Bebek Kremes Sambel Gledek Bu Uju-Petamburan

Malam mingguan mamam di mana ya? Secara weekend gitu loh, masa tim Weekenders di rumah bae? Kurang kekinian ah. Sono ke warteg biar gaul #lhah?

Berdasarkan pengalaman pak suami yang katanya pernah lewat rumah makan ini lalu dia mampir dan makan *yaiyalah, masa beli semen ama batako sist?*, jadi tim Weekenders diajak malam-malam meluncur ke sana. Arah KS Tubun, Slipi! Jauh men….ya kalo dari Pondok Bambu.

Begitu sampe, kesan pertama…ruameeeeee tenan! Namanya Rumah Makan Bebek Kremes Bu Uju.

p_20170121_201059-800x600

Lokasinya gampil ditemukan karena persis sebelahan sama Pemakaman Umum Petamburan. Rumah makan ini benar-benar berada di pinggir jalan raya. Jadi sambil makan bisa sambil dengerin bisingnya kendaraan lalu lalang ya.

Rumah makan ini sebenarnya adalah rumah biasa yang lantas disulap menjadi tempat makan. Terbagi menjadi tiga area: lesehan di dalam rumah (yang menggunakan karpet sebagai alas lantai), lesehan di teras yang lebih menyerupai saung, dengan plastik sebagai alas lantainya, dan meja makan+kursi seperti rumah makan pada umumnya.
Nah sekarang, kenapa rumah makan ini super rame? (Awal datang sempet deg-degan bakalan antri berdiri nungguin giliran dapet meja).

Karena rasanya.

Jadi, menu andalan paling utama di rumah makan ini adalah bebek kremes sambel gledek. Sisanya adalah adalah ayam kampung, ikan nila, mas, gurame (semua dikremes) cah kangkung, sop iga dan beberapa menu lainnya. Berbeda dengan kremesan pada umumnya, di sini, kremes menyelimuti/membalut bebek/ayam/ikannya. Makannya pakai sambel dan lalapan. Sambelnya ada dua jenis: sambel manis (gak pedes samasekali ini mah, kayaknya cuman pake cabe merah keriting) dan sambel korek yang lebih dikenal dengan nama sambel gledek. Nah sambel ini yang super pedes, bikin yang makan keringetan. Makanya dinamain gledek kali ye.
Sebetulnya yang disebut sambel korek ini ya sambel bawang (bawang putih, cabe rawit, garam).
Sayang seribu sayang, pas kami datang ke sini, ayam kampungnya sudah habis, padahal jam baru menunjukkan angka pukul 20.00 WIB. Menu-menu yang habis sampai ditulis di white board kecil yang terpasang di meja kasir.

Karena saya gak suka bebek, alhasil saya pesan ikan mas kremes, dan sop iga untuk anak-anak. Pak suami aja yang pesen bebek.
Setelah memesan, gak berapa lama makanan datang. Sambelnya ditempatkan di toples barengan sama toples bawang goreng, supaya pengunjung bisa ngambil sambel sesukanya. Lalapannya ditaruh dalam satu piring full.

p_20170121_201944-800x600

p_20170121_201931-600x800

Pas saya rasa, kremesnya ini 90% rasanya telor banget! Beda sama bubuk kremesan yang biasa ditemui di aneka jualan ayam kremes deh pokoknya. Ikan masnya juga garing banget gorengnya. Gurih dan enak sih. Pantesan pada ketagihan ya para pengunjung itu.

p_20170121_201920-600x800

Penampakan kremesnya

Sementara untuk sop iganya rasanya standar aja.

p_20170121_201910-800x600

Oiya, kami memilih duduk di lesehan teras, karena udaranya terbuka, gak sumuk. Gak kebayang pengunjung yang masuk ke lesehan karpet dalam rumah, yang cuma ngandelin jendela rumah plus kipas angin, sementara pengunjungnya juga full begitu.

p_20170121_204836-800x600

Lesehan tempat kami makan

Plusnya, di rumah makan ini ada grup musik pengamen yang standby mengiringi kita makan dengan aneka lagu-lagu. Ini jauh lebih asik buat saya, karena pengamen gak berganti-ganti dan sementara kita makan juga sibuk nyari recehan buat aneka pengamen tersebut. Alhamdulilahnya lagi, grup musik ini nyanyinya ok, jadi pengunjung juga terhibur bukan terganggu. Mereka sediakan 1 kotak khusus buat sumbangan sukarela dari para pengunjung.

Untuk harganya sendiri, terjangkau kok. Saya gak sempat memfoto menunya. Tapi sekilas saya baca:

cah kangkung 10,000
paha bebek 27,000
sop iga sapi 20,000
ikan mas kremes 15,000
nasi putih 5,000
air mineral 3,000

Rumah makan ini buka jam 09.00-23.00 WIB. Kalau bawa mobil, dan kebetulan parkiran pinggir jalan super penuh, kita akan diarahkan untuk parkir di halaman Pemakaman Umum. Maklum, kalau malam, bukan hanya rumah makan Bu Uju yang ramai, tapi juga warung-warung tenda (nasi goreng, pecel lele, dll) di sekitar pemakaman umum.
Karena rasanya gak mengecewakan, yuk mangga yang pada mau nyobain, datang ke rumah makan Bu Uju aja langsung 🙂

Bebek Kremes Sambel Gledek Bu Uju
Jl. Aipda KS Tubun no.111 (samping pemakaman umum Petamburan)
Petamburan-Jakarta Pusat

signature

Advertisements

2 thoughts on “Bebek Kremes Sambel Gledek Bu Uju-Petamburan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s