Mau Jualan Tapi Private

Saya bukan selebgram. Astagaaaa… followers  IG aja cuman 200 orang bijimana mau jadi artis neng?
Nah asal tau aja sebagian besar followers saya adalah toko-toko online gitu. Mereka follow saya karena memang akun saya disetting Public.

Belakangan saya suka bingung. Akun saya difollow mereka (penjual online). Mulai dari jualan sambel pecellah, tupperware2anlah, gamislah, program hamillah, pembesar payudaralah, kursus setir mobillah, penyedia peralatan militerlah, majalah seputar pesawatlah,  dll. Sebagian yang memang ga bisa saya terima mohon maaf saya blok misalnya program hamil dan pembesar payudara itu. Hamil lagi? Oh nooo…udah cukup dua saja sesuai anjuran KB di zaman Orde Baru. Pembesar payudara? Ah…are we gonna talk about Kim Kardhasian or Duo Serigala?

Nah yg agak bikin bingung…banyak di antara akun jualan online ini disetting privat. Pas mereka follow saya, dan begitu saya coba lihat profil mereka, ternyata private.
Kalo saya punya toko online bawaannya pengen setting publik biar orang-orang pada bisa tau dagangan saya apaan aja walau dia bukan followers saya. Iya dong, namanya orang dagang, mikirnya kudu matre. Matre dalam arti nyari pembeli dan keuntungan sebanyak-banyaknya.
Perkara nanti banyak yg aneh-aneh di tengah jalan, seperti tau-tau nanti ada akun jualan followers nawarin dagangan, atau ada kompetitor gak terima ini itu misalnya, yah risiko dagang ke publik aja itungannya.

Dan setelah bingung, akhirnya…..to be honest, i feel so lazy to follow back those kind of private account. It feels like you invite me to come to your store but when i arrive in front of your door’s store you still doubt me, and keep your door open just one centimeter….

superthumb

gambar dari Google

Adakah yang memiliki pengalaman yang sama? Atau…memang ada alasan yang mendasar sampai harus men-setting private toko online kita? Berhubung saya samasekali enggak pernah jualan online, jadi blas saya enggak ngerti “alam”nya.
signature

28 thoughts on “Mau Jualan Tapi Private

  1. Ikha says:

    Hihi, saya (pernah) jualan online Mbk. Sekarang masih jalan sih, tapi ga ngoyo (terlalu memaksa) amat.soalnya ngurusi kerjaan kantor juga. Iya sih memang ada banyak akun yang di private,kebetulan akun jualan saya ga saya private, biar mereka bebas komen dan liat2,bebas DM juga, meski akhirnya ga jadi beli sih, gpp. hehe

    Nah kalau akun pribadi saya sering saya gunakan untuk berselancar nyari produk online (saya suka liat2 jg) sering menemui akun jualan yg di private, jadinya harus follow dulu baru bisa liat2. Kalau hemat saya sih mbk, mereka menghindari orang yg ga follow tapi suka tanya2, komen dsb. Ya kalau di setting private kan otomatis follower mereka bakalan nambah. tapi entah juga sih mbk.

    Maaf malah cerita panjang, hehe.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      gpp umi, kan fungsi kotak komen memang untuk memberi pendapat, panjang is ok banget kok. Berarti emang eksklusif gitu kali ya, enggak pengen (atau lelah?) di DM ditanya ini itu tapi ujung2nya gak beli. Padahal menurutku itu salah satu risiko kalo kita berdagng baik online maupun offline. Tapi yah masing2 orang beda ya umi hehe…

      Liked by 1 person

      • Ikha says:

        “enggak pengen (atau lelah?) di DM ditanya ini itu tapi ujung2nya gak beli. ”

        Nah terkait ini saya pernah baca curhatan di salah satu toko online (yang lumayan) besar mbk, dan memang mereka lelah juga ditanya2 tapi ga jadi beli. hehe. kalau analisan saya sih itu tadi mbk. belum ada tambahan.

        Huum benar mbk, memang orang beda2.. tingkat sabarnya juga beda2, apalagi yang toko onlinenya sampe besar begitu. ya meskipun sebenarnya ditany2 konsumen itu juga ujian. bagaimana tetap menjadi ramah bagaimanapun pembeli bertingkah.

        Liked by 1 person

  2. fasyaulia says:

    Hihihi setau ku yang di private gitu biar fotonya gak dicuri seenaknya, terus alasan lainnya biar reseller nya kedapetan untung mba. Ada akun2 besar yg followernya seabreg, mereka punya reseller yg follower nya seuprit2, nah jadinya akun2 besar itu dibuat private deh. Untuk alasannya lainnya aku gatau, hmm tapi aku sih sebagai konsumen lebih suka yang gak diprivate.

    Eh, aku punya akun khusus sih buat follow2 akun2 onlenshop mba hahaha. Gak penting ya? tapi penting sih buatku yang doyan belanja onlen hahaha. Abis kalau ada di akun sendiri, ya ampun seabreg2 isinya belanjaan semua, bisa salah arah aku astagah wkwk. Terus kan kalau ada akun khusus, bisa bebas ya mau akun onlenshop nya di private atau enggak 😛

    Aduh pertama kali komen disini, komennya panjang sekali 😥 maapkan…. jadi malu.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      fasyaaa gak papa panjang. Aku yang makasih karena berkat komenmu aku jadi tercerahkan kenapa OL shop memprivate akun mereka. Yap bener, aku pun termasuk konsumen yang gak demen akun OL shop private hehe…
      Aku tadinya juga pengen bikin akun dua, satu yang pribadi, satu lagi buat kuis hunter. Lhah ketauan dah hobinya apaan haha…
      enggak kesampean ding bikin sampe dua karena faktor M. Males mksdnya. Makasih udah mampir sini ya Fasya 🙂

      Liked by 1 person

  3. Hafidh Frian says:

    Saya private sih. Bahkan ga punya. Tetapi alhamdulillah sektor riil tak kalah sengit. Tantangan tak kalah gede. Profit juga. Pasar tradisional masih banyak yg nampung kok. Tapi itu pilihan sih, era sekarang digital eh.

