Doa dan Cerita Sehari-hari anak Shaleh

Di bulan Ramadhan nan mulia dan penuh berkah ini, sebagai orangtua kita hendaknya membimbing anak-anak dengan beraneka kegiatan positif. Untuk anak yang usianya lebih kecil, aktivitas positif dapat membantu mereka untuk ‘lupa’ pada waktu, dan tahu-tahu sudah adzan maghrib.

Alhamdulilah puasanya jadi penuh satu hari. Kebetulan di tahun ini, Ramadhan bertepatan dengan ujian akhir sekolah dan sesudahnya diisi dengan libur sekolah hingga Lebaran nanti. Untuk mengisi libur puasa anak, banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya dengan kegiatan seputar agama dan ibadah. Misalnya mengikuti pesantren kilat, mengajak anak shalat tarawih dan berbuka di masjid, ataupun sekedar di rumah, menonton acara televisi bernuansa islami yang marak di berbagai stasiun TV dan juga membaca buku.

Nah untuk para orangtua, ada sebuah buku yang menarik untuk dibaca bersama si kecil di rumah nih.  Judul bukunya adalah Doa dan Cerita Sehari-hari anak Shaleh.

rsz_p_20170530_135854_1-1600x1224

Doa merupakan hal yang tidak pernah terpisahkan dalam setiap nafas kehidupan sebagai umat muslim. Mulai dari makan, bangun tidur, mendengar petir, bahkan bersin pun kita dianjurkan untuk mengucap doa, agar apapun yang dikerjakan menjadi berkah.

Tidak ada salahnya mengajak anak mempelajari doa-doa harian di waktu luang Ramadhan. Jika anak disuruh langsung menghapal, wah sudah tentu anak lekas bosan ya. Melalui buku ini, kita bisa mengajarkan anak aneka doa harian dengan cara yang menyenangkan. Mengapa? Setiap doa selalu diawali dengan lembar cerita yang mudah dicerna anak-anak karena bercerita tentang keseharian hidup anak-anak.

Misalnya cerita tentang Harun yang ingin bermain sepakbola dengan teman-temannya. Saking terburu-buru melepas baju tidur dan menggantinya dengan seragam bola, baju tersebut tersangkut di jam beker, dan jam itupun jatuh ke lantai, pecah berantakan. Harun ditegur oleh kakaknya dan diingatkan agar jangan terburu-buru dalam melakukan sesuatu, termasuk membuka pakaian. Dan jangan lupa pula membaca doa. Dengan berdoa saat membuka pakaian, kita diajarkan untuk selalu meminta dilindungi oleh Allah SWT.

P_20170530_135917_1-1600x1053

Diterbitkan oleh Qibla, buku karangan Aby Fariq Akaba ini memiliki desain ilustrasi yang menarik dan penuh warna. Ada 30 jenis doa. Setiap doa diawali dengan cerita anak, kemudian diakhiri dengan hikmah dan kegunaan doa tersebut.

P_20170530_140008_1-1600x1072

Cobalah membaca buku ini bersama anak, insya Allah kita akan mengisi waktu puasa dengan aktivitas yang berpahala dan bermanfaat dunia dan akhirat. Selamat membaca bersama si kecil ya.

Penerbit: Qibla – BIP
ISBN: 9786023944293
Penulis: Aby Fariq Akaba – Hilman Makhluf (ilustrator)
Jumlah halaman: 68
Bahasa: Indonesia
Tipe Jilid: soft cover

*artikel ini dimuat di http://theurbanmama.com/articles/buku-doa-dan-cerita-sehari-hari-anak-shaleh-092314.html tanggal 1 Juni 2017
signature

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s