Melipir Ke Kalijodo

Hai epribadih…Selamat tahun baru dulu yaa. Peluk virtual satu-satu *sok artis.
Saya membuka tahun baru 2017 ini dengan melihat banyaknya email masuk dari blog yg saya ikuti, yang semua temanya adalah postingan perdana menyambut 2017.
Ah saya gak pengen bikin postingan begitu…udah cukup terwakili sama postingan resolusi 2017, dan yang terpenting gimana konsisten ngejalanin resolusi itu.

Terus sekarang mau ngobrolin apose? Aposeeee kokondaooo..yarabeee sorendoreriii

Pengen cerita ceriti aja kemarin tahun baruan ke mana. Aih basi atuh postingannya? Pasti ke Ancol kan? Atau Taman Mini nonton kembang api? Oh tentu tidak. Karena malam tahun baru dilalui di rumah saja dan tidur. Nona kecil a.k.a anak bungsu, udah teler dari jam 23.00 WIB. Dar der dor kembang api yang memekakkan telinga gak berhasil ngebangunin doi. Deshe malah nambah ngorok bro. Kecapean main sepanjang hari non stop gak pake tidur siang soale hehe.

Nah tanggal 1 Januarinya, kita malah jalan-jalan di malam hari. Awalnya nyari makan malam di luar. Abis makan trus pak suami iseng bawa kita sekeluarga jalan-jalan ke daerah……..Kalijodo. Jalan-jalannya anti mainstream mameeen…. Udah gitu sampe di Kalijodonya sekitar jam 22.00 WIB.

Bagi sebagian besar warga Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan stereotype negatif tempat ini beberapa tahun yang lalu. Kalijodo identik dengan dunia malam. Esek-esek. Tapi itu dulu. Sekarang,  pemda provinsi DKI Jakarta menyulap kawasan ini menjadi sebuah tempat yang nyaman. Ya, Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Jpeg

Pembangunan keseluruhan RTH dan RPTRA ini memang baru sekitar 90%.

Jpeg

Namun ada beberapa bagian yang sudah bisa dipakai oleh para pengunjung, Di antaranya: track sepeda BMX dan skateboard yang tidak pernah sepi digunakan anak-anak muda dan remaja yang gemar dengan kedua olahraga ini.  Bahkan sudah menjelang tengah malam, area ini tetap rame loh.

Jpeg

Nah, yang unik dari RTH RPTRA ini, ada tangga yang lumayan tinggi yang memisahkan antara track sepeda tadi dengan area RPTRA. Tapi tangga ini justru dipakai oleh pengunjung untuk berselfie ria, termasuk eikeh tentunya *benerin sanggul.

Jpeg

p_20170101_225456-600x1067

Di bagian RPTRA nya sendiri, tersedia beragam fasilitas. Mulai dari ruang laktasi, toilet umum dan khusus untuk difabel, ruang PKK, lapangan futsal dan aneka permainan anak seperti ayunan, perosotan dan jungkat jungkit.

Jpeg

 

Jpeg

 

p_20170101_230633-600x800
Jpeg

Jpeg

p_20170101_225242-800x450

p_20170101_230150-800x450

Ke depannya, dikabarkan juga akan dibangun mushola, outdoor fitness, lintasan jogging dan beberapa fasilitas lainnya. Dengan menggandeng pihak swasta (Sinarmas Group) sebagai kontraktor utama, pemprov DKI Jakarta membangun area ini dengan style bangunan yang minimalis dan kekinian. Keren deh, kayak bukan RPTRA rasanya pas lagi di sini.

p_20170101_225844-800x450

Oya, untuk masuk ke sini, jika membawa mobil, dikenakan tarif parkir Rp 5,000. Jika membawa anak kecil, hati-hati ya, karena area parkir mobil ini langsung berbatasan dengan Kali Angke dan memang belum ada pagar pengaman (masih dalam tahap pembangunan).

Senang rasanya semakin banyak ruang terbuka di Jakarta ini, yang bisa dimanfaatkan anak-anak dan warga masyarakat sekitar untuk beraktivitas positif. Semoga ke depannya warga pun mau untuk terus memelihara fasilitas yang sudah disediakan pemda ini, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar RTH tetap terlihat bersih dan asri, serta selalu nyaman untuk dikunjungi.

