(tidak) Lebaran di Jakarta

Masih ingin menulis seputar cerita mudik lebaran kemarin. Di tahun ini kami sekeluarga sepakat akan berlebaran di kampung. Biasanya kami sholat ied dan lebaran dulu bersama keluarga Jakarta. Barulah setelah itu berangkat ke arah Yogya, ke kampung pak suami.

Lebaran di kampung, dengan kondisi sudah tidak memiliki mertua (kedua mertua saya sudah almarhum) sudah tentu berbeda. Yang pasti tidak ada masakan ibu. Alhamdulilah tetangga sebelah rumah almarhum mertua yang juga masih bibi dari suami, berbelas kasihan hahahaha…beliau memberikan ketupat dan semur ayam untuk hidangan malam takbiran kami. Alhamdulilah.

Yang berbeda dan menjadi kenangan tersendiri yaitu ketika saya mengikuti sholat ied. Diadakan di satu-satunya masjid di kampung tersebut. Saya kikuk dan gelisah. Maklum, walau berdarah separuh Jawa, saya engga bisa bahasa Jawa euy. Kadang ngerti kalau ada orang lain ngomong, tapi mau menjawab omongannya gak bisa haha…Jawa KW banget yeeee…..

Nah, jamaah sholat ied ya semuanya orang Jawa. Ya kali udah jauh-jauh nyampe ke kampung di Yogya terus ketemu banyak orang Kalimantan…situ sehat sis? Mereka semua bicara dalam bahasa Jawa. Dan agar tidak terjadi percakapan, saya pun mengikuti lafadz takbir selama duduk menunggu sholat ied dimulai. Hihihih….
Selesai sholat ied, ceramah disampaikan dalam bahasa Jawa. Yasalam….saya sama sekali tidak mengerti apa yang beliau sampaikan. Mengantuk pun datang. Apalagi memang kurang istirahat, karena kami tiba di kampung itu benar-benar malam takbiran banget.

Selesai ceramah, rupanya tradisi di kampung tersebut adalah langsung mengadakan halal bi halal antar jamaah masjid. Di shaf pria, semua langsung berdiri sesuai shaf masing-masing, lalu orang yang paling ujung memulai salaman ke orang yang disebelahnya, dan seterusnya. Di shaf wanita pun sama. Saya ikutan berdiri dan menyambut semua salam dari jamaah yang juga merupakan warga kampung, dan terkadang satu dua ada yang menatap saya dengan bingung. Mungkin dalam hatinya: ini siapa ya? kok baru kelihatan di kampung ini?

Dan yang saya takutkan terjadi. Ada jamaah yang bertanya pake bahasa Jawa ke saya, dan saya hanya dapat menatap bingung sembari tersenyum-senyum tolol gak bisa ngejawabin doi. “Dia ngomong apaan ya?” begitu batin saya.
Padahal kalau diartikan, orang itu bertanya: ini siapa ya? Jelas dia nanya begitu, karena baru saat itulah saya terlihat di kampung mereka ikutan sholat hahaha…..

Selesai acara salam-salaman kami pun pulang ke rumah. Karena sudah tidak ada orang tua di rumah kami, maka tamu yang datang pun hanya sedikit. Paling-paling saudara pak suami yang dekat rumah saja yang datang berkunjung.

Sisa hari dilewatkan dengan sholat Jumat, dan leyeh-leyeh istirahat. Gak ada gegap gempita beramai-ramai naik mobil dan silaturahmi ke keluarga seperti saat di Jakarta. Karena di kampung ini saudara letak rumahnya berdekatan sekali. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Dan di tiap rumah yang kami kunjungi, tidak ada tradisi stay lama-lama, makan besar, foto bareng. Semua dilalui dengan biasa saja, sederhana.

Itulah sekelumit cerita saat lebaran di kampung. Foto-foto berikut ini adalah suasana sekitar rumah almarhum mertua. Hari-hari libur lebaran selanjutnya, kalau lagi iseng ya kami jalan-jalan, nyusuri sawah ladang ngeliat yang ijo-ijo.

20180618_071104-800x450

20180618_071801-800x450

IMG-20180618-WA0007-800x450

Golek iwak a.k.a nyari ikan di kubangan lumpur. Nyampe kampung anak lanang langsung ikrib sama anak tetangga sebelah rumah. Tiap hari kerjaannya golek iwak atau nyari burung. Mblayang melulu hahaha….

20180618_071258-800x450

signature

Advertisements

6 thoughts on “(tidak) Lebaran di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s