu menghargai para penjual makanan itu. Coba tempatkan diri kita pada posisi penjual. Coba kalo yg minta gratisan begitu ada 50 pengunjung dalam sehari. Hiks…jadi sedih saya mbak

      Like

  5. Wahyu Widyaningrum says:

    Untungnya belum ada yang kayak gini mampir warungku. Haha
    mungkin kalau ada yang kayak gini, bener kata komen di atas, diapalin mukanya, tapi, ntar2 dikasih gratisan saja makan. Siapa tahu malah dipromoin ke teman kantornya πŸ˜€ #Positif thingking hihihi dan orangnya jadi teringat2 betul tentang warungku πŸ˜€

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      hai mbak makasih udah mampir dan baca ya. Beruntunglah dirimu belum ada org seperti ini jadi pengunjung warungmu ya. Btw warungmu apa mbak? Mau dong baca postingan soal warungmu… πŸ™‚ salam kenal mba Wahyu

      Like

Leave a Reply

