Membeli Kenyamanan

Mel, lu beli perlengkapan bayi di ambas? Idih mendingan di Tanah Abang atau Jatinegara. Murah-murah tau. Lu bawa duit gopek bisa dapet banyak ktimbang di Ambas.

Yah ngapain ngambil uang pake ATM bank laen? Kena biaya tau. Kan mayan tuh enam tujuh ribu kepotong dari saldo.”

Saya sering banget berada dalam situasi seperti dua contoh di atas. Kita bahas yang pertama ya.

Soal beli perlengkapan bayi. Waktu dulu zaman masih hamil (sengaja dihighlight karena ini cerita waktu dulu yaaa. Sekarang mah udah tutup buku lah buat nambah anak hahahaha….), dan butuh beli baju plus tetek bengek dedek bayi, saya malah datang ke ITC Ambasador. Banyak teman menyarankan mending ke Tanah Abang atau Jatinegara. Karena dengan kualitas yang gak jauh beda, harganya bisa lebih murah. Bisa dapat lebih banyak pernak pernik malahan.

Lalu cerita yang kedua. Kebetulan di kantor saya gajiannya melalui bank yang ATMnya gak terlalu banyak eksis di mana-mana. (Berarti bukan BCA yah, yang ATMnya menjamur di tiap minimarket hehe). Nah ketika saya harus ambil uang tunai dari bank saya, ya saya gak ambil puyeng dan segera mencari ATM bank apapun yang terdekat. Sudah pasti kena potongan biaya admin. Teman menyarankan mendingan cari ATM bank saya, walaupun harus muter-muter dulu. Daripada kena potongan saban ngambil duit? Isssh…belagak tajir banget ya, kena potong-potong melulu berasa enggak masalah. Kalo dikumpulin 10x ambil uang kan mayan tuh bisa 60,000an. Hehehehhee….

Tapi ya itulah yang bolak balik saya lakukan. Kenapa?

Membeli kenyamanan.

Saya bisa aja jalan ke Tanah Abang dan pulang dengan gembira karena semua baju bayi serba murah. Tapi, saya milih ke Ambas karena ke Ambas effortnya biasa aja. Ke Tanah Abang effortnya luar biasa. Mesti jalan dari pagi-pagi kalo gak pengen kena macet. Jauh banget juga,  dari rumah saya. Berarti alamat capek nih, apalagi bawa genderang di perut yang makin membesar. Gak papa mahal dikit, gapapa dompet jadi kempes mendadak,  tapi kondisi saya nyaman secara batiniah ((BATINIAH)). Mood juga jadi senang. Penting tuh buat ibu hamil, hehe.

Soal ambil uang di ATM beda bank juga sama. Karena butuh uang cepat, ya saya cari ATM terdekat aja. Gak keluar effort banyak, tapi ya memang kepotong biaya admin. But again…i feel comfort, karena ga pake acara puyeng nyariin ATM terdekat itu bank, yang mungkin jaraknya bisa 1-2 km dari posisi saya membutuhkan (rumah atau kantor). Puyengnya dikompensasi dengan biaya admin 6-7 ribu perak.
Kadang saya juga melakukan ini ketika mbak Asisten Rumah Tangga di rumah minta tolong transferkan uang gajinya ke rekening BRI nya dia. Saya gak punya rekening BRI. Artinya kalo mau nyetor uang tunai ya mesti berantri ria secara manual di kantor bank BRInya. Huhuhuuh…malesnyo. Kebetulan selain bank untuk gajian, saya punya rekening juga di BCA. Jadilah saya nyari mesin setor tunai terdekat BCA, trus saya transferin deh uangnya mbak ART ke BRI. Cepat, gak pake antri. Kepotong biaya admin…ah biarin deh. Anggap kompensasi dari kudu antri dsb dll. Yang penting sayanya nyaman.

