Belajar Meneladani Sifat Para Nabi melalui Buku Cerita

Sebagai muslim, kita sebagai orangtua tentu ingin agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak sholeh dan sholehah, berakhlak mulia. Bahkan banyak kaum muslimin yang memberi nama anak-anaknya sama dengan nama para nabi dan orang-orang mu’min pada jaman nabi tersebut. Nama adalah doa, dan tentu orangtua berharap anak-anaknya akan tumbuh menjadi pribadi yang setidaknya bisa mendekati sifat dan sikap nabi yang namanya disematkan pada si anak. Misalnya nama Muhammad, Idris, Yusuf, dan lain sebagainya.

Dalam keseharian, orangtua pun tak luput terus berusaha menanamkan nilai-nilai Islami dengan berbagai cara, salah satunya mengajarkan anak agar bisa meneladani sifat para nabi dan rasul. Nah, salah satu cara yang paling mudah adalah melalui metode cerita. Namun kalau orangtua bercerita secara lisan, face to face dengan anak, nampaknya tidak terlalu membuat anak tertarik. Oleh sebab itu, membeli buku yang dilengkapi tidak hanya dengan cerita tetapi juga dengan design menarik, sudah tentu bisa lebih membangkitkan antusiasme anak memahami cerita ya.

Buku Keteladanan 25 Nabi dan Rasul, karangan Dian K dan Tethy E ini bisa menjadi jawabannya. Baru lihat sampulnya saja, anak-anak sudah pasti tertarik. Diterbitkan oleh Qibla, buku setebal 255 ini dijamin tidak membosankan.

p_20170125_130438_1-600x663

Setiap cerita tentang satu orang nabi disajikan lengkap dengan ilustrasi warna-warni. Porsi ilustrasi sengaja dibuat lebih banyak ketimbang teks cerita, agar anak tidak merasa jenuh membacanya. Cerita setiap nabi panjangnya kurang lebih 5 halaman. Sesuai dengan kepercayaan agama Islam, maka semua nabi tidak ditampilkan ilustrasi wajahnya, hanya diwakili oleh tulisan namanya dalam huruf Arab saja.
Dan di setiap akhir cerita, anak-anak diajak mengambil hikmah dari pengalaman para nabi ketika berdakwah dan menghadapi kehidupan. Hikmah ditutup dengan ayat Al Quran maupun hadist yang selaras dengan cerita yang sedang dibahas.

p_20170125_130502_1-600x608

p_20170125_130552-600x800

p_20170125_130633_1-600x632

Melalui buku ini, anak-anak diajak mengetahui sifat-sifat luarbiasa dari nabi dan rasul. Seperti misalnya Nabi Ayub AS yang tetap bersabar meskipun bertahun-tahun diberi sakit oleh Allah SWT, hingga kulitnya membusuk dan mengeluarkan belatung. Atau kisah Nabi Harun AS yang tetap setia menemani saudaranya yaitu Nabi Musa AS, berdakwah hingga akhir hayatnya, walau kaumnya lama kelamaan menjadi kafir. Beragam pelajaran dari para nabi dan rasul tentang arti kesabaran, setia, tidak boleh mendendam, dapat dipercaya, bijaksana, rela berkorban demi kebenaran, dan masih banyak lagi, dapat kita temukan di buku ini.
Buat saya buku ini highly recommended untuk menjadi salah  satu koleksi bacaan anak-anak di rumah 🙂
Semoga review ini bermanfaat ya.
signature

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Meneladani Sifat Para Nabi melalui Buku Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s