Ikan Hiyu, Ikan Pawus dan Beruwang

Anak saya yang kedua, Lintang, suka dengan aktivitas menggambar dan mewarnai. Saya pernah menulisnya di sini.
Semakin hari, gambar Lintang makin bervariasi. Dan yang membuat senang, campur tangan bapak sebagai guru gambar di rumah semakin sedikit. Sebab anak ini nampaknya punya inisiatif yang tinggi.


Ketika melihat ada gambar-gambar hewan entah di TV atau buku cerita, nanti pelan-pelan akan dia tiru. Dan gambarnya pun ada jalan ceritanya. Bukan sekedar menggambar satu objek misalnya kambing. Tapi nanti ada petaninya, rumput, matahari, dll. Lalu kambingnya mengeluarkan suara “mbe…mbee…” yang ia sampaikan melalui bubble speech kayak di buku-buku komik. Kadang amazingΒ juga sih.

Nah sekarang inisiatifnya nambah lagi. Karena sudah bisa membaca dan menulis, meskipun masih terbata-bata dan salah-salah, ia keukeuh menambahkan kosakata di gambar-gambarnya. Bagaimana cara dia menulisnya? Rupanya Lintang menulis berdasarkan pendengarannya. Jadi misalnya dia harus menulis “bola” , kemudian sambil mengucap kata bola di mulut, tangannya menulis di kertas. Begitu pula untuk bahasa Inggris, yang endingnya kocak…….

Tanpa berpanjang lebar, inilah gambar-gambar dari Lintang

1. Ini ceritanya ada domba lagi mbee mbeee. Terus matahari dan awannya ngeliatin kambing sambil bilang “wow”. Lalu ada petani yang mau panen kangkung. Petaninya pake baju kotak-kotak.

P_20180310_204017-800x600

2. Nah ini mencoba pakai bahasa Inggris. Jadilah :
Elephant itu elfen, bear itu ber, dinosaurs itu daynesor, bird itu bert. Sementara nulis singa juga malah salah. Beruang malah pake W. Wis karepmu nduk, sing penting bahagia hahahaha……
P_20180312_200322-800x600

3. Ini juga mirip-mirip. Ada dinosaurs yang jadi daynosor, chicken yang jadi ciken, dragonfly yang jadi dargon felay, cloud yang kedengeran di telinga dia ked. Matahari doang yang bener, karena dia bilang “aku liat di buku nulisnya sun bu…”
Btw itu dua ekor ayam dia bilang yang satu ibunya, satu lagi bapaknya, lagi nungguin telur ayamnya menetas.

P_20180313_062234-800x600

4.Β  Baby shark adalah favoritnya. Jadi dia gambar aneka biota laut yang ada hubungannya sama si baby shark itu. Plus dasar laut dan permukaan air laut.

P_20180312_201213-800x600

5. Aneka biota laut. Ada ikan asin……karena dia mengira ikan asin itu nama ikan seperti ikan piranha, tongkol, dll. Duh ada ikan hiyu dan pawus eeeeuy…… Bebas naak, bebaaaaasss….. hahahahah….

P_20180312_201623-800x600

6. Ini masih seputar gambar domba. Lalu ada burung beo yang dia tiru dari buku cerita di rumah. Di buku cerita itu burung beonya berusaha menirukan ucapan orang yang memanggil tukang sayur.

P_20180312_202233-800x600

7. Kalau ini gambar makan dan minuman. Ada air jeruk, pitza dan roti selay dengan Y. Hehehe

IMG-20180316-WA0001

Nah berikut ini video proses menggambar singa. Berhubung di IG ga bisa posting video panjang jadi cuma singa aja yang direkam πŸ™‚

View this post on Instagram

Menggambar singa

A post shared by imeldasutarno (@imeldasutarno) on

Mudah-mudahan ke depannya nambah pinter ya nak. Doa terbaik dari ibu dan bapak untuk Lintang. πŸ™‚
signature

Advertisements

12 thoughts on “Ikan Hiyu, Ikan Pawus dan Beruwang

  1. jessmite says:

    Dulu waktu kecil saat aku diajarin ayah Bahasa Inggris, aku tulis kosakata warna dalam Bahasa Inggris sesuai yang aku dengar dan pakai ejaan Bahasa Indonesia, seperti “red” jadinya “ret”.
    Lalu dikatawain oleh ayah saya bahwa bukan begitu cara menulisnya, tapi saya nggak ngerti dimana letak kesalahan saya?!
    Gambarnya bagus lho, tulisannya juga rapi, semangat terus ya Lintang!

    Liked by 2 people

  2. naniknara says:

    wah gambarnya bagus-bagus.
    Kok kayak anak saya ya, nulisnya lebih banyak pakai huruf kapital. Kalau saya protes, biasanya dia bilang lebih mudah nulis pakai huruf itu dibanding huruf satunya

    Liked by 2 people

  3. Lya Amalia says:

    huahaha, gambarnya lucu – lucu yaa mbak πŸ™‚ saya jadi bayangin diri sendiri dulu pas waktu masih kecil bagaimana gambar dan tulisan – tulisan saya πŸ˜€ mesti bikin ibu sayasenyum senyum sendiri

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s