Seri Buku Hewan Halal

Karena emaknya sebenernya suka baca buku, jadi kebiasaan baik ini berusaha banget ditularkan ke anak-anak. Awal-awalnya dibeliin buku lepasan, maksudnya kalo beli ya satu aja, gak jenis buku yang berseri gitu. Eh makin ke sini, kok sepertinya mereka mulai senang membaca…-emmm…lebih tepatnya mendengarkan ibunya membacakan- buku-buku berseri ya?

Dimulai dari membelikan seri Dinosaurus yang sukses membuat mereka girang dan bolak balik minta dibacain buku itu lagi itu lagi setiap mau tidur, dan dilanjutkan dengan serial tentang hewan halal. Ini serinya:

Jpeg

Jpeg

Memang baru beli 3 dari 10 buku dalam serial ini. Nah sebenarnya isi buku ini asik dan menarik lho. Kebetulan juga buku ini adalah buku anak muslim.

Jpeg

Ini info tentang penerbitnya

Jadi setiap hewan yang diceritakan, selalu dikaitkan dengan ayat di Al Quran dan Hadist terutama tentang manfaat hewan-hewan tersebut. Nama serinya: Halal Hewan di Al Quran dan al Hadist”
Sang pengarang bertutur dengan menggunakan sebutan “adik-adik” untuk menyapa pembacanya. Kalau dilihat, buku ini sepertinya diperuntukkan bagi anak-anak banget ya, yah mungkin usia PAUD, TK dan selevelnya. Soalnya ilustrasinya ceria sekali, bentuk bukunya dibuat menarik, khas anak-anak kecil.

Tapi….gak tau ya, saya kok ngerasa ini bukan untuk konsumsi level yang saya sebut di atas. Mungkin levelnya udah anak kelas 3 SD ke atas deh. Mengapa? Karena ada beberapa kalimat dalam buku ini yang gak dimengerti sama anak-anak.
Contohnya ini:

Jpeg

Jpeg

Status sosial masyarakat dan simbol kemakmuran? Manalah si Alun ngarti. Yang ada pas dibacain dia bingung dan tanya sama emaknya yang juga tulalit ini. “Bu simbol kemakmuran tu artinya apa sih?” Kayaknya rada ketinggian deh bahasanya ya.

Kemudian ada pula kalimat seperti di foto berikut ini.

Jpeg

Jpeg

Pucuk pengecap? Hmm…..saya juga rada bingung ngejelasin artinya ke anak-anak.

Lalu ada lagi yang ini:

Jpeg

Jpeg

Felting atau lakan? Duh makhluk apaan lagi itu? Saya taunya melting…terus tetiba inget es krim yang lagi melting. Ah jadi pengen es krim beneran sekarang. Lhah?

Overall, dengan segala plus minusnya, serial buku ini tetap oke untuk jadi bahan bacaan anak-anak di rumah. Gak sabar nunggu gajian buat segera melengkapi koleksi anak-anakku 🙂
signature

Advertisements

12 thoughts on “Seri Buku Hewan Halal

    • imeldasutarno says:

      halo mbak, makasih udah mampir dan baca. Iya, bagus2 sebenernya ceritanya. Walaupun ada sedikit ganjalan spt yg saya cerita di postingan. Eh itu ganjalan apa emaknya yg males jelasin ini itu ke anaknya ya? Hahaha…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s