Perantara yang Tak Selalu Menyenangkan

Beberapa hari lalu saya sudah pernah bercerita tentang soal utang piutang mbak Mawar  . Dan sekitar dua hari lalu, beliau dibuat jera dengan sebuah kondisi perutangan yang juga melibatkan dirinya.


Sebut saja ada mbak Mawar, lalu ada Lita dan ada Desi. Lita adalah teman gaul mbak Mawar yang sering bertemu di tukang sayur. Mereka akhirnya berteman akrab. Sering hang out bareng juga. Sementara Desi juga adalah teman gaul mbak Mawar namun lingkupnya di area antar jemput  anak sekolah. Mbak Mawar kan hampir tiap hari sekolah bertugas antar jemput anak-anak saya. Lalu jadi akrab dan sering hang out dengan Desi.

Suatu hari Lita lagi BU berat. Sudah pinjam ke sana sini nyari utangan namun nihil. Termasuk pinjam ke mbak Mawar. Ndilalah mbak Mawar ada uang namun tidak cukup nominalnya sesuai yang ingin dipinjam Lita. Lalu Lita memohon bantuan mbak Mawar agar dicarikan pinjaman uang lagi supaya nominalnya genap sesuai yang ia butuhkan. Mbak Mawar kasihan dan akhirnya mereferensikan Desi. Dengan diantar mbak Mawar, Lita pun yang memang tidak kenal dengan Desi, akhirnya bertemu dan endingnya Lita mendapatkan utangan dari Desi.

Desi mensyaratkan bahwa uang tersebut harus kembali minggu depan, karena dia pun ada kebutuhan. Sampai tenggat waktu yang ditentukan, Lita tak kunjung membayar. Mungkin memang belum ada uang untuk membayar, saya juga enggak tau. Akibatnya…..Desi terus menerus minta tolong ke mbak Mawar mendesak Lita agar segera mengembalikan uangnya. Desi gak mau ngomong langsung ke Lita karena merasa perantaranya adalah mbak Mawar dan dia gak ngerasa dekat sama Lita.

Sampai dua hari sesudah tenggat waktu, belum ada pengembalian uang juga. Dan mbak Mawar terus di”teror” sama Desi, terus didesak kapan uang itu bisa dikembalikan padanya.

Berada di posisi perantara dalam urusan utang piutang begini sungguh nyesek, sodara-sodara. Bukan salah kita tapi malah kita yang diteror terus. Bukan urusan kita tapi jadi kita yang kebebanan. Pada akhirnya saya kurang ngeh gimana, tapi uang utang berhasil terbayarkan.

Sejak saat itu, mbak Mawar kapok banget. Niatnya dia baik nolongin orang tapi kok endingnya malah nyusahin diri sendiri ya? Makan gak enak tidur gak nyenyak diteror sms, WA dan telepon dari Desi yang nuntut haknya.

Urusan utang piutang di level ekonomi dan status sosial manapun, selalu ada suka dukanya. Semoga saya dan kita semua yang saat ini tengah berada dalam kondisi perutangan, dimudahkan dalam membayar kewajiban kita, dan tidak menyusahkan orang lain.
Mudah-mudahan kisah ini menginspirasi ya temans.
signature

Advertisements

6 thoughts on “Perantara yang Tak Selalu Menyenangkan

  1. mrs muhandoko says:

    aku lagi ada di kondisi ini. meminta hak ku yg belum dilunasi selama 2 th, kuminta pas maret kemarin karena mei ini aku ada keperluan. dijanjiin melulu mbaaaaak.
    akhirnya disms kalau sudah ada uangnya. nah karena aku telat datang nagih ke rumahnya ( selisih 2 hari doank lho) eh ternyata aku dibayar cuma sedikiitt sekali dari nominal yg seharusnya. alasannya karena aku ga datang2. akhirnya tetep kusms dng sopan mohon dilunasi karena saya ada keperluan minggu ini. tetapi aku gak digubris.

    rasanya hatiku mangkeeeeell banget. aku sakit hati banget. sampai acaraku akhirnya kubatalkan lho. lah, malah curhat di sini. hahahaha

    Liked by 1 person

  2. Blogsabda says:

    sudah 1 tahun setengah, piutang saya tdak pernah dibayar, setelah saya tagih2, akhirnya saya jadi malas, dan membiarkan saja.

    Biarkan jadi pahala saya di akhirat, saya sudah berkali2 sampai bosan menagihnya.

    Hindarilah berhutang, sesungguhnya hutang membawa permusuhan

    *sekiann,

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s