Everybody Has His/Her Bad Day

Rasanya semua orang pernah mengalami hari yang kacau dan mengesalkan. Ini yang versi mbak Mawar. Sejujurnya saya turut prihatin kepadanya. Begini ceritanya:

Sabtu 12 Mei 2018 seharusnya menjadi hari yang menyenangkan bagi mbak Mawar. Bagaimana tidak. Itu adalah hari libur, di mana ia sudah berencana mau nyicil belanja Lebaran terutama baju untuk anak perempuannya plus mukena baru untuknya bertarawih. Mendengar niatnya aja hati saya tetiba berasa hangat dan bahagia.

Namun hari Jumatnya, mbak Mawar dimintain tolong oleh saudaranya yang kebetulan juga menjadi ART tak jauh dari rumah saya. Sebutlah namanya mbak Jingga. Mbak Jingga minta Mbak Mawar nginap di rumahnya semalam saya, untuk menemaninya. Karena bos mbak Jingga lagi pada keluar kota, mungkin mbak Jingga takut tidur sendirian. Maka bermalam sabtu-lah mbak Mawar di rumah Jingga.
Sudah tentu saya dan pak suami mengizinkan karena hari Sabtu adalah libur.
Keesokan harinya saya sekeluarga ada acara dan pergi keluar rumah sebentar. Toh mbak Mawar bawa kunci rumah juga kok.

Semua diawali saat sore hari, mbak Mawar pulang dari rumah Jingga dan sampai depan rumah dia baru tersadar….kunci rumah tertinggal di rumah Jingga, dan posis kami sekeluarga juga masih di luar rumah. Yassalam…dia pun berjalan kembali ke rumah Jingga. Sesampai di rumah Jingga dan mendapat kunci, mbak Mawar bilang: “Jingga aku capek nih jalan balik lagi ke rumahku. Anterin dong naik motor.” Jingga menyanggupi. Mbak Mawar diantar pulang naik motor. Sampai dengan selamat, Jingga pun pulang. Nah kebetulan pas Mbak Mawar kedua kali sampai di rumah, kami pun sudah ada di pulang.

Belum ada 10 menit mbak Mawar di rumah, belum 10 menit mbak Mawar menceritakan dia bolak balik karena kunci ketinggalan, tiba-tiba Jingga telepon panik. Apa yang terjadi sodara-sodara? Giliran Jingga yang kehilangan kunci rumahnya. Rupanya kantong baju tempat menyimpan kunci, bolong. Kunci jatuh entah di jalan sebelah mana.
Mbak Mawar langsung pergi lagi ke rumah Jingga.

Saya terbengong-bengong melihat peristiwa ini. Mau ketawa tapi kok ya miris juga? Saling kehilangan kunci temanya di hari ini.

Singkat cerita Jingga menangis sedih karena kunci hilang sementara bos ada di luar kota. Entah gimana akhir cerita itu, tapi pintu berhasil dibuka berkat bantuan satpam kompleks setelah sebelumnya meminta izin via telepon kepada bosnya Jingga.

Selesai satu peristiwa. Malam minggunya, Mbak Mawar telah bersiap untuk jalan-jalan malam, hang out sama teman-temannya sekaligus mau beli mukena seperti rencananya dari kemarin. Belum ada satu jam sejak ia pamit pergi malam mingguan, Mbak Mawar sudah pulang. Lha? Saya pun buru-buru bertanya kok tumben banget cepet pulang? Biasanya Mbak Mawar kalo malam mingguan bisa sampe jam 22.00 WIB ke atas.

Mbak Mawar dengan sedih berkata bahwa uang yang akan ia belikan mukena, belum dikembalikan oleh pihak yang berutang padanya. Duh….rupanya uang Mbak Mawar dipinjam temannya, dan sebetulnya pihak yang berutang itu berjanji malam Minggu ini mau mbalikin uang Mbak Mawar. Jadilah rencana malam Mingguannya gagal. Saya tanya lagi ke Mbak Mawar, apakah gagal menagih utang tapi ia sudah makan malam sama teman hang outnya? Mbak Mawar lemes menjawab bahwa ia sudah kesal, moodnya udah males untuk sekedar mikir makanan. Gak nafsu makan bok.
Miris lagi saya mendengar ceritanya.

Semua orang memang pernah mengalami bad day dalam kesehariannya. Alhamdulilah hari yang termasuk kacau dan ngeselin buat Mbak Mawar terbayar di hari minggunya. Pihak pengutang sudah mengembalikan uang, dan malam Senin mbak Mawar izin ke saya buat beli mukena. Monggo mbak…sing penting sampeyan hepi, alhamdulilaaaahhhh……

signature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s