Ensiklopedia Tematik

Sebenarnya postingan berikut ini sudah duluan tayang di website The Urban Mama. Tapi buat yang gak baca webnya, sila baca di mari yow…

[REVIEW BUKU]
Anak-anak adalah pribadi yang selalu ingin tahu. Terkadang kita sebagai orangtua kewalahan menghadapi rentetan pertanyaan-pertanyaan dari mulut mungil mereka. Kewalahan dalam arti capek karena pertanyaan tak kunjung henti, dan juga kewalahan karena bingung alias tidak tahu apa jawabannya.

Apalagi kalau pertanyaannya berkaitan dengan dunia sains dan sejenisnya. Waduh, ilmu mama papanya belum sampai untuk menjawab banyak pertanyaan semacam itu. Sering di rumah saya tiba-tiba anak saya bertanya, “Kalau burung hantu itu makannya apa? Memamah biak itu apa? Bintang sama matahari itu kok kecil ya? Kalau angin tornado itu apa sih, Bu?”

Beruntung, saya menemukan buku berjudul Ensiklopedia Tematik.

n-a-1481594601

Buku ini adalah buku terjemahan dari Disney Junior, dan di Indonesia diterbitkan oleh Erlangga Kids. Karena Disney, maka seluruh isi buku ini pun dipenuhi aneka karakter Disney yang terkenal, mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy dan Handy Manny. Untuk harganya, saya lihat di online shop sekitar Rp112.000. Karena buku ini saya dapatkan gratis dengan imbal jasa menulis reviewnya jadi saya juga kurang tahu pasti kalau beli langsung di toko buku berapaan.

Terbagi menjadi 3 bab besar yaitu: Alam, Bumi, dan Hewan, buku ini memuat 365 fakta sains yang baik untuk diketahui anak-anak. Harapannya, dalam 1 hari anak akan mengetahui 1 fakta, sehingga waktu yang digunakan untuk memahami keseluruhan isi buku adalah 1 tahun (365 hari).

n-a-1481594666
Teks fakta disajikan bersama foto asli dari objek yang sedang dibahas, siap membantu pemahaman anak akan wujud objek tersebut. Plus ilustrasi karakter Disney yang hadir menemani sang fakta di setiap halamannya.

Pembahasan tentang alam itu misalnya: apa itu cuaca, apa itu musim, dan apa itu sayuran. Kalau bumi, misalnya: apa itu meteor, planet, dan bintang?

Jpeg

Sementara untuk pembahasan hewan, sudah tentu tentang aneka ragam hewan yang ada di dunia ini dan fakta unik yang ada pada mereka, misalnya burung hantu ternyata tidak hanya membuat sarang di atas pohon, tapi juga pada liang di tanah.

Jpeg

Karena buku ini ditulis berdasarkan kondisi yang ada di Amerika sebagai negara asal Disney Junior, maka beberapa faktanya malah membuat saya sebagai orangtua, jadi ikut tertarik membaca buku ini. Misalnya penjelasan tentang apa itu taiga, tundra, musim gugur, yang mana semua ini tidak kita jumpai di Indonesia.

Jpeg

 

Jpeg

Secara keseluruhan, saya sangat terbantu menghadapi pertanyaan anak-anak dengan adanya ensiklopedia ini. Seru rasanya melewati hari-hari membaca aneka fakta sains bersama anak-anak di rumah. Ssst jangan bilang-bilang ya… terkadang kalau anak-anak sudah tidur, saya diam-diam fokus membaca buku ini sendirian, karena sejujurnya fakta unik tentang aneka objek di sekitar kita itu selalu menarik untuk diketahui loh!
signature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s