Main-main ke RPTRA Dursa Bersatu

Seperti biasa, tiap ada kesempatan untuk libur, pak suami lebih senang membawa anak-anak untuk beraktivitas outdoor ketimbang jalan-jalan ke mal. Yang paling sering ya ngajak kami sekeluarga sepedaan. Biasanya keliling-keliling seputaran Pondok Bambu aja, karena kalau anak saya yang sulung belum bisa diajak sepedaan jauh-jauh banget.

Ya kalo bapaknya mah sepedaan udah yang antar kota begitu. Jadi misalnya berangkat dari rumah, tapi tujuannya ke Bekasi, lewat jalan-jalan blusukan/jalan kampung yang emang justru trek yang dicari para pesepeda gunung. Atau berangkat dari rumah tau-tau tujuannya udah ke Cikeas-Bogor.

Nah nyambi ngajak anak bersepeda Sabtu 24 Februari kemarin, kita mampir di sebuah Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Dursa Bersatu. Lokasinya di Jalan Swadaya tepatnya persis di belakang sekolah SDN Duren Sawit 16 &17. Kami nampaknya kurang gaul, karena RPTA ini sudah diresmikan sejak Oktober 2017.

P_20180225_090547-800x600

Kesan pertama tentu girang karena ada juga RPTRA yang terjangkau dari rumah. Selama ini kan andalannya main ke RPTRA Tebet sebab jenis permainannya lumayan banyak.

Baca juga: Bermain di RPTRA Tebet

Jenis permainannya memang hanya sedikit di Dursa Bersatu ini. Hanya ada ayunan, perosotan, jungkat jungkit. Ayunannya sendiri ada dua jenis loh, ada yang untuk dedek bayi/batita juga 🙂

P_20180225_090634_1-600x813

yang sebelah kanan ayunan untuk dedek bayi tapi eh kok ada anak besar juga yang make ya?

P_20180225_090634-800x600

Plus ada lapangan futsal, kantin, perpustakaan, WC, dan semacam aula terbuka yang bisa digunakan warga untuk berbagai kegiatan. Ketika kami sampai di sana sekitar jam 08.30 WIB, perpustakaan masih tutup, namun sudah ada aktivitas dari Rumah Zakat Indonesia bersama para anak-anak. Ada semacam perlombaan gitu.

P_20180225_090829-800x600

Alun sengaja bawa bola sepak dari rumah. Sampai di sana, dia minta pak suami menemaninya main bola. Sementara Lintang asik main jungkat jungkit dan perosotan.
Di RPTRA ini memang sedikit beda dengan RPTRA lain, di mana tidak terlihat aneka tanaman menghiasi lahan tanahnya. Atau memang belum ditanami ya? Kesan gersang dan panas sudah tentu langsung didapat mengingat tanaman pelindung/pohon besar tidak ada.

P_20180225_091341-800x600

bangunan di background itu adalah SD Duren Sawit 16&17

P_20180225_091107_1-600x945

Oya RPTRA ini buka dari jam 06.00 WIB dan tutup sekitar jam 21.00 WIB. Dulunya area ini tanah kosong yang kurang terawat, ditumbuhi semak belukar. Dan lokasinya yang persis di belakang SD, memberi kesan SD yang bersangkutan kurang mendapat perhatian dan kurang terawat.

Alhamdulilah kehadiran RPTRA ini mempercantik pemandangan di sekitar area sekolah. Plus memberikan kemudahan akses bagi para anak-anak dan keluarga untuk bermain di luar ruang. Memberikan anak-anak keceriaan karena bisa bermain yang menggerakkan fisik, tidak sekedar mager di rumah main gadget 🙂

Mudah-mudahan ke depannya RPTRA ini tetap terawat dan tidak menjadi kotor atau rusak akibat ulah kita-kita para pengunjungnya. Yuk main ke RPTRA 🙂
signature

Advertisements

4 thoughts on “Main-main ke RPTRA Dursa Bersatu

  1. Rere says:

    wah emang lumayan banget sih tempat main beginian untuk anak2 yah mba, sayang di sekitaran rumahku jarang banget, ada kaya semacem taman gitu aja sih. yaiyalah org warga tangsel huahahahaha

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s