Jpeg

sedih liat sampah berceceran kayak gini

 

Sekian laporan halan-halan malam perdana di 2017. Sekali lagi, hepi niu yir semuwanyaaaa….. 🙂
signature

Advertisements

28 thoughts on “Melipir Ke Kalijodo

    • imeldasutarno says:

      sama2 mbak dewi, selamat tahun baru juga dari Jakarta. Nah itulah, miris lah mbak pokoknya kalo ke ruang terbuka di Jakarta ini…gak bakal nemu yang bersih. Pasti adaaaaa aja sampahnya…hiks hiks…

      Like

  1. Dita Indrihapsari says:

    Keceeee berat tempatnya skrg ya mba Imel.. Seneng aku liatnya, apalgi fasilitasnya jg lengkap, sampai ada ruang laktasi pun yaa.. Semoga makin banyak tempat kayak gini.. 😀 Kayaknya enak jln2 ke Kalijodo malem ya mba, gak panas jadinya.. 🙂

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      mbak dita makasih sudah baca ya. Kece kan mbak? Ihiiiy….langsung berasa bahagia ya liat perubahan di Kalijodo ini. Iya bener, kalo malam jauh lebih enak, ga panas. Dan ternyata sampai tengah malam pun tempat ini masih dipenuhi warga loh. Pas aku udah mau pulang menjelang jam 12 malam, eh malah datang serombongan keluarga dan malah main bola di lapangan futsalnya 🙂

      Like

  2. shintadaniel says:

    Kereen pemerintah DKI bisa bikin RPTRA kayak gini…. baru 90% aja udah keliatan bagus dan modern. Semoga setelah launching bisa lebih bagus lagi, promosinya juga baik supaya bisa dimanfaatin sama warga Jakarta. Bisa jadi obyek wisata juga niiih….

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo mbak shinta, makasih sudah mampir dan baca ya. Iya alhamdulilah pemda nya gerak cepat untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta terhadap ruang terbuka hijau begini ya mbak. Amiiin…mudah2an 100% nya tambah ciamik dan keren. Yuk mampir ke Kalijodo mbak 🙂

      Like

  3. intanrawits says:

    Kalijodo??Huowww keren kali sekarang mba jadi ruang publik terbuka yang ramah anak-anak, bisa jalan-jalan sore or olahraga malam ya kalau disini. DKI Kerennn semoga makin bertambah ruang terbuka hijau yang lainnya yah

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      Kaget kan kamu mbak hehehe. Iya sekarang di Jakarta semakin banyak RPTRA dibangun di mana-mana, fasilitasnya juga gak main-main loh. Seneng lah pokoknya. Amiiin, terima kasih doanya buat DKI mbak 🙂

      Like

    • imeldasutarno says:

      Gak masuk gang rin, ini diapit 3 jalan besar kok RTHnya. Jadi ya bener-bener di tengah-tengah tempat rame, gak pake blusukan masuknya hehe. Untuk tamannya sih buka terus 24 jam, yang terbatas waktu bukanya mungkin nanti seperti ruang PKK, Laktasi, dan (mungkin juga) perpustakaan.

      Like

  4. Larasati Neisia says:

    Baru aja daku kemarin melihat penampakan Kalijodo ini di salah satu situs online Mba.. Tapi emang sebelumnya belum pernah kesana juga sih, jadi aku ndak tau perbedaannya apa.. Hhahaha.. Semoga bisa kesana ya biar aku ketemu jodoh. Kan kali aja jodo #TerserahNesaAja #AsalNesaBahagia

    Like

    • imeldasutarno says:

      amiiiin mbak Nesa…semoga beneran ya ketemu jodoh di sini, daripada nanya ke Kang Ridwan Kamil (hestek yg postingan Alun2 Bandung tea) wahahahahah….. Mbak Nesa aku selalu suka sama hestek2mu loh. Fans garis keras nih hehehe….

      Like

    • imeldasutarno says:

      halo mas, makasih sudah mampir dan baca ya. Maaf baru sempat bales nih. Di Jakpus emang belum ada RPTRA mas? Mudah-mudahan segera ada ya…dan mudah2an blog saya yg ketje ini dibaca ama pak gubernur *sape lo? ahahahaha….

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s