Belajar Bikin Martabak Manis Teflon No Mixer

Sudah lama saya kepengen nyoba bikin martabak manis di rumah. Cari-cari resep di Google, rata-rata semua resep menggunakan ragi. Duh pe-er banget soal ragi ini, karena mikirnya gini: kan gak setiap hari bikin martabak sampe si ragi habis satu kotak. Bisa dibuat roti tapi udah males poll ngebayangin ngulenin adonannya (enggak punya bread maker cuy). Pokoknya mikirnya cuma: ini ragi satu kotak mau diapain lagi ya after martabak manis?

Namun karena udah kebelet banget nge-martabak, akhirnya saya beli ragi merk HAAN kemasan kotak kecil. Semua alat perang udah punya: teflon dan bahan-bahan dasarnya. Semua cukup beli di warung dekat rumah, kecuali ragi, mesis dan keju yang beli di minimarket.

Baca juga Tempat Membahagiakan Itu Dekat Dengan Rumah SayaΒ 

Setelah menyiapkan mental dan menyiapkan bahan-bahan, mulailah belajar bikin martabak manis. Kenapa nyiapin mental? Iyalah, kalo gagal kan eikeh baperan orangnya hihi. Oiya, untuk resepnya sendiri saya akhirnya pakai dari media online Merdeka[dot]com. Wahahaha bukanny apake cookpad yeee malah milih resep di media online.
Lalu tibalah saatnya beraksi di dapur. Yuks mulai

BAHAN:

125 gram tepung terigu
180 ml air matang
4 sendok makan mentega
3 sendok makan gula pasir
2 sendok makan susu bubuk (opsional)
1 butir telur ayam
1/4 sendok teh ragi instant
1/2 sendok teh baking powder
susu kental manis secukupnya
mesis dan keju sesuai selera

P_20180304_125652-800x600

Bahan-bahannya minus keju, mesis, susu kental manis

CARA MEMBUAT

1. Campurkan tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air.
Aduk adonan sampai tidak menggumpal.

2. Lalu diamkan adonan selama 30 menit. Saya sambil didiamkan, ditutup pake serbet atau bisa juga alumunium foil.

3. Selagi adonan didiamkan, letakkan 3 sendok makan mentega di panci atau loyang teflon. Cairkan, lalu diamkan sampai sedikit mendingin.

4. Kocok lepas telur ayam, hingga tidak ada bagian putih menggumpal lagi.

5. Tambahkan mentega cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur ayam yang sudah dikocok lepas tadi. Aduk lagi sampai tercampur.

6. Panaskan teflon dengan api kecil. Lalu tuangkan adonan. Goyangkan teflon seperti kalau kita membuat kulit dadar. Hal ini supaya pinggiran martabak terbentuk.

7. Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung.Setelah itu taburkan sisa 1 sendok gula pasir di permukaannya.

8. Tutup teflon, diamkan kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari wajan teflon.

9. Selagi masih panas mulai dioles pakai sisa mentega lalu dihias dengan mesis, keju, susu coklat, atau topping apa aja sesuai selera.

P_20180304_135346-800x600

Sudah dihias

Gosong gak? Iyaaaa rada gosong huhuhu aku cedih. Etapi alhamdulilah krucils seneng sama makanan ini. Ya iyalaaaah anak kecil mana yang gak demen makanan manis. Malah yang lanang kasih-kasih potongan martabak itu ke temen-temen mainnya yang lagi berkunjung ke rumah, hehe…..

P_20180304_135555-800x600

Gosong

Nah karena penasaran kenapa kok gosong, saya browsing ke master-master yang udah terbiasa masak. Dan salah satu tips yang saya peroleh: kalau mau bikin martabak, para abang-abang penjual martabak, kan pake loyang khusus martabak, yang anti lengket dan tebal sekali. Sementara teflon itu lebih tipis dari loyang abang-abang. Itulah sebabnya kalo mau pake teflon, apinya kudu super keciiiil. Atau, kalo tetap mau mirip loyang abang-abang, coba pakai cetakan kue lumpur teflon. Jadinya memang martabak mini gitu. Tapi kan malah lucu ya kalo kecil-kecil jadinya, pas untuk ukuran satu kali lep anak kecil hehe. Insya Allah kapan-kapan nyobain bikin pake cetakan kue lumpur.

Oiya, setelah martabak jadi, kan saya nyicip satu potong kecil. Ndilalah rasanya kok malah lebih lembut dibanding di abang-abang yang cenderung kenyal gitu ya. Saya lebih suka yang seperti ini deh, ketimbang yang kenyal.

Nah itulah pengalaman pertama bikin martabak manis teflon no mixer. Gampil euy ternyata. Ada yang juga suka bikin di rumah?
signature

Advertisements

15 thoughts on “Belajar Bikin Martabak Manis Teflon No Mixer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s