Ketika Cuaca Jakarta Galau

Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta sungguhlah galau. Pagi diawali dengan terik matahari. Bahkan baru jam 7 pagi, rasanya matahari sudah nyengat di ubun-ubun. Berangkat ke kantor dengan naik ojek setiap hari, rasanya terbakar. Panas membara, ditambah macet. Tapi menjelang siang, jam 12 ke atas…..hujan deras. Bahkan seringkali disisipi dengan gelegar petir yang besar dan nakutin.

Begitu aja terus tiap hari.

Kemarin pas hari Minggu 1 April, kami sekeluarga kondangan ke tetangga yang nikahin anaknya. Cuaca sangat terik, jam menunjukkan pukul 12.30 WIB. Lagi asik-asik makan di kondangan yang kebetulan digelar di rumah mempelai (bukan gedung) tiba-tiba langit mendung. Ya udah kami kirain mendung doang ya, paling kalopun mau turun hujan bisa sekitar 30 menitan dari mendung yee… Ternyata salah dong. Gak sampe 10 menit mendung datang, hujan super deras disertai angin kencang turun. Beberapa tenda tak kuat menampung air hujan. Bocor di sana-sini. Tamu-tamu bingung mau ngungsi ke mana. Maklum, area kondangannya memang sempit. Baju kami sebagian basah karena hujan yang terbawa angin.
Hujan turun sekitar setengah jam. Lalu berhenti. Dan panas kembali datang.

Saya baca di media online, fenomena cuaca galau ini disebabkan gerak semu matahari yang saat ini berada di sekitar khatulistiwa dan gerak menuju ke belahan bumi utara atau sebaliknya. Sehingga pancaran sinar matahari dan radiasi matahari yang masuk cukup optimal. Hal ini ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 33,0-37,2 celcius. Ini saya kutip dari website iNews dan yang memberi keterangan adalah Kepala Peringatan Dini Cuaca BMKG, Bapak  Hari Tirto Jatmiko.
Sejujurnya kurang paham dengan penjelasan teknikal begitu hehe.

0ca2f6243498f8c6f585c93fbd429add

Gambar dari pinterest.com.au

Sekarang pertanyaannya, apakah bulan Mei ketika bulan puasa tiba…cuacanya pun akan terik membakar seperti sekarang-sekarang ini? Semoga kalau iya, kita semua diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk menjalani puasa dengan khusyuk yaaa…
signature

Advertisements

4 thoughts on “Ketika Cuaca Jakarta Galau

  1. denaldd says:

    Semoga pas Ramadan nanti ga terlalu terik ya di sana. Aku senang Ramadan tahun ini jatuh bulan Mei yg artinya ga sepanjang pas tahun 2015, pas summer, 19-20 jam pula. Gerah plus lama 😁

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s