Istri yang Selalu (duduk) di Belakang

Gimana? Judulnya udah berbau-bau KDRT belum? Mirip judul-judul cerpen juga gak? wahahaha….

Jadi gini sebenarnya. Sejak anak saya masih bayi, kalau pergi ke mana-mana naik mobil berempat (saya, pak suami, dua anak), saya selalu duduk di belakang bersama duo krucils. Kecuali kalo mengajak mbak ART, barulah saya duduk di depan mendampingi driver a.k.a pak suami.

Seiring bertambahnya usia anak-anak hingga saat ini yang sulung sudah mau 8 tahun dan si bungsu mau 5 tahun, saya masih tetap duduk di belakang mendampingi mereka.
Alasannya simple:

1. Kuatir kalo misalnya ada kejadian pintu lupa dilock dan anak-anak terjatuh, apalagi dengan kondisi mobil sedang jalan.

2. Kalo mereka berantem, lebih gampang misahin jika saya duduk di belakang bersama mereka. Khas emak-emak yang anaknya masih kecil-kecil banget yaaa….

3. Karena masih kecil, kadang kalo lagi pada makan snack sembari mobil berjalan, suka pada berantakan. Nanti kalo remah-remah udah berantakan ke mana-mana, gantian bapaknya yang misuh-misuh.
Emaknya juga suka tantrum kalo liat berantakan gitu. Nah kalo emaknya ngikut duduk di belakang, minimal bisa ngontrol cara makan mereka.

Sebetulnya pak suami udah sering agak komplain. Pertama karena dia ngerasa lebih mirip driver Grabcar atau Uber karena sendirian di depan. Pernah suatu kali di SPBU, mbak mbak yang ngisi bensin nanya ke pak suami: mau pake bon, pak? Ya iyalah, dikira kan doi driver banget yg biasanya kalo ada transaksi entah di gerbang tol atau SPBU, bon-bonnya kudu dikumpulin buat bukti ke boss besar, wahahahahaha…..
Kedua, dia ngerasa udah saatnya anak-anak mandiri, duduk sendiri di kursi belakang tanpa pendamping. Kalo gak mulai dari sekarang, ya kapan lagi? Begitu menurut doski.

Quinze-dies-pare-quinze-mare_1635446440_33376521_1500x1001

gambar dari Getty Images

Huhuhuhu…iya ada benernya sih 😦
Cuma, apa daya ini emaknya yang lebay. Rempong dah ah… malah sayanya yang kayak belum siap buat duduk di depan. Kepikiran terus euy, apalagi kalo mereka di kursi belakang udah mulai gerak ke sana ke mari, nempelin wajah di kaca kalo pas ngelewatin objek-objek menarik yang bikin mereka seru sendiri. Emaknya dong yang rusuh “duh itu pintu udah kekunci dengan baik dan benar belum ya? Kalo anak gue jatoh gimana?” <—padahal jelas-jelas pintu mobilnya udah diubah ke child lock mode sama pak suami. Emang dasar sayanya yang parnoan berat.

Ditambah….. sekarang, gegara udah dibiasain duduk bersama pendamping, anak-anak suka ngambek kalo misalnya saya utarakan keinginan duduk di depan nemenin bapaknya. Ngambeknya gak kira-kira, yang kecil bisa sampe berurai air mata. Drama gitu deh. Kalo udah kondisi begitu, ditambah buru-buru karena mau mengejar waktu, eyel-eyelan dan berusaha ngebujukin mereka biar saya bisa tetap duduk di depan, udah gak guna lagi. Akhirnya ya lagi-lagi duduk di belakang.

Ada yang punya pengalaman sama dengan saya gak? Sharing di komen yuks 🙂
signature

Advertisements

24 thoughts on “Istri yang Selalu (duduk) di Belakang

  1. theothersist says:

    Kebalikan aku nih mak. Kalau saya, paksu yg selalu minta duduk belakang sama anakku sampai si sulung umur 3 tahun. Setelah si bayi lahir, yang pindah duduk depan si sulung saya tetap dibelakang. Hahahahaha.

