Oh…How I Miss “Sekolah Negeri”

Wah udah tanggal 22 aja. Dikit lagi gajian dong #ehgimana?
Hari ini entah kenapa, pengen posting ringan seringan dompetku ketika tanggal tua.
Soal peraturan di sekolah anak *waduh alamat bikin pening nih postingannya*

Enggaklah. Saya cuma flash back waktu jaman saya kecil dulu, bersekolah di sekolah negeri.

Sementara sekarang anak saya sekolah di SD Islam swasta. Banyak hal dan peraturan yang kadang saya ngebatin ” ah gw rindu sama sekolah negeri, tapi gak kejadian di anak gw”:

1. Pake seragam wajib SD yaitu merah putih plus topi dan dasi. Ini saya nulisnya cuma sebatas SD dulu ya, karena emang anak sayapun masih SD.
Karena sekolahnya swasta, otomatis gak pernah seharipun anak saya pakai seragam merah putih. Seragam khas SD swasta tersebut sudah ditentukan mulai hari Senin sampai Jumat. Jujur….saya sebenernya pengen banget loh anak saya ngerasain pake seragam merah putih ini. Lebih membumi dan merakyat banget kalo buat saya *ih apa sih istilah lu?

2. Gak pake topi dan dasi kalo Senin, alamat disetrap. Huhuhuhu….jaman sekolah dulu, horor banget rasanya kalo Senin tiba dan tetiba kita kelupaan bawa dua atribut fardhu tersebut. Hukumannya yang dijemur lah, yang disuruh skotjam-lah (nulisnya gimana ya yg bener?). Gak kejadian banget di SD anak saya. Kalaupun mereka gak bawa topi dan dasi pas hari upacara, gak pernah dihukum. Karena SD Islam kali ya, jadi hukumannya lebih kepada membentuk akhlak yang baik. Sebagai contoh, hukuman lebih diberlakukan kalau si anak gak ikutan sholat dhuha. Hukumannya pun bukan fisik, tapi diminta istigfar lalu membaca doa harian yang sudah dihafal sebelumnya, di depan teman-temannya.

3. Upacara setiap hari Senin. Kalo kita jaman dulu, pas Senin mau datang bawaannya maleees banget karena udah ngebayangin berdiri kurang lebih sejam cuma buat upacara bendera. Ditambah terik matahari pagi, kadang-kadang ada juga siswa yang pingsan karena gak kuat sama matahari.
Nah kalo di SD anak saya: berhubung lapangan sekolahnya kecil, jadi upacara gak setiap Senin. Bahkan kadang dalam sebulan bisa gak pernah upacara loh. Nampaknya di sekolah ini upacara bukanlah first priority.

4. Gak pake sepatu hitam, siap-siap dihukum. Biasanya tiap Senin nih ada peraturan begini. Bahkan ada beberapa sekolah negeri yang mewajibkan sepatu hitam setiap hari. Hukuman buat yang gak pake gak jauh-jauh dari skotjam, atau malah disuruh nyeker di kelas seharian. Anak saya sekarang? Mau pake sepatu warna apaan juga bebaaaaasssss……. .gak ada larangan.

5. Kalo kamu cowok dan rambut belakangmu udah nyentuh kerah kemeja sekolah, siap-siap terima hukuman ya. Ada gak yang sekolahnya punya peraturan begini? Woohooo…sekolah saya mah dulu begitu. Makanya dulu temen-temenΒ cowok saya selalu cukuran rapi, daripada nanti yang nyukurin (dihukum) guru BP. Hehehe….
Sekolah anak saya: walau udah nyentuh kerah, masih aman ga ada teguran apalagi hukuman fisik berupa dicukurin guru. Memang sih ada himbauan untuk berambut rapi, tapi gak seketat peraturan di sekolah negeri dulu.

HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

gambar dari padangmedia.com

Kira-kira 5 hal itulah yang sering saya rindukan tapi gak kejadian di anak saya. Lha kenapa gak masukin anakmu ke negeri aja sih mbaksist?
Biasalah, alasan klise. Orangtua selalu pengen anaknya lebih makmur, lebih bahagia dibanding dia yang dulu. Selalu pengen anaknya bisa menikmati fasilitas pendidikan lebih baik dibanding dia dulu. Selalu pengen anaknya bisa punya perut yang lebih kenyang dibanding waktu dia kecil dulu. Dan seterusnya dan seterusnya.

Kalau kalian kangen juga gak sama masa sekolah negeri waktu kecil dulu?
signature

Advertisements

26 thoughts on “Oh…How I Miss “Sekolah Negeri”

  1. Sandra Nova says:

    Hahahha aku jg semua sekolah negeri sampe kuliah, tapi dulu jaman SD pengen banget ngerasain pake sepatu putih, ngga pake seragam putih-item, ngga perlu upacara, pake dasi, topi dll XD
    satu yg aku kangenin dari SD adalah jajanannya yg murah meriah muntah dan ntah kenapa enak banget ((mungkin faktor mecin)). Sekarang kl nyoba jajanan SD mahal2 hihihihi

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo mbak Sandra, makasih udah mampir dan baca ya πŸ™‚ Iyaaaa jajanan nan murah meriah mecin maksimal ya mbak, aku pun doyan beneeeer ituh. Sakit perut urusan belakangan ya mbak waktu jaman kecil dulu wahahahaha.

      Like

    • imeldasutarno says:

      naah iya bener mbak Shin, cewek kudu di bawah lutut roknya, itu aku juga ngalamin. Kalo skr pake pramuka Rabu ya mbak karena sekolah banyak yg sabtu libur. Nostalgila banget ya…asli kangen masa2 itu hihi

      Like

  2. magmignonette says:

    Waaahh setau aku dulu (dah lama aja, wis tue soalnya :P), jaman nya gue masih sekolah, kayaknya dulu negeri sama swasta gitu hampir mirip deh Mbak, ga ada istilah ‘privilege’ tentang masalah hukuman.
    Soalnya gue dari TK-SMP swasta, SMU negeri, tapi ngerasain semua yang kayak gitu. Balada topi, panjang rok, sampai sepatu hitam. Kecuali warna seragam cih, cuma ga pernah ngerasain putih-merah aja πŸ™‚
    Masuk ekskulnya ‘PKS’ dunks Mbak, biar klo ada yang pingsan, bisa pura-pura anter ke UKS, hahaha.. *Yang kayak gini suka dibuat modus neh sama senior* πŸ˜€

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      oh ya? Wah berarti sekolah anakku ini beda sendiri apa gimana ya? hehe.
      Iya ekskul PKS tu kadang dijadiin modus buat pura2 ikutan mbopong dan ngurusin yg pingsan2…apalagi kalo siswa perempuannya cantik, waduh itu cowok2 pada lomba2an sok ikutan ngurusin wkwkwkw πŸ™‚

      Like

      • magmignonette says:

        Iya gitu modus cowok-cowok. Kadang yang senior cewek juga suka pura-pura lemes aja ramean, ntar di UKS nge-gossip, hahahaha..
        Hayoooo lho mbak anaknya beda sendiri? πŸ˜› Hehehehe.. Bercanda.
        Kan aku bilang, jaman dulu Mbak (red: jaman masih muda), jaman kita masih sama-sama sekolah πŸ˜€ *Kita?? Gue aja kli*
        Setau aku ya, emang anak-anak jaman sekarang gitu kok, terutama di swasta emang ‘beda’, kayak ‘dimanja’ banget, walaupun ga semua sekolah swasta cih, cuma yang pake embel-embel ‘bertaraf internasional’ kebanyakkan gitu, kayak keponakan aku juga ada.
        Sekolah swasta sekarang yang penting ber’saing’nya. Padahal yang kayak-kayak gitu, bisa sedikit memupuk ‘membumi’ dan nasionalisme lho, dan sehingga tidak mudah begitu terpengaruhi oleh budaya asing aka Korea. Lho kok jadi Korea? *Piss ah* πŸ˜€

        Liked by 1 person

      • imeldasutarno says:

        nah itu kata kuncinya: memupuk nasionalisme. Dari kemarin nyari kata2 itu tapi kok mampet ya otakku haha. Aiih Korea..pasti mbak penggermar drakor garis keras ya? Piss juga aaahh….

