3 Hal yang Bikin Kangen Pas Libur Panjang

Hari ini saya mengalami mood swing. Entah kenapa. Padahal haid saya barusan saja usai dua hari yang lalu. Biasanya mood swing ini terjadi kalau dekat-dekat datang bulan. Saya juga gak tau penyebabnya. Akibatnya….hari ini bangun pagi mau masak buat anak-anak dan pak suami malasnya luar biasa.

Plus mikirin makanan apa yang bikin nafsu buat maksi di kantor nanti, juga berakhir datar, alias ga ada mood samasekali. Seliweran di kepala mulai dari gado-gado, pecel lele, ketoprak, sotomie, tapi gak satupun yang sanggup menerbitkan air liur. Rasanya sama sekali tidak ada gairah, sedih dan ah entahlah…….Dan lagi-lagi saya pun gak tau apa penyebab mood swing ini.

Di kantor pun kerja gak semangat. Lalu di sela pekerjaan berusaha bikin postingan. Ide postingan ini gara-gara tadi sempat ke ATM dan melintas di depan sebuah gedung SMP Negeri.

Ingatan melayang pada puluhan tahun lalu, saat masih berseragam putih biru, dan tiga tahun berikutnya menjadi putih abu-abu. Kebetulan minggu ini adalah minggu terakhir libur sekolah nan panjang itu ya. Senin depan semua sudah masuk sekolah lagi kayak biasa.

Teringat dulu…apa sih yang selalu bikin kangen pas libur kenaikan kelas yang satu bulan itu? Kalau versi saya:

1. Kangen sama ruang kelas
Setelah tiap hari, 6 hari seminggu (zaman dulu Sabtu pun kami bersekolah) duduk dan belajar di ruang kelas yang itu-itu saja, pas libur panjang datang sudah tentu rindu mendera. Kangen sama bangku kayu tempat duduk setiap hari, meja yang ada kutu kecil-kecil terselip di antara kayu dan suka bikin bentol-bentol (maklum SMPnya sungguh jauh dari kota besar), kangen papan tulis yang kalau sudah keseringan ditulis pake kapur, udah gak hitam legam lagi warnanya. Meja dikangenin padahal banyak kutunya. Iyaaa….kadang manusia suka aneh ya haha…hal-hal yang gak biasa bahkan nyusahin eh malah dikangenin.

2. Kangen sama teman-teman sekelas
Kalau sekolah zaman dulu, biasanya tidak ada rotasi siswa ketika kenaikan kelas. Jadi teman kita ya yang itu-itu aja dari kelas 1 sampai kelas 3, gak ganti-ganti. Pas hari terakhir sekolah/ujian terus ngebayangin bahwa kita akan ketemu satu bulan lagi, rasanya gimanaaaa gitu. Tiap hari becanda bareng, ke kantin bareng, jail bareng, dll, terus tiba-tiba harus dipisah oleh makhluk bernama liburan.
(Mungkin beda rasanya kalau tiap tahun dirotasi ya. Kangennya mungkin biasa aja)

Maklum zaman dulu tidak ada smartphone dan sosmed. Boro-boro WA, telepon rumah aja barang mewah banget zaman dulu. Wajar ketika hari terakhir ketemu di sekolah, bisa-bisa baru ketemu sebulan lagi. Kecuali kalau rumahnya saling berdekatan mungkin masih bisa sering main ya. Tapi berhubung rumah saya jauh banget dari sekolahan, jadi ya nunggu sebulan dulu deh baru ketemuan lagi sama teman-teman. Pas ketemu lagi langsung heboh, apalagi kalo ada yang rambutnya baru alias potong rambut. Jadi pangling gitu haha…..

3. Kangen ngecengin kakak kelas
Hadeeeuh ini yang paling bikin semangat back to school lagi. Aih mohon dimaafkeun kalo eikeh ganjen mampus, tetapi sungguhlah ketika zaman sekolah, ke-kece-an cowok-cowok kakak kelas itu benar-benar sebuah “bensin” yang sanggup membuat adek ini rajin bangun pagi dan gak males ke sekolah tiap hari. Pas tau bakal libur satu bulan, rasa hati ini macam kehilangan dompet beserta isi-isinya.

Sedih akutu kak….gak bisa curi-curi pandang pas kakak lagi pada main basket di lapangan, atau pas kakak lagi jalan melintas depan kelasku dan melempar senyum. Adek mau pingsan, kakak rentangkan tangan sambut badan adek yang gendut ini yaaa….

Entah terjadi di semua sekolah apa sekolahan saya doang ya? Kok dulu kakak kelas saya itu di mata saya cakep-cakep deh. Kadang tampangnya biasa wae tapi pas ngeliat doi jadi komandan upacara misalnya atau jadi mentor kita pas ospek, rasanya…ah sudahlah…..

Cuma 3 yang versi saya. Kalau kangen sama guru-guru dan jajanan di kantor…hmmm saya ndak seberapa tuh. Apalagi kalo gurunya killer, jiaaaah justru enggak kangen samasekali hehehe…

Saya sudahi postingan dalam suasana mood gak karuan ini. Yang sudah punya anak, siap-siap minggu depan mulai dengan rutinitas standar kita ya: bangun pagi, siapin sarapan, bekal dll untuk anak. Semangat semuanyaaaa….. 🙂
signature

Advertisements

6 thoughts on “3 Hal yang Bikin Kangen Pas Libur Panjang

  1. Gustyanita Pratiwi says:

    Ngecengin kakak kelas waktu smp sma waini hihi
    Palagi sbg anak cupu mb cuma bisae jd secred admirer, etapi itu mah jaman2 sekulah, bar udah jd bpk2 plg guanteng yo ayang suamik hihi

    Oiya satu lg, jmn smp tu papan tulis masi pke kapur, biasanya pagi2 klo brgkt pagian e di papan tulis uda ada salam2 dari anak klas sebelah, ceritanya pengagum rahasia juga

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s