    Liked by 1 person

  4. Sandra Nova says:

    Hihihihi aku jg suka KZL kl toko jualan di private, kesannya kok ekslusif banget yaaa.. padahal kl ntar ku follow barangnya ya sama aja gitu, jadi bhay aja lah olshop2 IG yg di private, masih banyak olsop lain yg lebih transparan #eh 😀

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      hehe iya, tadi ada beberap komen yang sudah njelasin juga kenapa OL shop itu diprivate. Dan setuju, akupun lebih senang yang OL shop setting-an public. Terlihat lebih ramah dan friendly aja gitu 🙂

      Like

  5. sinyonyanyablak says:

    Itu emang trik olshop, biar org pd ngefollow, soalnya klo ga di-private rata2 org cuma liat2, banyak nanya tp ga beli hahaha., malah kadang nanya hal yg ga penting ky ‘harga brp?’ Pdhl jelas2 di caption udah ditulis harganya. Lagian akun olshop yg punya banyak follower rentan dihack sm org, makanya mending di private, krn followers buat tukang dagang kan modal juga.

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      ooo gitu. Asli baru tau. Padahal kalo menurutku orang cuma liat2, nanya harga padahal jelas2 udah dicantumin, banyak nanya tapi gak beli, itu memang risiko punya dagangan/buka toko. Tapi ya mungkin mereka juga super lelah hayati menghadapi itu, makanya diprivate ya 🙂
      soal hack menghack aku juga baru tau mbak. Thanks untuk sharingnya ya 🙂

      Like

      • sinyonyanyablak says:

        Iya emang resiko, tp kebayang ga sih akun yg punya puluhan-ratusan ribu follower itu yg nge-chat bnyk bgt bisa mpe ratusan-ribuan org, semuanya minta dibls cepet, mpe kadang mo makan siang aja susah, belum lagi klo dapet orderan di luar instagram ky tokopedia, shopee, lazada, dll. Jd private instagram itu bukannya sok ekslusif tp buat ngefilter org2 yg pada ga serius order.
        Soal hack itu kejadian sm tmen aku yg ga diprivate pdhl followersnya udah 40K, akunnya dihack buat dijualin, soalnya kadang org yg mo bisnis di Instagram suka males klo mulai dr awal, dpt follower kan susah ya, makanya sering ada yg jual2in akun instagram dengan follower banyak.
        Well, Itulah suka dukanya olshop, kyny aku komen kepanjangan nih mpe bs dibikin satu postingan hihihi..

        Liked by 1 person

      • imeldasutarno says:

        aku suka komen iniiiii…jadikeunlah mbak satu postingan, buat di blogmu. Berkat komen ini aku dapat pemahaman baru…oh ternyata behind the scene kenapa diprivate seperti itu. Asli baru tau ada praktik jual2in akun IG dengan followers banyak gitu. Yg aku tau selama ini ya sering ada orang follow kita dan ternyata akun itu penjual followers doang. Duh Gusti…ngenes itu temenmu mbak yang followersnya 40K, semoga yang ngehack dapat hidayah deh…
        Mbak makasih ya udah kasih pencerahan….. 🙂

        Like

      • sinyonyanyablak says:

        Sebenernya akun olshop yg suka follow2 itu dia pake aplikasi, jd ada aplikasi yg bs follow otomatis & unfollow otomatis secara random, banyak deh ilmunya soal olshop, ada bbrp penjual yg jual akun IG secara jujur ngumpulin follower sendiri&ada juga yg ga jujur dr hasil ngehack itu, next time deh aku coba posting dibalik layar olshop heheheh..

        Liked by 1 person

  6. inlycampbell says:

    Well, kalau menurut gua, kalau memang mau jualan yah resiko.. Kalau disetting private, jujur, udah males duluan follow.. Kecuali memang yang jualan cuma dia aja, yah mo gimana haha.. Tapi bisa aja kan habis follow-lihat2-gak cucok-unfollow hehe.. Terus kalau gua lebih seneng ada harganya juga.. hehe.. biar gak ribet tanya2, trus gak jadi beli hihi.. ( emang suka sebel sama yang jelas2 udah harganya, trus yang mau beli pake nanya lagi haduhhhhh, kecuali tanya masih ada atau ngga? atau kadang krn OL Shopnya gak up to date yaaa )

    Liked by 1 person

  7. adelescarlet says:

    aku paling malas klo ketemu orang jualan di IG tapi account di lock macam ndak niat jualan..
    atau kadang jualan tpi ngak ada harganya kita kudu add line atau whatsapp mereka.. hmmm! kerja 2 kali add sana sini..

    Liked by 1 person

  8. d' says:

    Aku juga sebel kalo diprivate krn hashtag nggak ke detect. Suka sebel juga kalo hashtag nggak sesuai gambar. Misal cari #jualsepatuanaklaki eh masa gambar rok tutu unyu2 jg muncul

    Liked by 1 person

Leave a Reply

