Tahun ini Gak Nonton HUT TNI AU

Setiap tanggal 9 April, selalu diperingati sebagai ulang tahun TNI AU. Dan seperti biasanya, tiap tahun pula saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk menonton event tersebut, terutama mengejar atraksi udaranya.

Baca :

HUT TNI AU Yang Selalu Ditunggu-tunggu

Yuk Nonton HUT TNI AU

Dirgantara Expo 2017: Seru dan Selalu Ditunggu

Sayangnya, di tahun ini tanggal 9 April jatuh pada hari Senin yang merupakan hari kerja. Wah lemes deh jadinya. Alamat gak bisa nonton. Walau demikian saya tetap berusaha cari tau, event apa aja yang akan digelar TNI AU untuk memeriahkan ultahnya di 2018 ini? Dan saya merasa sedikit beruntung. Kenapa?

Karena di tahun ini, konsep ulang tahun berubah. Atraksi udara yang awalnya selalu masif dipertontonkan ke masyarakat umum, tahun 2018 ini diminimalisir. Jika tahun lalu, dengan asiknya masyarakat umum disuguhkan dengan atraksi udara hampir semua alutsista milik TNI, mulai dari pesawat yang terbang membetuk angka 71 (Sesuai usia TNI AU tahun lalu), helikopter, pesawat jet tempur, deretan pesawat hercules, plus tim aerobatik TNI AU, di tahun ini semua ditiadakan. Hanya menyisakan Jupiter Aerobatik Team saja.  Ya ampuuun, walopun udah lewat satu tahun, masih kebayang waktu deretan aneka pesawat dan helikopter itu latihan di atas rumah dan di hari H kami sekeluarga menyaksikan semua dengan mata kepala sendiri di Halim. Apalagi pas atraksi pesawat jet tempur Sukhoi memeragakan pertempuran udara. Duh rasanya lagi ada di arena perang beneran dengan bom buatan yang memekakkan kuping. Breathtaking! Seru dan gak tergantikan banget deh!

Demikian pula gelaran pameran Dirgantara Expo, ditiadakan. Semua acara tersebut diganti dengan 2 hari gelaran Pesta Rakyat di bandara Halim Perdanakusumah. Pesta Rakyat sendiri acaranya gratis dan terbuka untuk umum, tanpa pameran. Kalau pas Dirgantara Expo banyak sekali stand-stand yang berpartisipasi. Mulai dari berbagai stand kesatuan TNI AU sendiri, stand aneka sekolah penerbangan, stand distro yang khusus jualan baju-baju dengan design berbau aviasi, dan lain-lain.

Nah kalau dalam Pesta Rakyat, yang saya baca dari run down acara di Twitter-nya TNI AU…..didominasi hiburan di panggung alias nyanyi-nyanyi. Ada sih atraksi lainnya yaitu drum band taruna TNI AU dan kolone senapan. Dan kebetulan kedua atraksi darat tersebut tidak terlalu menarik perhatian saya dibanding apa yang terjadi di udara hehe.

Dan saya masih agak sedikit gimana gitu…karena tahun ini TNI AU untuk acara hiburannya sendiri bekerjasama dengan….Inbox SCTV. Jadi selama 2 hari berturut-turut yaitu tanggal 7 dan 8 April, Inbox siaran langsung dari Halim Perdanakusumah.
Duh Gusti…gak kerjasama dengan entertainment lain yang lebih baik apa ya? Bukannya nyinyir tapi sesungguhnya acara-acara model Inbox, Dahsyat RCTI itu kan……ah sudahlah….tak baik ngomongin orang lain.
Atau mungkin inilah konsep mendekatkan diri kepada rakyat yang ingin dicapai. Makanya kerjasamanya dengan Inbox. Du du du du duu…….

Ya sudahlah, itu kan urusan mereka. Kita rakyat jelata cuma bisa nrimo. Apa sih ini? Ha ha ha….

Untuk urusan nonton atraksi Jupiter Aerobatik Team sendiri, ada rasa bosan sebetulnya. Kenapa? Karena saya sebagai salah satu fans yang lumayan ngikutin update mereka via sosmed plus menonton langsung, disuguhi manuver yang itu-itu saja dari tahun ke tahun. Manuver sinkronisasi, mirror, sampe membentuk hati di udara, itu andalan JAT banget. Dan dengan satu warna asap aja yaitu putih. Ah elah tong, lu kate bikin manuver yang lu bilang itu-itu aja kagak susah ape? Iya memang manuver akrobatik itu super sulit dan gak semua pilot TNI AU bisa melakukannya. Tapi kan namanya juga ngasih masukan/saran ya biar ada perkembangan untuk manuver di tahun-tahun berikutnya, terutama banget manuver shaping something with smoke gitu *idih ngeles.

Saya sejujurnya kagum sama manuver smoke yang dipertontonkan sama tim aerobatik negara lain yang bisa bikin macam-macam bentuk di udara. Ada dua contoh dari Youtube ya, siapa tau mau nonton:

Nah ini tim aerobatiknya negara Brazil. Mereka emang ngetop dengan membentuk aneka tulisan di udara pake smoke gitu. Keren ya?

Kemudian ada pula aerobatic team negara Chile yang membentuk bintang di langit, sesuai sama icon di bendera kebangsaan mereka ya

Ah jadi panjang ke mana-mana. Anyway, Dirgahayu TNI AU yang ke-72. Jaga selalu kedaulatan langit NKRI. Semoga makin jaya ya. Dan ditunggu atraksi udara masifnya di tahun-tahun berikutnya *teteeeeppp…..
signature

Advertisements

7 thoughts on “Tahun ini Gak Nonton HUT TNI AU

  1. Abdul Jalil says:

    Saya malah gak pernah lihat tuh atraksi udara seperti itu, palingan lihat pesawat lewat diatas sambil neriakin minta uang. Hhiii #Generasi90anBangettt

    Wah, sayang bner ya, konsep acara tahun ini dirubah. Andai kerjasamany sama Net. pasti pengemasaannya elegan, ya walau secara rating melempem.hhheee

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s