Gowes Sambil Blusukan

Saya sudah pernah bercerita di sini  tentang aktivitas bersepeda yang sering kami lakukan sekeluarga. Dulu sepedaannya hanya yang dekat rumah saja. Nah akhir-akhir ini, seiring dengan bertambahnya usia Alun,  bapaknya  berusaha untuk meningkatkan jarak tempuh gowesnya. Kami pun diajak sepedaan ke Kawasan Lanud Halim Perdanakusumah. Jika dikalkulasi, jaraknya kurang lebih 6,5-7 kilometer dari rumah kami. Sudah dua kali kami bersepeda ke Halim.

Kawasan Halim sendiri memang sudah lama digunakan oleh masyarakat umum untuk berolahraga. Walau merupakan area milik TNI AU, namun untuk hari Sabtu dan Minggu masyarakat bebas menggunakannya untuk aneka aktivitas olahraga. Tentunya tanpa mengurangi prosedur penjagaan oleh Polisi Militer TNI AU di pos-pos tertentu. Nah kamipun tak ketinggalan mencoba ke sana dengan bersepeda.

Untuk mengurangi akses yang terlalu banyak dengan jalan raya, kami blusukan. Mencari jalan kampung agar dapat sampai ke pinggiran Kawasan Halim, sampai akhirnya bisa masuk ke sana. Kami melewati jembatan, jalan tanah, terowongan di kolong Tol Jakarta-Cikampek. Jika menemui spot bagus, tak lupa berhenti sejenak untuk berfoto.

Foto 1

foto 2

Begitu sampai di dalam area Halim, jalannya sudah aspal semua namun konturnya aneka ragam. Terkadang turunan, lalu tanjakan yang lumayan membuat Lelah gowes. Kalau sudah begini, biasanya kami berhenti sejenak untuk istirahat.

Jpeg

Serunya di dalam Halim, kita bersepeda mengelilingi landasan udara. Jadi pemandangannya adalah pesawat take off dan landing dari kejauhan. Bahkan ada satu spot tikungan di mana kita bisa mendengar pesawat mengambil tenaga penuh untuk melesat terbang. Suaranya keras mengerikan dan memekakkan telinga padahal tikungan itu jauh dari area landasan. Selain itu, sudah tentu pemandangan berupa markas aneka kesatuan di TNI AU juga bisa kami lihat. Ada markas yang di depannya berdiri prototype pesawat tempur, ada markas yang di depannya mempunyai radar raksasa, ada pula markas tempat prajurit berlatih bermcam-macam halang rintang, dan lain-lain.

foto 3

Selain Halim, Alun juga pernah diajak bapaknya bersepeda di pinggiran Kali Malang. Nah kalau di situ, banyak alat berat parkir sebab pembangunan jalan tol Becakayu memang belumlah rampung 100%. Alun senang dan tak lupa minta foto jika melewati area tersebut.

foto 4

Jpeg

Walau blusukan, kami tidak bisa 100% terhindar dari jalan raya besar. Karena memang ada kalanya menuju ke satu tempat tidak ada pilihan jalan kecuali jalan raya. Mau tidak mau Alun pun ikut melintas di kawasan padat kendaraan bermotor tersebut. Formasi yang selalu kami lakukan adalah: bapak di posisi terdepan menjadi leader yang sekaligus memberi aba-aba kapan akan belok ke kiri atau kanan, termasuk memberi tanda kepada kendaraan bermotor di belakang kami agak memberikan jalan. Alun di posisi tengah, saya di paling belakang. Dengan formasi ini Alun tetap dalam pantauan. Sementara adiknya masih belum bisa naik sepeda roda dua, biasanya dibonceng sama bapak.

Mengajak anak bersepeda baik blusukan maupun jalan raya adalah untuk mengasah rasa percaya diri dan keberanian. Terutama sekali keberanian berada jalan raya besar. Selain itu, memberi pengalaman terutama bagi panca indera mata anak kita. Sepanjang jalan ia akan melihat aneka ragam keadaan dan pemandangan. Di sekolah pun, sudah tentu ia punya banyak cerita untuk dibagi dengan teman-temannya yang belum tentu punya pengalaman yang sama.
Di sisi lain, sudah tentu kita wajib menyesuaikan jarak tempuh dengan usia anak. Jangan bersepeda ke lokasi yang terlalu jauh, karena fisik dan speed anak belum tentu bisa sekuat kita yang dewasa.
Kalau kalian suka gowes bareng anak juga gak? Yuk share ceritanya 😊

signature

 

Advertisements

10 thoughts on “Gowes Sambil Blusukan

    • imeldasutarno says:

      Iya sedikit2 dilatih keberaniannya. Yg penting ortunya kudu pede, karena kalo panikan ya anak juga secara psikologis ikutan panik di jalan raya. Kalo CFD malah kayaknya aku enggak deh, karena ruameeeeeeee sama orang lalu lalang olahraga, lha malah enggak bisa sepedaan leluasa dong hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s