Pas Macet Paling Gak Enak Berada di Belakang 6 Jenis Kendaraan Ini

Berkendara di kota Jakarta ini terkadang bikin galau-galau dilema. Ya tau sendiri kan kondisi jalanan Jakarta kayak apa. Unpredictable. Kadang jalan-jalan tertentu yang biasanya macet parah, tetiba bisa lancar asoy dan kita ga tau apa penyebab yang bikin lancar itu. Sebaliknya begitu kita pikir jalanan bakal lancar, gak taunya macet gak gerak samasekali. Huhuhuhuh….ini asli pengalaman pribadi tiap hari.

Pernah demi menghindari macetnya jalan layang Cassablanca-Tanah abang, saya berangkat ke suatu tempat 2 jam sebelumnya. Itu pagi hari, di mana seharusnya jalanan macet jaya karena semua orang berangkat ke kantor, sekolah, dan aneka aktivitas lainnya. Ndilalah….jalan layangnya kosong melompong macam hari Minggu aja. Alhasil saya sampai tempat tujuan super kepagian. Hahahaha…yah begitulah hidup di Jakarta.

Nah ngomong-ngomong soal berkendara, terutama jika kita berada di posisi sebagai driver (baik roda dua maupun roda empat), pernah gak sih mengalami keadaan serba kurang nyaman ketika menghadapi kemacetan? Macet itu sendiri udah super gak nyaman, eh ditambah lagi ada beberapa kondisi yang bikin semakin gak nyaman. Posisi kendaraan kita berada di belakang apa sih yang bikin gak nyaman itu? Kalau yang ini versi saya:

1. Di belakang truk sampah atau mobil penyedot tinja.
Kayaknya gak perlu dijelasin ya, hahahaha. Macet, enggak gerak, dan terpaksa berada di belakang kedua jenis kendaraan ini sudah tentu gak nyaman ya. Apalagi kalo truk sampahnya super besar, tetesan air sampahnya asik-asik turun dari bak belakangnya. Yang jadi driver dalam kendaraan roda empat aja enggak nyaman, gimana yang roda dua yang serba terbuka ya? Rasanya pengen cepet-cepet melipir kalo udah kejebak macet di belakang truk-truk ini ya.

2. Di belakang truk bermuatan hewan.
Paling sering yang memuat ayam atau sapi/kambing kurban. Duh asli nyesek, apalagi kalo ayam kan jumlahnya banyak sampe bak truknya padat gitu. Baunya enggak kuat men! Udah nyoba tutup idung pake segala jenis saputangan tetep nembus saking kuatnya aroma sang ayam. Nulis ini pun saya mendadak mual sendiri 😦

3. Di belakang truk container super besar.
Pandangan otomatis diblok oleh besarnya badan container. Sebagai driver dan lagi macet gitu kadang kita kan penasaran ya, apaan sih yang bikin macet? Ada kecelakaankah? Tapi ya gak bisa liat ke mana-mana kalo pas di belakang truk jenis ini. Kalo jadi penumpang masih enak ya, masih bisa tengok kiri kanan liat pemandangan lain hehe.

4. Di belakang truk bak terbuka yang memuat orang.
Ini sering ya kita temui di jalanan. Mobil bak terbuka tapi isinya orang, kadang ada sayurannya juga. Orang itu ya para pedagang, dan biasanya jenis mobil ini berasal dari pasar-pasar besar termasuk pasar induk Kramat Jati. Kalo yang cuma isinya cuma orang, biasanya  kita temui pas di daerah dan pas libur Lebaran. Masyarakat dari pelosok desa yang ga punya mobil, rame-rame naik mobil bak terbuka untuk sekedar berwisata ke satu tujuan yang sama.
Kenapa gak enak bermacet ria di belakang mobil begini? Awkward aja rasanya. Pemandangan kita ya cuma ngeliatin aneka gerak gerik mereka. Mereka ngupil, tidur sambil ngorok dan nganga, dan lain-lain ya kita mau gak mau ikut ngeliatin. Nah kayaknya mereka juga risih, karena pas mereka ngeliat ke belakang, ya ngeliatin muka kita yang lagi senep nungguin macet. Ahahahaha….liat-liatan dong. Malesin deh pokoknya.

8e40ae19-f34c-46a3-80ee-b2d16b219c27_169

Gambar dari detik.com

5. Di belakang kendaraan yang knalpotnya ngeluarin asap hitam pekat.
Bisa karena saringan udara kendaraan itu kotor, atau knalpot kesumbat, banyak kendaraan terutama bermesin diesel yang zaman sekarang masih asik-asik ngeluarin asap pekat hitam. Duh polusi maksimal ya. Yang jadi driver mobil aja udah mumet bawaannya kalo pas macet di belakang kendaraan begini, apalagi yang driver motor ya? Huhuhuhu…….

asap-knalpot

Gambar dari pipercomex.com

 

6. Di belakang truk bermuatan benda berat dan melebihi panjang bak truk.
Ini paling horor di antara yang lain. Pernah gak sih berada persis di truk yang bermuatan batang beton, atau batang baja, apalagi kalo batang bajanya sampe keluar-keluar dari bak truk? Walau harus benar-benar menjaga jarak, berada di tengah kemacetan dan persis berada di belakang kendaraan jenis ini bikin hati dag dig dug gak menentu. Gimana kalo ada insiden, barang-barang berat itu lepas dan jatuh dari bak truk? Siapa duluan yang bakal ketiban kalo bukan kita yang persis di belakangnya?

6a235b1e748b8c7448428f21ec79eb57

Selalu berdoa enggak pernah berada di belakang kendaraan kayak gini. Gambar dari bangsaonline.com

Kalau itu semua adalah versi saya. Kalau kalian paling gak suka macet di belakang kendaraan jenis apa? Share di komen yuks
signature

Advertisements

14 thoughts on “Pas Macet Paling Gak Enak Berada di Belakang 6 Jenis Kendaraan Ini

    • imeldasutarno says:

      Nah itu juga semacam horor. Entah apa yang dimakan bapak ibunya tu anak sampe tega ngebiarin anaknya berdiri di tengah. Serem euy, itu kalo oleng trus jatoh, apa kabarnya tu anak ya?

      Like

    • imeldasutarno says:

      Waahahahaha iyaa bener Del. Pernah ngalamin juga. KZL ya digodain begitu. Etapi yang suka miris itu kalo truk pasar yang nagngkut orang plus sayuran. Ngeliat wajah2 orangnya bikin sedih. Tampangnya capek dan tanpa senyum semua hiks hiks….

      Like

      • adelescarlet says:

        ohhiyaa bener.. sedih ya..
        ehh mba masih kurang satu ternyata macet itu paling ngak enak kalo di balekang mobil pengangkut ayam, jgankan macet lampu merah 30dtk aja rasa 1 bulan,, aromanya gk kuat 😦

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s