First Time Nonton Palang Pintu

Hari Sabtu adalah harinya kondangan. Minggu juga ding.
Nah kebetulan Sabtu kemarin, tetangga sebelah rumah saya menikahkan anak perempuannya. Bungsu. Pernikahan penutup di keluarga mereka.

Sebagai orang Betawi asli, tetangga saya ini tidak melakukan full adat Betawi. Baju mantennya hanya baju nikahan biasa bukan pakai baju Betawi. Begitu pula perihal petasan, kembang goyang, gak ada samasekali. Etapi…ada satu yang mereka sisakan, yang benar-benar membuktikan kalau mereka orang asli nyang punye ini Jakarte.

Tradisi palang pintu.

Rasanya semua udah pada tau ya palang pintu itu apa. Untuk yang belum tau, saya gak panjang lebar jelasin di postingan ini. Silakan baca source ini ya.
Postingan ini cuma ingin memperlihatkan hasil shooting saya pake hape seada-adanya, buat memori aja kalo saya pernah ngikutin acara palang pintu hehe.
Pas pengambilan gambar juga acak adut, karena gang rumah kami sempit (mau palang pintu di jalan raya, udah pasti bikin macet total secara jalan depan gang kami itu ngepas buat dua mobil doang hiks), dan saya juga mesti balapan sama videografer resmi yang mendokumentasikan acara nikahan ini.
Videonya cukup lama, sepuluh menitan. Dan rata-rata semua vieo palang pintu yang saya lihat di Youtube juga hampir sama, malah lebih panjang dari video saya. Kenapa? Karena acara ini diawali dengan puji-pujian dan sholawat, lalu berpantun ria, berantem/silat, dan akhirnya mempersilakan mempelai pria masuk ke rumah mempelai wanita.
Oiya pas nonton, saya sempet takut karena ada adegan mereka berantem pake golok. Duh kirain beneran, ga taunya mereka action doang. Hati adek udah takut padahal baaang….

Silakan simak video ini ya 🙂

signature

8 thoughts on “First Time Nonton Palang Pintu

    • imeldasutarno says:

      halo mbak hastira, terima kasih sudah mampir dan baca. Iya mbak, mungkin buat sebagian besar orang apalagi di kota, adat istiadat udah ribet banget, dan juga membutuhkan dana yang lebih kalo semua adat dijalanin pas nikahan. Nonton palang pintu seru euy, jadi pengen nonton lagi…hehe

      Like

Leave a Reply