        Like

  3. mrs muhandoko says:

    Mbak mbak btw, waktu jamanku SMA, pernah kok hari senin upacaranya sebulan sekali.
    Dulu jaman SD paling doyan makan cireng, dan epik nya nih, tuh tukang cireng masih ngenalin mukaku meski aku udah lulus kuliah lho. Hahahah.
    SD klo ga pake ikat pinggang juga dikasi hukuman. Heuheuheu

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      wah iya kah na? kok bisa sebulan sekali? Tau gitu dulu aku sekolah di sekolahanmu aja *lho?
      Ahahahaha epik surepiknya about tukang cireng. Jangan2 tukang cirengnya ada hati sama kamu na sejak dulu *diketapel umat*
      Wah ketat juga aturannya ya sampe ikat pinggang gak pake bakal kena hukuman. Dulu sekolahku gak sampe aturan ikat pinggang sih πŸ™‚

      Liked by 1 person

      • mrs muhandoko says:

        Lebih epik lagi, tukang cirengnya juga apal sama adikku. Padahal selisih umur kami 6 taun, kok ya tau kalo itu adikku. Hahaha.
        Tapi tukang cirengnya emang epik sih. Pas nikahan temenku, pak cireng ini diundang juga. Jadi dia apal sama semua pelanggannya. Ciamik kan? Hahaha *kenapa jadi bahas cireng sih 😜

        Yg upacara 1 bulan sekali, itu….entahlah. tapi seingatku pernah kok.
        Iya,dulu jaman SD kalo ga pake ikat pinggang dihukum scout jump. Waktu itu sebelum scout jump dilarang

        Liked by 1 person

      • imeldasutarno says:

        bwahahahaha “the circle of tukang cireng never dies” kalo gitu na judul filmnya *kalo mau dibikinin filem mksdnya wihihihi….
        Oh, skr skotjam dilarang ya na? Asli baru tau….

        Like

  4. Hastira says:

    nah banyak sekarang yang gak bikin upacara lagi ya, makanya banyak anak sekarang kalau upacar sering pingsan, nynayi indonesia raya gak bisa . dulu kita lagu, upacara sdh makanan sehari2

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      mbak hastira makasih sudah mampir sini dan baca. Iya ya mbak, bener juga kalo dipikir-pikir. Kita mah dulu bukan cuma lagu Indonesia Raya, lagu2 nasional dan lagu2 daerah hafal luar kepala semua. Bahkan dulu jaman SDku, ada trend loh beli buku kumpulan lagu2 daerah. Ah jadi pengen masa kecil lagi nih jadinya mbak

      Like

  5. Emaknya Benjamin br. Silaen says:

    No.3 tuh aku pernah bbrp kali hampir pingsan, mata sdh berkunang-kunang, ko ngeliat sekeliling kuning semua dan badan gemetaran. Untung baris selalu paling belakang jd bisa jongkok haha πŸ˜€ .

    Yang dikangenin jajajan nya haha, padahal klo ketahuan jajan kena marah sama nyokap πŸ˜€ .

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      wah Nella ternyata waktu sekolah ngalamin hampir pingsan ya. Aku loh seumur2 belum pernah ngerasain pingsan hehe, duh semoga gak pernah yaaa…..
      Iyaaa curi2 jajan di sekolah itu bikin addict ya. Udah dilarang, udah dibilangun kalo jajanan pada gak sehat karena kotor+pake pewarna makanan ga jelas, teteeeeuuup aja jajan. Makin dilarang ortu makin pengen ya Nel, hehehe….

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s