Semua Belum Tentu Indah

Dua minggu lalu saya ketemu seorang teman lama. Sebut aja namanya Indah (nama samaran). Indah lalu hosip bercerita tentang teman sekolahnya bernama Endi (nama samaran juga). Endi bekerja di semacam perusahaan tour and travel gitu. Jabatannya bukan main-main. General Manager. Karena perusahaan Endi kecil, jadi Endi ini juga turun langsung ke lapangan, menjadi tour guide bagi para konsumen yang sudah membooking perusahaan mereka untuk halan-halan.

Dari situ aja, sebelum Indah cerita lebih dalam, saya langsung ngebatin : Wuaaaaahhhh….pekerjaan impian sejuta umat. Jalan-jalan ke tempat wisata, walopun in the context of “kerja”. Pengen banget euy kayak dia.

Gak semua orang bisa seberuntung Endi.

Indah melanjutkan cerita bahwa Endi rupanya sering curhat dan mengeluh pada Indah. Soal suasana kerja di kantornya. Soal perasaannya yang ingin resign aja dari kantor itu. Nah lo! Kenapa?

Rupanya sebagai GM, Endi seperti kurang match dengan Manajer yang lain. Seringkali konflik, sering berbeda pendapat, sering dipersulit ini itu jika ia meminta bantuan. Entah apa yang sebenarnya terjadi di antara mereka, saya pun gak mau ikut berpusing ria. Toh gak kenal juga.

Deep down inside sebetulnya Endi tersiksa. Belum lagi soal utang budi dengan owner perusahaan. Endi bisa bergabung di situ karena memang punya skill yang mumpuni lalu diajak gabung sama sang owner tanpa proses seleksi macam orang-orang nyari kerja gitu.

Owner pun hanya ngontrol perusahaan secara remote, jarang banget datang ke kantor. Jadi otomatis jarang tau kejadian di lapangan seperti apa. Sementara Endi sendiri ya tentunya gak pengen nyusahin owner yang udah baik banget ke dia. Makanya kalo ada konflik antar manajer dll, ya Endi milih gak lapor ke owner. Walau konflik gak bisa terselesaikan, pokoknya di depan owner berusaha tampil ceria, seolah-olah ga ada masalah apa-apa. Nyesek, isn’t it?

Di lain sisi, tentang pekerjaan di lapangan. Endi ini sudah jadi guide buat tamu, mulai dari Sabang sampe Merauke. Plus beberapa negara di kawasan ASEAN.
Daerah-daerah wisata cantik di seluruh Indonesia mah udah khatam lah dia. Cung siapa yang pengen banget ke Raja Ampat, Derawan, Sabang, Pulocinta-Gorontalo? Endi mah udah bolak balik berapa kali tau ke tempat-tempat itu. Indah aja yang terkadang cuma bisa ngikuti jalan-jalan via foto-foto di sosmed Endi, duh rasanya cuma bisa envy to the max aja. Ditambah lagi, bukan cuma jalan-jalan bareng tamu di darat, Endi juga terkadang membawa tamu yang ingin scuba diving menikmati keindahan alam Indonesia. Ah, dengki bangetlah kalo dilanjutin soal jalan-jalan kerjanya Endi ini. Hahahaha…..

Yah begitulah….the grass always greener on the other side. Saya, Indah, dan mungkin orang lain di luar sana ngeliat betapa asik dan beruntungnya jadi Endi dengan pekerjaannya itu. Padahal buat Endi sendiri duh nestapa banget. Pengennya ga usah ke kantor aja, pengennya resign aja tapi apa daya lidah kelu mengucap ke yang punya perusahaan, mengingat utang budi tadi. Endi terjebak dalam situasi gak menyenangkan buat dirinya.

Indah menutup ceritanya. Saya lalu mengucap syukur dalam hati. Saya ke Bali aja belum pernah, tapi alhamdulilah keadaan hati tenteram dengan segenap apapun yang saya miliki saat ini. Pekerjaan yang tak seberapa dibanding Endi, keluarga yang biasa aja, dan pergaulan yang minim konflik. Punyanya cuma itu, namun bisa tidur tenang. Apa yang kita lihat wah di orang lain, apa yang membuat iri pada orang lain, belum tentu indah sampai dalam-dalamnya.

Mudah-mudahan Endi menemukan jalan keluar terbaik untuk segenap permasalahannya. Amiin….
signature

Advertisements

7 thoughts on “Semua Belum Tentu Indah

  1. Puji says:

    Endi baik, tapi kalo aku kenal sama dia aku akan sarankan untuk Endi ngomong yang sebenernya terjadi ke bosnya.
    Aku pengen juga ke pulocintaaa, apalagi dibayarin gitu ya 🤗

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s