Bermain di RPTRA Tebet

Saat ini di Jakarta sudah tersedia banyak Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Agar anak-anak terpapar dengan aktivitas outdoor, dan tidak melulu bermain gadget, kali ini kami mencoba membawa mereka bermain di RPTRA Akasia Tebet, Jakarta Selatan.

Jpeg

Sama seperti semua RPTRA di Jakarta, area yang terletak di pinggir Jalan Tebet Barat Raya ini pun dioperasikan atas kerjasama dengan pihak swasta. Kalau yang di Tebet ini kerjasamanya dengan Tanoto Foundation.

Dengan luas kurang lebih 2.400 meter persegi, RPTRA Tebet memang terbilang agak kecil. Tetapi fasilitasnya cukup lengkap dan tertata dengan baik. RPTRA diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Basuki Tjahaja Purnama pada 21 Oktober 2016. Jadi memang masih tergolong baru ya 🙂

Jpeg

Beberapa fasilitas tersebut adalah:

Playgorund dengan aneka permainan anak. Mulai dari perosotan, jungkat jungkit, mini outbound dan ayunan ada di sini.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Kolam air mancur dengan banyak ikan di dalamnya. Anak-anak pun bisa memberi makan ikan, dengan terlebih dulu membelinya di PKK Mart (minimarket yang dikelola oleh ibu-ibu PKK setempat). Satu plastik kecil dihargai Rp2,000. Oya, di PKK Mart ini juga tersedia es krim Aice loh. Wuiiiih asyiiiik…es krim murmer kesukaan semua umat ya?

Jpeg

Ruang laktasi dan ruang serbaguna untuk aneka pelatihan.
ruang-laktasi

Toilet dan perpustakaan.

Jpeg

Area tanaman hidroponik dan kebun aneka tanaman seperti labu, cabai, terong, dan lain-lain.

Jpeg

Mbaknya pura-pura mengamati, padahal ngerti aja enggak

Jpeg

Area injak batu refleksi.

Jpeg

Jpeg

Lapangan volley sekaligus bisa digunakan untuk lapangan futsal.

Jpeg

Saking senangnya dengan tempat ini, Alun dan Lintang datang pada malam hari dan besok siangnya minta ke sini lagi. Walau malam, area ini tetap ramai pengunjung, baik yang bermain futsal, maupun keluarga (orangtua dan anak-anaknya). Karena areanya tidak terlalu luas, maka pengawasannya juga cukup baik. Jarang terlihat sampah di sana-sini, dan tidak terlihat remaja/pasangan yang pacaran sebagaimana umumnya sering kita lihat di ruang terbuka. Pas ke sini malam-malam, saya melihat dua ibu-ibu yang mungkin pengelola/pengurus RPTRA ini, selalu berkeliling melakukan pengecekan dan pengawasan. Ketika banyak anak-anak main petak jongkok dan menginjak rumput, pengurus menegur anak-anak agar boleh tetap bermain namun jangan sampai menginjak rumput.

Secara keseluruhan RPTRA ini terlihat asri dan nyaman. Oiya karena areanya terbilang kecil, maka track/jalanan di dalam RPTRA juga cenderung terlihat sempit. Beberapa anak mencoba bermain roller blade namun gerak mereka terbatas karena harus berbagi dengan anak-anak lain yang berlari-larian ke sana ke mari.

rptra_all

Jpeg

Jpeg

Senang rasanya melihat anak-anak bergerak, bermain dan berkeringat di arena outdoor. Kitapun orangtua merasa senang menemani mereka sambil mata dimanjakan dengan hijaunya tanaman nan terawat di sana-sini. Adem rasanya.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat Pemda juga membangun RPTRA dekat rumah kami, supaya kalau mau main gak perlu pergi jauh-jauh lagi ke Tebet. Amiiin….
signature

Advertisements

16 thoughts on “Bermain di RPTRA Tebet

    • imeldasutarno says:

      mbak nesaaa…i always love your hashtag, bwahahaha. Tetep yeee nyerempet soal jodoh hestek kali ini. Di Bandung banyak gak mbak tempat bermain anak spt ini? Mudah-mudahan Kang Ridwan Kamil juga semangat membangun RPTRA di Bandung ya mbak, amiiin….

      Like

    • imeldasutarno says:

      halo mba Rahmi, makasih sudah mampir dan baca. Betul mbak, seneeeeng banget rasanya. Anak gak gadget-an melulu, bergerak, lebih sehat. Soal bermain gratis nah itu bonus lainnya mbak hehe *emakPelitDetected

      Like

    • imeldasutarno says:

      hai mbak…ketemu lagi kita di sini hehe. Iya, ajak main anak2nya ke RPTRA mbak. Sebenernya gak perlu jauh2 ke Tebet, biasanya di tiap kecamatan di Jakarta udah ada kok RPTRA. Eh iya mbak tinggalnya di Jkt kan ya? Maaf malah nanya 🙂

      Like

    • imeldasutarno says:

      halo mbak april, thanks sudah mampir dan baca ya. Kalau dari Stasiun Tebet, arah ke rumah susun Tebet mbak. RPTRA ini sederetan dengan rumah susun. Hampir di semua RPTRA ada ruang laktasi kok mbak, bukan cuma di Tebet aja. Jadi senang ya untuk para busui. Yuk ajak anak main di luar 🙂

      Like

    • imeldasutarno says:

      hai mbak nita, makasih sudah mampir dan baca ya. Rata2 semua RPTRA memiliki fasilitas yg sama yaitu playground, ruang laktasi, perpustakaan dan toilet. Itu yg membedakan RPTRA dengan taman terbuka biasa mbak. Monggo mampir ke RPTRA Tebet, dan have fun yaaa… 🙂

      Like

    • imeldasutarno says:

      halo Lily terima kasih sudah mampir dan baca ya. Oiya salam kenal juga 🙂
      Iya playground ruang terbuka seperti ini selalu menyenangkan loh, bukan cuma buat anak-anak, tapi juga buat kita ortunya yang njagain 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s