Waspada Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi T-Sel dari Telkomsel

Siang ini Allah SWT masih melindungi saya. Hampir saja saya ditipu oleh oknum yang memanfaatkan aplikasi T SEL APPS dari Telkomsel.

Tiba-tiba ada telepon masuk ke nomor Telkomsel saya. Dari awal alhamdulilah sudah diberi kecurigaan sama Allah. Karena nomornya bukan nomor kantor Telkomsel melainkan nomor hp pribadi. Nomor 0813 gitu.
Lalu saya angkat. Di ujung sana seorang laki-laki berbicara, dia bilang dia CS (Customer Service) dari Telkomsel dan menelepon dalam rangka meningkatkan jaringan 4G. Dia konfirmasi bahwa saya pake kartu Halo, hp saya android, dan beberapa pertanyaan lain. Anehnya, jika CS, nada bicaranya tidak seperti CS. Tapi seperti orang kebanyakan, terkadang intonasinya pelan. Yang saya tau, kalo CS, kalimatnya tertata/teratur, intonasi stabil, dan selalu memakai bahasa formal, tidak memakai bahasa keseharian seperti misalnya ” hp ibu android kan ya?”. Curiga dicampur kuatir akan dihipnotis via telepon, sampai-sampai ketika dia ngomong, posisi hp agak saya jauhkan dari telinga, hahahaha.

Endingnya dia bilang bahwa saya bisa masuk aplikasi Telkomsel dan saya diminta menyebut 4 digit password yang dia sudah sms. Ketika minta password itu, nada bicaranya terburu-buru, seperti yang pengen cepat-cepat dapat. Makinlah curiga. Dengan santai saya jawab: “gimana saya mau liat password lha wong saya lagi nelepon begini?”. Oknum masih mencoba. “Nah sekarang coba deh ibu liat passwordnya ya.”

Detik berikutnya saya putus sambungan dengannya. Habis itu hp saya benar-benar matikan dulu. Tangan ini spontan bergerak browsing di laptop, apakah saya ditipu atau tidak? Bagaimana tidak kuatir dan ragu? Oknum mengirim password itu bukan dari nomor hp, tapi yang muncul di layar adalah “T SEL APPS”. Meyakinkan sekali bukan? Ini sms nya

Screenshot_2018-03-23-14-19-26-600x1067

Alhamdulilahnya, pas lagi browsing pas banget nemu artikel yang memang mengonfirmasi bahwa itu penipuan. Saya baca dalam artikel, semua mekanisme kerjanya sama persis seperti si oknum, sampai-sampai bunyi sms nya pun sama. Silakan baca artikel ini ya Waspada Penipuan Aplikasi My Telkomsel, Begini Cara Pengaduannya.

Selesai baca dan yakin itu penipuan, hp saya nyalakan kembali. Rupanya si oknum selama hp dimatikan sudah berusaha call saya 2x. Dan yang cetar membahana…..dia mengirim sms, dengan nomor Telkomsel yang berbeda dari saat dia menelepon saya. Bunyi sms nya sungguh membuatku terhenyaque…..

Screenshot_2018-03-23-14-27-13-600x1067

Et dah….CS perusahaan segede Telkomsel sejak kapan sms-an? Pake bahasa singkat-singkat plus logat Betawi pula. Hehehe….
Sesudah sms dan tidak ada respon, oknum menelepon sekali lagi. Tidak jua saya angkat. Akhirnya dia seperti menyerah. Sampe sekarang tidak menelepon lagi.

Bersyukur sekali hari ini terhindar dari tipu-tipu. Sembari menyisakan satu pertanyaan…para oknum ini bagaimana cara kerjanya, sampai sms mereka bisa tertera T SEL APPS bukan nomor hp biasa ya? Sistem seperti apa yang mereka pakai sampe secanggih ini? Saya sempat browsing pengen baca gimana mekanisme sistem mesin penipuan mereka bekerja, tapi belum nemu artikel yang tepat.

Semoga bermanfaat buat teman-teman ya. Intinya tetap waspada kalau dapat telepon dari nomor-nomor yang aneh dan tidak kita kenal.
signature

Advertisements

2 thoughts on “Waspada Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi T-Sel dari Telkomsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s