    Kayaknya suami mending saya duduk dibelakang, biar saya ga cerewetin dia lg nyetir. 😂 Hihihi

    Liked by 1 person

  2. Perempuan November says:

    kayaknya bener alasan pak suami mbak, anak-anak udah harus diajarkan buat mandiri. takutnya nanti jadi manja dan bergantung ke emaknya. noh buktinya mbak mau duduk di depan aja ngambeknya sampe nggak ketulungan gituh.

    tapi emang naluri ibu yang selalu pengen anaknya dalam kondisi aman ya emang gituh ya mbak. jatuh-jatuhnya kuatir banget hehhehehe

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      halo diah, terima kasih sudah mampir sini dan baca ya. Iya emang bener, eikeh aja yg lebay, mestinya hatinya dikuat-kuatin ya, biarin deh pada nangis yg penting endingnya pada bisa mandiri. Hehehe…

      Like

  3. liannyhendrawati says:

    Aku biasanya duduk di depan di samping pak suami yg nyetir, tapi kalo anak bungsuku ikut aku duduk di belakang karena biasanya si bungsu maunya duduk di depan bareng papanya. Perkecualian kalo ke luar kota, si bungsu mau duduk di belakang dan aku di depan 🙂

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      sama kayak anakku yg bungsu, saban mobil jalan mesti molor, walopun pas baru start ya tengok kiri kanan dulu dia liat pemandangan. Eh lama-lama bablas molor hihihihi… Makasih sudah mampir sini ya mbak 🙂

      Like

  4. yuninurnengsih says:

    Wah senasib kita nih mbak,emang emak siaga banget yak. kesannya parnoan gitu. saya kalau lagi jalan pasti sellu ngingetin suami dah dikunci belum pintunya. Padahal kan kekunci otomatis juga. Emang ya, jadi emak tu gitu…:)

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      hihihi iya mbak yuni, toss dulu lah sesama emak parnoan. Emang udah mendarah daging kayaknya yaa soal parno ini di darah setiap emak2 hehehe… Terima kasih sudah mampir dan baca yaaa

      Like

  5. Hastira says:

    ada temenku malah duduk di belakang walau gak ada anak2nya loh, aku heran kenapa ay begitu, heran aku, aku kalau duduk di belakang maalh suamiku protes

    Liked by 1 person

  6. Faridilla Ainun says:

    Kalo saya malah seringnya disuruh duduk dibelakang aja sama suami.
    Awalnya duduk depan bareng anak, berhubung anaknya udah berdiri dan suka mainin volume radio katanya bikin ga konsen jadi disuruh duduk di belakang

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      kalo punya bayi malah susah duduk di depan mbak, aku ngerasa gak safe aja, karena kita pake seat bealt tapi bayinya engga, hehe. Jadi bener banget tu pak suaminya nyuruh di belakang aja ya, biar aman. Thanks udah mampir dan baca ya ainun 🙂

      Like

  7. wida says:

    Semenjak ada anak kedua saya duduk di depan, soalnya kalau di belakang saya nggak bisa duduk, si sulung soalnya suka gegoleran. Awalnya dia keberatan saya duduk di depan tapi kemudian lama-lama dia mengerti.
    Nah sekarang berhubung ada adek lagi (anak ketiga), si sulung dan si tengah duduk di belakang berdua, saya megang bayi di depan. Kadang kalau sudah pada rewel posisi diganti, si sulung di depan atau nggak di paling belakang, saya, si tengah dan si bungsu di belakang.
    Kalau bawa makanan memang bikin mobil kayak habis kena tsunami kalau sudah begitu tinggal bawa ke pencucian hehehe.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      mudah2an makin ke sini aku bisa memberi pengertian ke anak2 spt dirimu ya mbak. Soal tsunami, whahahaha toss banget ini mah. Puyeng ya mbak kalo mobil udah penuh remah biskuit, kue roti dan segala macem, huhuhuhu….. 😦 Btw terima kasih sudah mampir dan baca ya mbak

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s