Contoh lain lagi: naik ojek ke kantor. Ditotal-total biayanya bisa lebih mahal 6 ribu perak dibanding kalo saya naik angkot. Kalau diakumulasi sebulan 20 hari kerja berarti saya udah ngebuang 120 ribu perak gara-gara naik ojek.
Kok milih ngojek? Kalo angkot, saya mesti ganti 3 kali plus jalan kaki dikit biar bisa sampe kantor. Ongkosnya jauh lebih murah tapi…. belum nunggu angkotnya, belum ngetemnya, belum lagi kalo sopir angkotnya ngebut-ngebut rebutan penumpang gak jelas yang bikin jantung pengen copot. Dan masih banyak lagi. Tambah 6 ribu perak, dapat kenyamanan….lagi-lagi batiniah haha.

Bagaimana dengan temans semua? Pernahkah mengalami seperti saya, membeli aneka kenyamanan di dalam kehidupan kita sehari-hari? Yuk berbagi cerita di komen 🙂
signature

Advertisements

18 thoughts on “Membeli Kenyamanan

  1. justpipit says:

    Ojek online dengan kopaja..beda harga lmyn kalau jam sibuk, tp mana tahan ku naik kopaja tiap hari menanggung macet dan ngetem. Sekali2 iya, kalau berangkat super pagi..kalau berangkat mevet2 mah ya ojol lebih nyaman drpd kopaja. Kecuali ya bedanya signifikan bgt kayak milih ga nyaman di commuter line bogor-jakarta tapi ongkos murah bener, la kalok naik ojol bogor ke jakarta tiap hari ane bisa bangkrut 😂

    Liked by 1 person

  2. Hafidh Frian says:

    Saya termasuk yg suka beli kenyamanan dengan uang daripada harus mengorbankan tenaga, kesehatan, kenyamanan, dan pikiran. Beli yg berkualitas dan mudah lebih baik daripada harus murah, jauh, dan bikin capek yakan? Asalkan worth it. 😊

    Liked by 1 person

  3. ndu.t.yke says:

    Aku jg gitu lah. Total belanjaan beda2 20-30 ribuan antara olshop dan offline shop, meski lbh mahal olshop ya mending belanja dr rumah. Bs sambil leyeh2 dasteran. Berangkat lgsg ke tokonya opo yo aku bisa beneran lbh ngirit 30rebu? Uber/taksi online-nya aja berapa. Blm lagi makan siangnya disana. Mosok gak makan, laper dong bumil. Manalah makannya biasanya 2 porsi, hahaha.

    Liked by 1 person

  4. denaldd says:

    Kalau ngomongin kenyamanan, berdasarkan pengalamanku, itu tergantung usia juga. Semakin bertambah usia, kenyamanan tentu lebih diutamakan. Contohnya tentang travelling. Pas berada di range 20-30 tahun, backpacking bagaimanapun caranya yang penting uang yg dikeluarkan sedikit. Mau ganti bis berapa kalipun yg penting murah dan bawa tas ransel segede gaban. Bertambah umur dan makin sayang badan kan, bayar mahal dikit ga masalah. Yg penting nyaman. Aku terakhir backpackingan yg bener2 ngecer abis itu pas bulan madu 6 minggu dari Bali sampai Bandung. Itu bawa tas ransel berapa liter ya lupa yang gede banget (tas ransel mas kawin ini haha). Itu umur 33thn. Masih kuat. Kalo sekarang, duh bawa koper ajalah kalo lebih dari 2 minggu. Punggung retak rasanya 😅😅

    Liked by 1 person

    • imeldasutarno says:

      betul mbak Den. Para backpacker tentunya mikir kebalikan dari postingan ini ya. Cari yang semurah dan seirit mungkin biarpun effortnya bikin capek hehe.
      Umur gak bisa bo’ong ya mbak. Anlene mana Anlene….hahahaha…

      Like

  5. Crossing Borders says:

    Kalo sebanding sama harga dan apa yg didapat plus duit buat belinya ada ya mending beli kenyamanan.. Tapi tiap orang mungkin punya skala prioritas masing-masing yg susah diukur dgn ilmu eksakta, jadinya hal kayak gini bisa jadi sangat subjektif pada akhirnya..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s