Gambar-gambar Lintang

Tiap anak punya kebiasaan, karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ada yang pintar di bidang akademis, namun kurang apik di pergaulan. Ada yang gaul dan supel, kesayangan semua teman-temannya, tetapi prestasi akademiknya biasa-biasa aja. Begitu pula dengan bakat dan minat mereka. Ada yang suka aktivitas serba bergerak kayak main bola, sepeda, manjat-manjat, tapi ada pula yang lebih suka merakit lego kecil-kecil dengan teliti dan sabar.

Begitu pula kedua anak saya. Kalo kakaknya demen banget sama segala hal yang berkaitan sama construction (seperti heavy equipment, pembangunan jalan dan jembatan, dan seputar itu), sebaliknya si adik sukanya menggambar.

Akhir-akhir ini, minat Lintang terhadap aktivitas menggambar semakin besar. Sejak sebelum masuk sekolah TK sebetulnya dia sudah suka menggambar. Awalnya mesti dibimbing bapaknya (yang kebetulan memang bisa gambar dan seorang designer grafis), dikasih contoh gambar lalu Lintang diminta menggambar tiruan versi Lintang sendiri. Diajari bagaimana menebalkan pinggiran gambar agar objek yang akan diwarnai bisa lebih jelas.
Lalu minatnya semakin tersalurkan setelah di sekolah ada ekskul melukis. Tanpa pikir panjang, dari lima jenis ekskul di sekolahnya, ia mantap memilih melukis saja.

Hampir setiap hari entah sepulang sekolah ataupun sambil menunggu ibu bapaknya pulang kantor, Lintang menggambar. Terkadang gambarnya awut-awutan. Namun belakangan ini semakin baik. Bukan hanya tarikan garisnya, tetapi juga cara ia memilih warna, cara menjaga kerapihan agar warna tidak keluar garis, dan juga aneka pilihan objek yang digambar. Jika dulu masih meniru apa yang digambar bapaknya, belakangan ia membuat gambar sendiri sesuai objek apa yang ia lihat dari buku atau dari TV.

Pilihan alat mewarnai pun semakin beragam. Kalau awal-awal hanya menggunakan pensil warna, lalu krayon. sekarang sudah mulai belajar menggunakan cat air. Tentunya untuk mencampur warna masih dibantu bapaknya.
Nah ini beberapa gambar hasil karya Lintang. Untuk cerita masing-masing gambar, lihat di caption yaaa….

P_20170831_195924-800x450

gambar sapi tapi hidungnya selintas mirip pig nose ya? lalu ada awan dan mataharinya. ini hasil niru dari buku cerita

P_20170831_195945-600x1067

Kalau yang ini orang lagi mau ulang tahun. Warna warni berlapis di sebelah kanan itu adalah kue ulang tahun

P_20170916_133950-800x450

Proyek perdana gambar pakai cat air. Mulai dari rangka gambar menggunakan pensil dia gambar sendiri, cuma meniru dari kucing yang ia lihat di buku-buku. Kemudian dibantu bapak ia mencampur warna

 

IMG_20170908_125826_105_1

Ini gambar meniru objek yang ada di kotak krayon. Tarikan garisnya sudah rapi.

P_20170918_082056_1-600x791

Yang atas murni gambar bapaknya. Lalu Lintang ngikutin, dan murni buatan dia juga mulai dari rangka gambar pake pensil sampai mewarnai pake cat air.Β 

Masih banyak sebenarnya gambar hasil karya Lintang, gak semua saya foto dan posting di sini. Mudah-mudahan semakin ciamik hasil karyanya. Mudah-mudahan minat dan bakatnya semakin hari semakin terasah. Sebagai ibu, tentu saya bangga karena……………..saya ini engga bisa gambar blas selain gambar rumah dan pemandangan standar khas SD zaman Orba *nangisbombay*

Kalau kalian bisa menggambar gak? Atau mirip saya nasibnya? πŸ™‚
signature

Advertisements

11 thoughts on “Gambar-gambar Lintang

  1. Abang Yusuf says:

    Gue percaya kalo bakat itu nggak ada. Yang ada itu cuman hobi dan cita-cita. Gue setuju sama si mbaknya yang dukung minat anaknya.

    Tiba-tiba gue jadi pengen nulis buat mbaknya:

    “Seseorang menjadi ahli bukan karena bakat alami, tapi karena kerja keras juga dedikasi. Manusia menjadi ahli karena waktu, bukan gosokan batu. Manusia menjadi bisa karena terbiasa, bukan gigitan ular berbisa.”

    –Dukung terus anaknya ya mbak…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s