Sok Medis versus Cuek

Hari ini mau sharing yang ringan-ringan aja. Yaaa…sebenernya sih tiap hari topiknya juga ringan wehehehhee…

Dua minggu lalu ada kerabat saya yang harus melakukan operasi tumor pada bagian tangannya. Jadi kayak ada semacam daging tumbuh gitu di deket pergelangan tangannya. Lalu dia pun melakukan operasi di salah satu RS ternama di bilangan Jakarta Utara. Karena sudah berpengalaman sama yang namanya daging tumbuh a.k.a tumor (baca di Pengalaman Operasi FAM yang Ketiga), wajar saya ikutan kepo. Apalagi sebelum operasi, sang kerabat sudah jauh-jauh hari ngobrol via FB Messenger sama saya, tanya ini itu seputaran tumor.
Seminggu setelah operasi selesai, saya kepo dan bertanya gimana hasilnya? Sudah pasti sang daging yang diangkat itu dicek di laboratorium untuk mengetahui tingkat keganasannya. Dan emang biasanya pasien akan mendapatkan selembar kertas hasil pemeriksaan laboratorium.
Lalu jawaban yang saya dapat adalah: tidak tau hasilnya apa. Saya juga lupa menanyakan. Tadi sih ke dokter cuma buka jaitan. Dokternya juga gak bilang apa-apa tuh.

Bengong. Itu reaksi paling spontan dari saya.

Kejadian kedua. Teman saya istrinya dirawat di RS karena katanya ada cairan di paru-paru yang harus disedot. Ini kejadiannya udah lama sih sebenernya, sekitar dua tahun lalu. Gara-gara kejadian kerabat di atas, maka saya tulislah di sini. OK back ke paru-paru. Setelah disedot, gak terlalu lama di RS, istri temanpun akhirnya diperbolehkan dokter pulang. Waktu itu sama, saya juga kepo. Saya tanya ke dia, kira-kira boleh tau gak sih kenapa penyebab paru-paru tiba-tiba bisa ada cairan yang kudu disedot segala? Kenapa pengen tau? Supaya kita-kita yang sehat ini bisa menghindari penyebab-penyebabnya, entah itu dari faktor makanan, gaya hidup dan lain-lain. Tujuannya sih cuma itu ya. Dan jawaban teman saya adalah: gue kurang tau juga, tadi yang urusan sama dokter dll ibu mertua gue. Gue pas lagi gak ada di ruangan pas dokternya visit.

Udah gitu doang.
Bengong gak? Bengong dong ah…dua tahun lalu tapinya.

Ada teman sekolah saya punya siklus menstruasi yang ga teratur dan suka kesakitan banget kalo lagi haid. Pas dia ke dokter ya cuma manggut-manggut aja sama penjelasan dokter plus resep yang dikasih, tanpa ada niatan untuk melakukan tanya jawab sewajarnya seorang pasien. Malah saya yang kayak orang kebakaran jenggot sibuk nanya ke dia ini itu. Dan dia seperti bete nanggapin semua pertanyaan saya, sampai akhirnya dia bilang “gue gak nanya banyak Mel ah. Toh udah dapat obat ini, udahlah biarin aja.”
Hmmmm….
dan saya pun hanya bisa terdiam.

Masih banyak orang di luar sana yang gak terlalu peduli sama yang namanya sakit/penyakit. Itu yang dapat saya simpulkan. Kalau kejadiannya di saya, duh pasti tu dokternya saya cecar dengan semua pertanyaan sedetil-detilnya, supaya hak pasien untuk mendapatkan kejelasan terhadap penyakitnya dapat dipenuhi. Begitu pula kalo saya yang ngalamin dioperasi, apapun jenis operasinya. Pasti sesudahnya kepo bertanya ke doter, apa hasilnya, apa efek lanjutnya, apa yang harus saya lakukan setelah ini agar penyakit yg sama gak keulang kembali, dan masih banyak pertanyaan lainnya. Dokter kan bisa aja kelupaan saking kebanyakan pasien, makanya kudunya pasien yang aktif bertanya.

Seringkali kita baca atau dengar dari pengalaman orang yang kita kenal, bahwa posisi pasien kadang lemah (atau sengaja dilemahin sama si pasien sendiri) dengan tidak mendapatkan kejelasan yang pasti dari dokter. Yang penting dikasih obat, selesai. Dikasih obat artinya sembuh. Selesai.

Kadang saya mikir…ini gue yang kebangetan sok sok detil banget, sok medis gitu, atau gimana ya? Tapi beneran deh, rasanya gemes aja gitu mendapati orang-orang yang abai atau malah takut sama sosok dokter trus malah males buat tanya ini itu. Ini badan kita yang sakit, ini ada something wrong happen inside our body, lalu mengapa kita masih cuek? Minimal dengan bertanya, kita bisa menghindari kejadian serupa kan?
Kamu ada pengalaman seperti ini jugakah? Yuk sharing di komen 🙂
signature

13 thoughts on “Sok Medis versus Cuek

    • imeldasutarno says:

      makanya fit. Suka ga abis pikir ama yg ignorance, apalagi udah jelas-jelas penyakitnya bersarang di tubuhnya sendiri. Di tubuh sendiri aja masih ignorance, apa kabar kalo yg menderita cuma keluarga/pasangannya? hiks hiks….

      Like

  1. inlycampbell says:

    yah gua juga kepo ke dokternya lah kalau ada apa2, sangking keponya kadang suka penasaran browsing di Inet, ini artinya, itu artinya apa, haha.. Sampe suka kena omel, percaya tuh ke dokter, jangan sembarangan.. hihihi..

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      haha iya mbak zefy, kadang orang lain melihat kita yang serba kepo sama penyakit dan pengennya serba detail ini sebagai orang yang njelimet dan bikin susah ya. Padahal ya namanya penyakit, pengennya kan kudu dibasmi setuntas2nya dan dihindari sebisa2nya. Ealah jadi panjang mbak hehe….Salam kenal yaaa

      Like

  2. adelescarlet says:

    aku juga suka kepo mba kalo ke dokter ataupun kalo ada orang yang sakitnya ngak biasa,, nanya sedetail2nya supaya tauk sebab dan akibatnya sampe di suruh browsing sendiri karena kesel banyak tanyanya hahha

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      sama Adel, aku juga gitu. Kalo udah ada gejala-gejala sakit, langsung browsing internet bahkan sebelum ke dokter haha. Kan namanya ada yang gak beres sama badan kita pasti pengen tau dong apa sebabnya, apa nama penyakitnya dll ya? hehe…

      Liked by 1 person

  3. Lidha Maul says:

    saya juga mba, suka penasaran kayak mbak. Dari beberapa mantan pasien yang saya wawancarai ((wawancara -_-)) memang ada yang gak suka tahu banyak2 sakitnya, takut kepikiran, takut gak bisa ngadepin, menyesal yg berlebihan sampai nggak mau bangkit. Adalagi yg gak mau periksa dengan alasan yang sama.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      kadang2 iya ada yang begitu ya mbak..saking takut kepikiran soal penyakitnya, jadi mendingan gak usah kebanyakan cari tau lebih dalam. Kita yg orang luar jadi ngeliatnya mereka kayak cuek banget sama penyakit hehe. Makasih sudah berkunjung ke sini ya mbak

      Like

Leave a comment