Puding Ubi Ungu tanpa Santan

Kalo udah mati gaya mau bikin cemilan apaan buat anak-anak di rumah, palingan yang tergampil adalah bikin agar-agar/puding, terutama yang rasa cokelat. Tapi biasanya anak-anak juga sering bosen sih apalagi kalo emaknya bolak balik cuma bisa masakin itu doang hehe….

Ya maklum, kita kan ketua tim #KaloAmatirJanganPakeNanggung. Hestek ini kerap saya gunakan di IG. Ya karena saya memang amatir. Sudahnya foto-foto makanannya terkadang jelek komposisinya, blur/kurang cahaya, properti yang ngasal, ditambah pula masakannya ya cuma muter di situ-situ aja. Amatir lah pokoknya.

Nah balik lagi ke soal agar-agar. Tiba-tiba sok sok-an pengen eksperimen gitu. Kebetulan ada ubi ungu di rumah. Lalu iseng browsing bisa gak sih ubi ungu ini dicampur agar-agar gitu? Eh ternyata banyak banget dong resep puding/agar-agar ubi ungu bertebaran di penjuru dunia.
Pilah pilih resep, saya memantapkan hati untuk membuat agar-agar ubi ungu tanpa santan. Alias santannya diganti susu kental manis. Duh jeleknya, saya lupa itu resep milik siapa…jangan ditiru ya guys kelakuan ini.

Nah sekarang marilah kita mulai eksperimen membuat puding ubi ungu:

BAHAN A
-150 gr ubi ungu, kukus, haluskan
– 3 sachet susu kental manis putih
– 150 ml air matang

BAHAN B
-1 sachet agar-agar plain Swallow Globe
– 600 ml air
– 3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
– garam secukupnya
– 1 lembar daun pandan
– Vanili (optional)

CARA MEMBUAT:
1. Blender bahan A sampai lembut.
2. Dalam panci, campur rata semua bahan B, masak sampai mendidih, sambil terus diaduk ya.
3. Setelah mendidih, masukkan bahan A, aduk-aduk agar susu tidak pecah. Masak sampai meletup-letup. Matikan api.
4. Tuang dalam cetakan sesuai selera.
5. Dinginkan.

Nah kira-kira jadinya seperti ini

P_20171012_082122_crop_776x576

Amateur isn’t it? Ujung pudingnya udah ancur gara-gara terburu-buru ngeluarin dari cetakan, hahahaha….

Pas dimakan, hmm ternyata enak juga euy. Perpaduan rasa ubi yang manis, agar-agar yang dingin dan wangi daun pandan, bikin nagih. Cuma susahnya bikin agar-agar ini gak bisa setiap saat, karena kadang-kadang stok ubi ungu di tukang sayur suka kosong euy 😦

Selamat mencoba teman-teman. Lumayan buat alternatif cemilan di rumah nih. Ubi ungu kan baik untuk kesehatan loh 🙂
signature

Advertisements

9 thoughts on “Puding Ubi Ungu tanpa Santan

  1. Shabrina Anggraini says:

    Paling doyang ubi ungu, nikmat dikukus atau dijadikan kue. Baru tau ternyata bisa dijadikan puding juga. Suka nulis tentang resep dan kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk mbak. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya lumayan lho, mbak. Cek https://belanga.id/kangenibu/ deh.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s