Gulai Kepala Ikan di Kedai Palanta…alamaaak Nikmatnya!

Minggu lalu, suami jemput saya pulang kantor dan dia kelaparan. Pengen makan malam apa ya? Bosen juga kalo makan yang itu-itu aja seputaran soto, bakso, mi ayam, pecel lele, dan lain sebagainya. Lalu saya menyarankan kenapa ga nyoba kedai masakan Padang yang sering dilewatin kalo kita pulang?

Demi pak suami ya. Walopun lagi menghindari santan garis keras, demi penurunan kolesterol nan paripurna, saya bilang sama dia kalo kali ini gak papa, saya temenin dia makan santan-santanan.

Lalu akhirnya masuklah kami ke kedai Padang itu. Letaknya benar-benar di pinggir Jalan KH.Abdullah Syafei, Kampung Melayu. Nama kedainya : Palanta. Lengkapnya “Ikan Bakar dan Gulai Kepala Ikan Khas Minang PALANTA“. Ancer-ancer lokasinya: sederetan dengan Hotel Harris Casablanca, walau masih menjauh lagi beberapa ratus meter, hehe 🙂 *ini ngasih ancer-ancernya kagak niat deh ah*

Sampai di kedai ini, karena memang pengen nyobain menu jagoannya, kami langsung memesan gulai kepala ikan. Nah pelayannya bilang kalau gulai ini dimasak dulu, gak pake lama kok. Ikannya pakai ikan kakap. Membayangkan “dimasak dulu” yang ada di kepala adalah betapa segarnya masakan ini nanti.

Kami lalu memilih tempat duduk. Di setiap meja disediakan piring yang diisi dengan keripik singkong balado dan juga kerupuk kulit.

P_20170324_183305_LL-800x450

Sembari menunggu gulai jadi, gak lupa foto-foto. Rupanya di kedai ini, selain menjual aneka masakan Padang layaknya warung Padang pada umumnya, sang pemilik juga membuka gerobak makanan lain, yaitu: bakso dan soto, nasi goreng dan sate Padang, aneka juice.

P_20170324_183239_LL-800x450

Suasana di dalam kedai

P_20170324_183422-800x450

Jejeran gerobak yang menjual juice, soto dan bakso serta nasgor padang

P_20170324_183807-800x450

Lalu ada pula masakan lain yang bisa dipesan dan harus dimasak terlebih dahulu, alias ga langsung terhidang di lemari kaca khas resto Padang gitu. Ini daftarnya:

Jpeg

Dan aneka paket menu lainnya, adalah seperti dalam gambar-gambar di bawah ini:

P_20170327_074113-600x1067

P_20170324_191600_LL_1-600x1327
P_20170324_191609_LL_1-600x1274
P_20170324_191615_LL_1-600x1012
P_20170324_191517_LL-600x1067

Akhirnya menu yang kami pesan selesai dimasak. Masih panas, masih segar karena baru diangkat dari kompor. Satu porsi gulai kepala kakap ini cukup untuk makan berdua. Harga per porsinya Rp65,000 di luar nasi ya.

P_20170324_184630-800x450

P_20170324_184611-800x450

Gulai disajikan bersama lalap timun. Dan dimasak dengan taburan daun kemangi. Yaaah pas nulis postingan ini eikeh ngeces lagi dah ah…. huhuhuhu.
Rasa bumbu dan santannya pas. Bumbunya enggak pelit, alias terasa banget campuran rempah-rempahnya. Tidak pedas juga, sehingga masih cocok dinikmati anak-anak.
Pelayan juga menyediakan piring kosong yang gunanya untuk membuang tulang-tulang ikan.

P_20170324_190532-600x1067 (1)

Penampakan tulang-tulang ikan 

Dan inilah sisa-sisa kenikmatan itu

P_20170324_190544-800x450 (1)

Pak suami sempat bertanya ke pelayan, karena di plang depan kedai ada tulisan “buka 24 jam”. Rupanya itu nanti pas bulan Ramadhan. Oiya, Palanta ini selain menyediakan fasilitas delivery, juga sudah bisa dipesan via Go Food ya. Lumayan kan nanti bulan Ramadhan kalo lagi males masak n pengen makan Padang, tinggal cuss pesan ke sini 🙂

P_20170327_074051_1-800x589

Kedai ini kalau dilihat di buku menu, sudah punya website ya. Sayangnya pas saya coba buka webnya, isinya kosong. Entah, mungkin dalam masa under maintenance kali ya.
Saran saya, kalau mau ke sini lebih enak naik sepeda motor. Kalau bawa mobil bisa, cuma parkirannya bener-bener mepet jalan raya banget.

Overall, puas makan di sini. Next time pengen nyobain menu lain ah *eh yakin? Kolesterol piye kabare jeng?*
Oh ya, alamat lengkapnya ada di gambar terakhir ya 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Gulai Kepala Ikan di Kedai Palanta…alamaaak Nikmatnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s